Bu Ifa: Harus Punya Niat yang Kuat

Prepare before “action”

Siapa yang tidak mau kuliah di luar negeri, apalagi dengan biaya minim karena mendapatkan scholarships atau beasiswa? semua orang pasti mau. Hal ini yang diangkat oleh teman-teman UKMF KAMUS FT (Keluarga Muslim Fakultas Teknik) untuk mengadakan sebuah acara yang bertajuk “Education Talkshow Program” (7/10) di ruang Auditorium Universitas Trunojoyo Madura. Acara ini digagas untuk memberikan pengetahuan sekaligus motivasi bagi Mahasiswa UTM untuk bermimpi dan  mengetahui bagaimana belajar di negara lain.

Setelah mengikuti Japan Education Fair di Surabaya beberapa waktu lalu, menonton film yang bertemakan semangat meraih beasiswa ke luar negeri, membaca beberapa novel yang bertemakan perjuangan sampai kuliah di luar negeri, sekarang ketika ada talkshownya di kampus, aku meluangkan waktu untuk menghadiri acara tersebut.  Apalagi yang menjadi salah satu pemateri adalah salah satu orang yang sangat menginspirasiku di kampus saat ini yaitu Ibu Noor Ifada.

Mrs. Ifa in action

Saya harus membayar ‘tiket’ masuk talkshow karena belum mendaftar ke panitia (padahal sudah ada pendaftaran sebelum acara, tapi karena aku kurang gaul jadi gak tau!). Harapannya aku bisa kembali termotivasi untuk melakukan hal yang sama dengan Ibu Ifa yang bisa kuliah di Luar Negeri, tepatnya kuliah di Negeri Kincir Angin; Belanda.

Dari beberapa materi yang dipresentasikan Ibu Ifa saat mengisi acara di Talkshow ini aku sudah pernah baca dari Novel Negeri van Oranje yang bercerita bagaimana perjuangan 5 kawan kuliah di Belanda. Beberapa hal yang sangat menarik bagi saya (karena belum mengetahui sebelumnya) adalah masing-masing dari satu orang Belanda punya 2 sepeda “pancal” atau dalam istilah Bu Ifa GL Pro (Genjot Lansung Protol). Talkshow berlangsung menarik karena dibawakan dengan ciri khas bu Ifa yaitu “Interative-Discuss” (istilahku sendiri). Peserta yang hadir aktif bertanya dan sesi tanya jawab berlangsung hidup.

Peserta yang antusias hadir

Dalam catatan kecil yang aku bawa hanya tertulis Word of Wisdom. Ini adalah slide terakhir bu Ifa yang berisikan kata motivasi atau kata bijak jika kita ingin berkeinginan untuk melanjutkan belajar di luar negeri diantaranya adalah: be yourself, be honest, be confident, be patient, be active, be well-prepared, be independent and self-dicipline dan do your best, God will do the best. Sebelum meninggalkan ruangan Ibu Ifa berpesan kepada seluruh peserta yang hadir “kalau memang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri harus ada punyat niat yang kuat, karena tantangannya besar. Tantangan itu hadir mulai dari sebelum berangkat, ketika mau berangkat, sampai ketika sudah belajar di Negara Lain”.

Sebuah acara yang sangat menginspirasiku. Semangatku yang mulai sedikit luntur untuk menggapainya kini muncul kembali seperti ponsel yang baru saja di charging baterainya. Aku harus kembali semangat, thinking out the box, hard work and certainly pray.

ALAM

6 thoughts on “Bu Ifa: Harus Punya Niat yang Kuat

  1. Ide acara yang sangat mantap!

    Cuman anehnya, dari kata
    “Peserta yang hadir aktif bertanya dan sesi tanya jawab berlangsung hidup.”

    Itu tidak tercermin di dalam photo dokumentasi diatas…disitu gambarnya kok malah ada yg tertangkap kamera sedang “mati” alias tidur 😀

    wkwkwkwkwkw

    1. Belajar di manapun bukan masalah, yang bermasalah yang tidak mau belajar, saya berharap mimpimu tercapai dan bisa menginspirasi anak -anakku kelak ( he ….)

Berikan Komentar