ALAMenilai 10

Percayalah, blog kita ada yang menilai!

Tagline itu sengaja saya gaungkan kepada semua anggota Plat-M. Sama seperti komunitas blogger lainnya, pelan tapi pasti komunitas ini hanyalah seonggok nama saja. Jumlah bloggernya semakin berkurang, kesibukannya hanya scrolling Twitter dan mantengin Facebook. Tragisnya, banyak yang mendapatkan undangan ke acara-acara atas nama blogger. Mereka menamakan diri blogger namun lupa kalau blognya tak pernah di-update selama belasan bulan.

Bahkan, website plat-m.com pun tinggal menunggu waktu saja untuk dikuburkan. Sepi dan tak ada update. Semakin payah ketika banyak anggotanya yang mengaku blogger, padahal sebenarnya ia sudah lama pensiun dari dunia blogger.

Saya berpikir mencari solusinya. Pelbagai cara sudah pernah dilakukan. Mulai dari workshop intern ataupun pelatihan berkala. Hasilnya kurang optimal, masih saja sama.

Ada yang satu hal yang belum pernah dilakukan di Plat-M, yaitu penghargaan dan penilaian terhadap semua blog-blog anggota Plat-M.

Saya mencoba menjadi pengamat dan juri dadakan bagi blog-blog anggota Plat-M. Responnya ternyata diluar perkiraan, mereka bagitu antusias. Saya putuskan untuk dijadwalkan rutin saja. Selain itu,  saya beri nama #ALAMenilai, rutin diselenggarakan setiap Jum’at via media WhatsApp.

Saya tak paham apakah keberadaan saya di Taiwan menjadi daya tarik tersendiri, atau memang mereka memang butuh perhatian personal sehingga semangat menulis kembali timbul. Sepertinya hal terakhir yang benar. Saya mencoba menciptakan suatu ekosistem atau persaingan sehat meski dalam skala kecil, antar anggota Plat-M melalui suatu acara sederhana bernama #ALAMenilai.

Meski terkadang butuh perjuangan ekstra untuk tetap istiqomah di Jum’at malam, kadang bentrok dengan jadwal di kampus, ataupun saya harus ‘membeli’ semangat mereka, tetapi tak dinyana, acara ini sudah berlangsung lebih dari 25 edisi sejak pertengahan Nopember 2015.

Saya harus terus berinovasi. Jika tak ada inovasi, terlihat sekali perbedaannya: semangat mereka menurun. Ternyata begini rasanya memikirkan inovasi di setiap minggunya. Agak repot juga.

Untuk mengusir kebosanan, beberapa inovasi saya lakukan di setiap Jum’at malam. Mulai dari penilaian blog secara personal bergiliran, tips menulis, talkshow, live-blogging hingga kompetisi mereview #ALAMenilai.

Kini mulai bermunculan blog-blog baru dengan kualitas tulisan yang semakin baik setiap harinya. Saya berhasil membuktikan bahwa sebenarnya Madura masih punya blogger yang semangat belajar. Belajar menulis, belajar meliput dan terus berusaha menduniakan Madura.

Ada kepuasan yang tak bisa dibayar dengan apapun saat melihat satu demi satu tulisan teman-teman Plat-M membaik. Blogger baru semakin rajin menulis dan menemukan ide demi ide untuk ditulis. Blogger lama bangkit dari pensiunnya, mereka kembali buka dasbor blog dan mulai menulis lagi. Sedangkan blogger senior semakin matang merangkai kata demi kata untuk menggiring opini pembaca di blognya.

Singkat cerita, acara ini cukup berhasil mengangkat semangat teman-teman Plat-M untuk kembali menulis blog. Tentu hal ini bukan karena saya pribadi, karena semangat mereka yang luar biasa untuk belajar. Mereka butuh media saja. Media belajar setiap Minggunya. Semuanya kini terangkum di dalam jiwa Plat-M.

Lebih jauh dan lebih detail tentang #ALAMenilai, biarkan teman-teman saya yang menulis. Tulisan mereka bisa dibaca di list berikut (diurut berdasarkan tulisan terbaik):

  1. Ria Lyzara | Belajar Melipat Batas dari Alam – http://rialyzara.com/belajar-melipat-batas-dari-alam/
  2. Riska Ngilan | ALAMenilai, Sebuah Bentuk Kepedulian – http://www.riskangilan.com/2016/02/alamenilai-sebuah-bentuk-kepedulian.html
  3. Fahrur Rozi | ALAMenilai Menurut Saya – http://www.helhol.com/2016/02/alamenilai-menurut-saya.html
  4. Mahdus | #ALAMenilai: Sekolah Blogger di Jum’at Malam – https://macatoles.wordpress.com/2016/02/26/alamenilai-sekolah-blogger-di-jumat-malam/
  5. Anam | Jum’at Barokah dan Hashtag ALAMenilai – http://www.toiletman.xyz/2016/02/jumat-barokah-dan-hashtag-alamenilai.html
  6. Nila | Menulis Ngawur di #ALAMenilai – https://nilawildaalaluf.wordpress.com/2016/02/26/menulis-ngawur-di-alamenilai/
  7. Aldiansyah | ALAMenilai, Merajut Asa Blogger Madura – http://www.aldiansyah.com/2016/02/alamenilai-merajut-asa-blogger-madura.html
  8. Niyasyah | Merengkuh Cinta dalam Jarak – http://www.niyasyah.com/2016/03/alamenilai-merengkuh-cinta-dalam-jarak.html
  9. Erna | ALAMenilai Bentuk Jalinan Cinta Anak Plat-M – http://www.amethystaiko.com/alamenilai-bentuk-jalinan-cinta-anak-plat-m
  10. Rosyid | ALAMenilai: Guru Paling Kritis Ala WhatsApp Messenger –  http://www.kapakcomunity.com/2016/02/alamenilai-guru-paling-kritis-ala.html
  11. Jullev | Perbaikan Tulisan Melalui Diskusi | http://jullev.web.id/perbaikan-tulisan-melalui-diskusi/
*/