Bandung: Tentang Sejarah dan Pendidikan

Saat aku kecil, sering sekali mendengarkan lagi ini. Dari VCD yang dibelikan bapak, atau saat bapak menyanyikannya untukku.

Pertengahan bulan Mei 2013, ada sebuah kegiatan yang harus aku ikuti di ITB. Setelah beli tiket di stasiun Pasar Turi, aku langsung terniang lagu masa anak-anakku dulu. Lagu itu sekarang sudah jarang aku dengarkan lagi.

Aku akan mengikuti jejak yang ada di lagu itu. Naik kereta dari Surabaya ke Bandung. Lebih dari 12 jam berada di kereta sejak dari Surabaya, aku terbangun karena dinginnya udara pagi itu. Mataku berkedip-kedip untuk sekian kali, berusaha melihat pemandangan dari luar jendela kereta Harina.

Bandung - wahyualam

Pagi, aku disuguhkan pemandangan indah. Hijau dan sejuk. Kereta ini seperti berjalan di atas awan. Aku bisa melihat beberapa yang jauh di bawah. Kereta ini melintas dari arah Cirebon – Bandung. Aku melewati kawasan pengunungan di Bandung, beberapa jembatan yang menghubungkan jurang-jurang dilewati kereta. Sepintas terlihat juga di sisi berseberangan, jalan raya yang dilintasi mobil, truk dan bis.

Ucapan selamat datang yang memberikan semangat.

Bandung. Begitulah sebuah tulisan besar di Stasiun Bandung. Aku berhenti sebentar, buka laptop, cari penginapan termurah, catat, dan pergi menggunakan taksi.

Jl. Asia Afrika, siapa yang tidak mengenal jalan bersejarah ini. Sebuah jalan yang menjadi awal hubungan baik Asia-Afrika dimana Indonesia juga mengambil peran. Beberapa gedung peninggalan Belanda dan Jepang di beberapa bagian kota ini masih terlihat. Aroma sejarah kotanya mencuat dengan sejuknya udara. Lebih dingin dari yang biasa aku rasakan di desa Kebun, Madura.

Sepanjang mata mengamati. Setiap spanduk yang terpasang, tidak sempat terbaca semua. Namun, bisa disimpulkan, Bandung begitu kaya akan kampus, tidak jauh berbeda seperti di Malang. Kota sejarah yang sesak dengan berbagai macam kampus. Mulai dari Institut, Universitas, Sekolah Tinggi, hingga Politeknik lengkap di sini. Mulai dari yang swasta, negeri hingga internasional. Dari ITB hingga Universitas Komputer lengkap berada di sini.

Bandung. Sebuah kota dengan sejarah dan terkenal akan pendidikannya.

ALAM

2 thoughts on “Bandung: Tentang Sejarah dan Pendidikan

Berikan Komentar