Berdiri dan tumbuh bersama komunitas serasa membuatku berhutang budi. Selama aku menjadi Klebun -baca: ketua- Plat-M, tentu aku menjadi orang pertama yang bertanggung jawab terhadap perkembangan Plat-M.

Perlu kerja kerasa dan pemikiran yang luar bisa untuk bisa tetap eksis dan menggelorakan semangat Menduniakan Madura.

Waktu terus menggerus tak terbendung. Orang-orang di dalam Plat-M pun tak bisa dipungkiri datang silih berganti. Hal yang wajar terjadi dalam sebuah komunitas. Sekarang bagaimana membuat komunitas ini bisa tetap eksis online maupun offline.

Eksistensi itu harus digelorakan. Plat-M harus tetap eksis lima tahun, bahkan hingga sepuluh tahun mendatang.

Berat? Tidak! Syaratnya dilakukan bersama.

Maka dari itu, dalam kesempatan Ngompol Bareng kemarin, aku mengadakan brainstorming untuk mengumpulkan ide-ide kreatif dari anak-anak Plat-M.

Terus, bagaimana agar teman-teman datang semua? ah, gampang saja: iming-imingi saja dengan gratis jalan-jalan. Hehehe 😀

Ternyata iming-iming jalan-jalan gratis ke Yogyakarta membuat mereka datang, seperti semut yang keluar dari lubangnya. Alhasil, rumahnya Raden penuh!

Pertama, aku merangkum buku yang sedang aku baca: Self Driving. Buku yang ditulis Prof. Renald Khasali sangat baik untuk mengembangkan organisasi atau komunitas.

Kedua, permainan sederhana yang kuambil dari buku lumayan melatih mereka untuk berpikir keras.

Terakhir, mereka diminta menuliskan ide-ide kreatif mereka terhadap kegiatan online dan offline Plat-M. Ngga usah terlalu banyak. 50 ide untuk Plat-M! ngga dinyana, ide-ide mereka kreatif dan ngga terpikirkan sebelumnya. Itu sudah membuktikan bahwa sebenarnya orang-orang Plat-M bisa berpikir kreatif.

Sekarang mulai berpikir keras bagaimana ide-ide itu tidak putus dan sekadar  menjadi tumpukan ide tak berguna.

Ayo teman-teman, lanjutkan untuk Menduniakan Madura!

Categories: #ALAMelangkah

ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

1 Comment

niyasyah · December 1, 2014 at 08:58

jadi 50 idenya itu apa aja?

Berikan Komentar

%d bloggers like this: