3 Syarat Tempat Layak Dikunjungi

tiga syarat alam

Pendingin, Kopi dan Internet. Tiga syarat sebuah tempat yang patut untuk aku kunjungi. Jika ada tiga syarat, aku akan betah di dalamnya. Namun jika salah satu ada yang hilang, maka tempat itu terasa ada yang kurang dan tak nyaman untuk dibuat berlama-lama.

Dulu, saat masih kuliah sarjana, tempat favoritku adalah lab. Bukan karena alasan ‘biar keliatan pintar’, tapi karena ada tiga syarat: pendingin, kopi dan internet. Di Laboratorium Sistem Informasi (labsi) sudah dilengkapi dengan pendingin ruangan, ada dispenser untuk membuat kopi dan tentu koneksi internet. Aku begitu betah hingga ‘diusir’ satpam karena sudah jam malam. Sering menghabiskan akhir pekan bersama warga labsi yang lain. Bahkan pernah suatu ketika aku merasa sepi di tengah keramaian, aku menghabiskan pergantian tahun baru di labsi.

Kembali ke tiga syarat. Usai kuliah, aku gemar sekali mencari tempat-tempat yang lolos verifikasi tiga syarat.

Kafe. Betul, kafe merupakan salah satu tempat yang lolos verifikasi tiga syarat. Berbagai kafe di Surabaya aku datangi untuk memverifikasi. Jika ada yang lolos, maka aku pasti datang untuk kedua dan ketiga kalinya. Jika tidak, cukup sekali dan langsung memberinya predikat: kafe tidak lolos verifikasi!

Jika di Bangkalan, cukup susah mencari tempat yang lolos verifikasi tiga syarat. Mungkin M-Café, dan Mokko Factory yang lolos vefikasi. Sisanya hanya lolos dua atau bahkan satu syarat saja. So, pastikan jika ada yang berbisnis kafe, tiga syarat dariku harus dipenuhi ya!

Mengapa tiga syarat itu menjadi sangat penting? Begini penjelasannya.

Pertama, pendingin. Negara ini adalah negara tropis. Akan menjadi lembab dan panas di siang hari jika tidak menggunakan pendingin. Apalagi jika hidup di kota. Pendingin seperti menjadi hal wajib bagi pendiri usaha kafe atau sejenisnya. Namun bagiku, pendingin bukan selalu berbentuk AC. Pendingin dalam tiga syarat itu bisa jadi suasana sejuk. Jika kafenya berada di pegunungan, maka pendingin alami akan tersaji begitu saja. Jika ada pendingin, maka kita akan betah berlama-lama tanpa harus kegerahan dan galau karena keringat mengucur deras.

Kedua, kopi. Ada yang mengatakan lebih baik tidak makan nasi tiga hari daripada tidak minum kopi barang sehari saja. Begitu juga denganku. Aku suka sekali kopi. Sekadar orang yang ketagihan akan kopi. Ketagihan bukan berarti penikmat kopi. Aku belum ke level penikmat, masih sekadar orang yang ketagihan kopi. Menyeruput kopi dalam suasana yang sejuk menjadi hal wajib dilakukan bagi orang Indonesia. Rasanya semua orang di negeri ini suka sekali dengan tradisi kopdar. Kopi darat, kongkow, nongkrong, dan semacamnya. So, coffee is an important thing, isn’t it?

Ketiga, internet. Rasanya sudah menjadi kebutuhan pokok hari ini. Kalau boleh sedikit lebay, internet adalah nyawa kedua bagiku. Separuh hidup ini akan lunglai ketika tak ada internet. Setuju? Boleh ngga setuju kok! Hehehe. Jika sudah ada pendingin dan kopi, akan menjadi lengkap jika ada internet. Setidaknya untuk mengabarkan kalau ada tempat yang sejuk dengan secangkir kopi cantik.

Kombinasi ketiganya menjadi menarik. Tiga syarat agar tempat dikunjungi Alam. Apa tiga syarat versi kamu, bloggers?

 

ALAM

Berikan Komentar