kabah“Menunaikan ibadah haji akan menjadi momen yang tidak akan pernah dilupakan sepanjang perjalanan hidup seorang muslim. Setiap orang pasti mempunyai cerita dan kesan sendiri. Pengalaman spiritual yang akan dikenang hingga akhir hayat.”

***

Pergi haji. Inilah ibadah yang paling ditunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Betapa tidak, menunaikan rukun Islam yang terakhir ini mempunyai makna tersendiri. Tidak ada tempat yang terbaik di dunia ini selain Baitullah, hanya dengan memandanginya saja kita mendapatkan 20 rahmat Allah. Baitullah adalah tempat yang agung bagi kaum muslim. Seluruh umat muslim di dunia berniat menghadap ke Baitullah di dalam setiap sholatnya. Tentu saja saya ingin sekali melihat dan datang ke Baitullah suatu saat nanti. Saya sering mendengar cerita dari orang yang sudah pergi dan melihat langsung Baitullah. Banyak dari mereka yang secara tidak sadar, mereka menitikan air mata. Secara otomatis mereka menangis dan merasakan hal yang mungkin sulit untuk dikatakan dalam bentuk tulisan.

Menunaikan ibadah haji akan menjadi momen yang tidak akan pernah dilupakan sepanjang perjalanan hidup seorang muslim. Setiap orang pasti mempunyai cerita dan kesan sendiri. Pengalaman spiritual yang akan dikenang hingga akhir hayat.

Ada rasa bangga dan lepas ketika sudah menunaikan ibadah haji, karena lengkap sudah rukun Islam yang menjadi tonggak utama seorang muslim. Semoga saya segera dipanggil Allah dan digolongkan sebagai manusia yang mampu untuk berangkat beribadah di rumahNya, melakukan ibadah sama seperti orang sebelum saya. Berdoa di sebaik-baiknya tempat untuk melantunkan doa. Melihat dari dekat makam manusia paling sempurna di muka bumi, Muhammad SAW. Tak ada yang lebih bahagia dari pada bisa berdoa di tempat mustajab yang dijamin diijabah oleh Allah SWT.

Saya pasti akan merasa bahagia. Sama bahagianya seperti jemaah haji yang sekarang sedang berbahagia menunggu giliran pemberangkatan ke tanah suci.

Setiap jemaah yang ingin menunaikan ibadah haji memerlukan persiapan yang begitu matang. Tidak hanya materi, tetapi juga kesehatan. Inilah ibadah paling berat bagi umat muslim, memerlukan tenaga dan persiapan fisik luar biasa. Meski begitu tidak menyurutkan siapapun untuk tetap bisa pergi ke tanah suci.

Besarnya biaya dan kesiapan fisik tidak membuat umat muslim enggan pergi haji. Di Indonesia misalnya, daftar tunggu untuk bisa pergi haji yang reguler sudah mencapai 12 tahun. Artinya, jika kita mendaftar untuk menunaikan ibadah haji hari ini, kita harus menunggu 12 tahun untuk bisa berangkat.

Beberapa hari ke depan, adalah hari-hari yang sangat ditunggu bagi calon jemaah haji di tanah air. Ada yang mendapat kesempatan bisa langsung berangkat, ada juga yang akhirnya berangkat setelah lama menunggu kesempatan luar biasa ini. Antusiasnya tidak berkurang meskipun kondisi fisiknya sudah menurun. Hal ini harus menjadi perhatian bagi keluarga yang ditinggalkannya. Keluarga yang di Indonesia pasti mengkhawatirkan anggota keluarganya yang berangkat ke tanah suci, apalagi jika mereka sudah berumur.

Alat komunikasi menjadi hal yang mutlak diperlukan. Bagi yang biasa menggunakan smartphone, bisa menggunakan aplikasi tuntunan haji buatan Kemenag untuk memudahkan dalam menunaikan ibadah haji. Selain itu, pemilihan operator juga menjadi sangat penting untuk bisa tetap mudah dan murah berkomunikasi dengan keluarga di Indonesia.

indosat haji

Indosat memberikan paket paling murah untuk jemaah haji Indonesia. Pengguna Indosat gratis menerima telpon dari keluarga di Indonesia selama berada di Arab Saudi. Jemaah haji yang menjadi pelanggan Indosat akan mendapatkan manfaat dari panggilan masuk secara otomatis, bebas tanpa pendaftaran dan gratis 5 menit menerima telpon di Arab Saudi, dengan syarat sesama Indosat.

Satu kemudahan lain yang diberikan Indosat adalah mendapatkan bonus isi ulang Rp20.000 setiap isi ulang Rp100.000. Bonus ini bisa digunakan di Arab Saudi untuk layanan voice dan SMS.

Kemudahan ini tidak lagi membuat keluarga di Indonesia kehilangan kontak atau takut menelpon dengan keluarga yang sedang berada di tanah suci karena biaya roaming yang mahal. Bagi jemaah haji akan membuat ibadah semakin khusyu dan tenang.

Categories: #ALAMelangkah

ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

Berikan Komentar