Berawal dari Basa-Basi

BLC Bangkalan, Sabtu, 31 Mei 2012

“Pak, sendirian pak. Kok ada di kantor akhir pekan begini Pak?”. Basa-basiku kepada seorang bapak bersama putrinya yang masih berseragam SMP.  Awalnya aku ingin promosi program pelatihan Plat-M di BLC (Broadband Learning Center) Telkom Bangkalan kepada siswi yang berada di Musholla tepat di depan ruangan BLC. Tapi hal itu gagal karena ternyata adik berkerudung ini memakai emblem bertuliskan SMP Surabaya di lengan kanannya. Karena sudah kepalang salah tingkah, akhirnya aku basa-basi dan mengobrol dengan Bapak yang lagi nunggu istrinya ini.

Beliau bercerita tentang pengalaman kerja di Telkom selama 29 tahun. Sebelum menempati Telkom Surabaya beliau bercerita bahwa 17 tahun diantaranya mengabdi di Telkom Bangkalan. Sebuah waktu yang tidak pendek bagi sebuah pekerjaan menurutku. Aku juga sempat menanyakan siapa pengganti Kepala Telkom Bangkalan Pak Barid yang menurut rencana akan pindah tugas ke Gresik awal April ini. Beliau juga tidak tahu siapa yang akan menggantikan. Karena semua keputusan penugasan datangnya dari kalangan atas. “Semoga aja penggantinya nanti enak seperti yang sekarang, Pak” harapku lepas terucap. Bapak itu menggangguk saja.  Setelah panjang lebar ngobrol akhirnya aku tahu Bapak itu biasa dipanggil Pak Jon. Pak Jon ijin pergi karena istrinya sudah datang, dan akupun kembali ke BLC melanjutkan browsing internet sambil memantau teman-teman Plat-M yang lagi memberikan materi pelatihan internet ke peserta kelas Broadband for Kids and All

RM. Madurasa, Selasa, 17 April 2012

Aku dan keempat teman Plat-M bersepeda motor ria menelusuri jalan-jalan barat Bangkalan menuju RM. Madurasa. Lima Nak-kanak Plat-M datang menghadiri undangan Telkom Bangkalan untuk acara ramah tamah sekaligus serah terima ketua Telkom lama dan baru. Acara yang diberinama “IN and OUT Assisten Manager Commerce Office Bangkalan – Bahtiar Barid -> Sujono”. Aku sendiri berdo’a dan berharap semoga hubungan antara Plat-M dan Telkom menjadi lebih baik seperti yang sudah dijalani dengan ketua yang lama Pak Barid.

Acara dimulai oleh Pak Adam sebagai pembawa acara. Satu persatu acara dibacakan. Pandanganku terpandang kepada beberapa petinggi Telkom yang hadir di depan. Ada bapak berkumis, berkacamata, sampai bapak yang potongan cepak. “Manakah yang namanya Pak Sujono?” tanyaku dalam batin. Semoga Pak Sujono bisa melanjutkan kerjasama Telkom dengan Plat-M. semoga hubungan baik yang sudah dijalin dengan Pak Barid bisa diteruskan di masa pemerintahan Pak Sujono ini.

Serah terima SK sekaligus serah terima jabatan

“Tidak terasa saya sudah dua tahun berada di Madura, saya dulu sempat takut dengan anggapan Bangkalan yang banyak terdapat Preman, tapi alhamdulillah sampai saat ini belum ada Clurit masuk ke dalam kantor”. Sambutan Pak Barid lengkap dengan bumbu joke-jokenya.

“Kemudian, sepatah dua patah dari Pak Sujono sebagai Assiten Manager Commerce Office Bangkalan yang baru.” Lontar Pak Adam sambil memberikan Microphone kepada seorang bapak berambut tipis. “Sepertinya aku pernah bertemu dengan Bapak ini” gumamku dalam hati sambil berpikir kapan dan dimana aku bertemu. Setelah berputar-putar di pikiran, akhirnya aku ingat siapa bapak itu. Ya, bapak itu Pak Jon yang pernah aku temui di depan BLC. Ya Tuhan, aku tidak menyangka kalau Bapak ini yang akan jadi ketua Telkom Bangkalan selanjutnya. Aku juga sangat senang sekaligus sedikit malu. Aku sangat senang, karena bapak ini pernah mengatakan senang bekerjasama dengan Komunitas. Bapak ini terbuka dan enak kalau diajak ngobrol. Sedikit malu karena dulu saat pertama kali bertemu aku sempat bertanya siapa pengganti Pak Barid yang ternyata Bapak Jon sendiri yang mengganti. Aku tersenyum sendiri mengingat kejadian tiga minggu yang terjadi di depan BLC.

Nak-kanak Plat- M bersama Pak Barid yang sekarang pindah ke Gresik

Selesai penyerahan surat keputusan (SK) yang sudah ditandatangani, kita dan undangan dipersilahkan untuk menikmati makanan sea food yang merupakan andalan dari RM. Madurasa ini. dengan ditemani hamparan laut lepas yang samar-samar terlihat dari rerimbunan pepohonan yang tumbuh di sekitar rumah makan ini.

 

ALAM

2 thoughts on “Berawal dari Basa-Basi

Berikan Komentar