Buber bersama Konjen USA Surabaya

Undangan khusus

Sore itu, aku berangkat agak siang untuk menghadiri sebuah undangan super spesial yang hadir dari Konjen USA Surabaya. Setelah berliuk-liuk gagah di jantung kota Surabaya aku tiba di Kantor Konsul Jenderal. Penjagaan sangat ketat, ada polisi dan petugas keamanan khusus Konjen. Sebuah logo bertuliskan US Consulte General Surabaya-Indonesia menempel cantik di dinding pagar tinggi yang menghalangi mataku yang ingin melihat gedung Konsul. Setelah berangan sok jadi tamu penting, aku beranikan diri untuk bertanya ke petugas dengan seragam khusus mirip FBI di film-film itu, akhirnya aku harus menanggung malu karena salah tempat, lokasi yang dijadikan tempat buka puasa bersama adalah di kediamannya Ibu Kristen F. Baeur di Jl. Untung Suropati No.56 bukan di kantornya. Sambil menahan rasa sesak malu di dada, aku berangkat menuju kediamannya Ibu yang pernah datang ke acara Blogshop Pesta Blogger di Madura 2010 silam itu.

photo
Pemeriksaan sebelum memasuki kediaman Konjen

Kediamannya ternyata tidak jauh dari kantornya. Kediamannya berada di sebuah kompleks yang cukup rindang, sangat nyaman sepertinya tinggal di kawasan ini. Rumah ibu Konjen berbeda dengan rumah yang lain, terlihat ada sebuah pos polisi di depan pagar rumah yang tinggi. Setelah parkir motor, aku langsung berniat masuk ke kediamannya, eitts! Tunggu dulu aku harus nyerahkan KTP dan melihat namaku ada di list yang dipegang petugas yang bersemat logo bertuliskan US Consulte General Surabaya-Indonesia di lengan kiri seragam cokelatnya. Selesai, aku dan temanku Lukman dipersilahkan masuk.

http://farm7.static.flickr.com/6196/6072179995_8586cfb4e7_z.jpg

Mengisi buku tamu

Di depan rumahnya sangat teduh, karena banyak pohon berdiri tegak menaungi rumah berlantai dua ini. Mau masuk ke rumah ada sesi pemeriksaan sesi kedua. *Maklumlah orang penting bro!*, aku tulis nama, alamat email dan ttd disebuah buku tamu keren berwarna cokelat. Selesai nulis buku tamu, ada satu petugas yang memegan metal detector memeriksa badanku ada bom apa tidak?. Tidak lupa tasku juga di geledah isinya *takut ada bom buku di dalamnya*.

http://farm7.static.flickr.com/6078/6072722404_39e81e106e_z.jpg

Salah satu ornamen dalam ruangan

Begitu masuk ke ruangan tamu, aku terkesima dengan ornamen yang ada di dalam ruang tamu, aku perhatikan setiap sudut, mulai dari kursi, lukisan, meja, lemari, hiasan-hiasan semuanya antik. Ada campuran tradisional Indonesia dengan budaya Amerika menjadi perpaduan yang indah. Belum selesai aku terkesima, Ibu Kristen F. Bauer menyambutku dengan ramah. Dilanjutkan dengan Mr. Mauricio dan terakhir Mbak Emily *sempat ngobrol sedikit tentang kehadirannya di kampus beberapa waktu lalu*. Sambil duduk, kepalaku tidak henti mengarahkan radarnya ke semua ornamen di sekitar. Terlihat mulai miniatur alat tenung songket sampai lukisan Obama terpampang di sudut-sudut ruangan, tidak ketinggalan bendera negara adi daya itu terikat di sebuah tongkat yang ujungnya ada logo Konjen berbentuk fiber. Di belakang rumah ada sebuah lapangan mini hijau dan keren untuk dibuat barbeque party seperti di film hollywood.

http://farm7.static.flickr.com/6086/6072722492_0598753da6.jpg

Mr. Mauricio sedang presentasi dengan bantuan translator

Acara buka bersama di awali dengan presentasi Mr. Mauricio yang mengangkat teman Sosial Media, Civil Society 2.0, Ushahidi, dan Frontline SMS. Sesi tanya jawab sangat menarik dan interaktif. Tidak lama setelah sesi tanya jawab, adzan maghrib terdengar dari radio dari ponsel yang sudah disiapkan panitia. Buah kurma yang disediakan di beberapa sudut ruangan menjadi santapan awal teman-teman blogger yang hadir. Jus jambu dan es teh menjadi menu pembuka, dilanjutkan dengan es teler, dan tentunya makan besar. Semua macam makanan ada di beberapa meja di samping ruang tamu. Semua undangan yang hadir mengambil sesuai makanan yang mereka suka. Beberapa juga shalat maghrib disebuah tempat yang telah disediakan oleh Konjen USA. Ramah tamah tak terhindarkan oleh beberapa undangan yang hadir, teman-teman Plat-M berbaur dengan blogger Surabaya dan beberapa komunitas yang juga hadir. Terlihat juga sebuah stasiun TV lokal sedang mewawancarai Ibu Konjen untuk liputan, mereka mengaku dari Surabaya TV.

http://farm7.static.flickr.com/6207/6072183743_f97e52b267.jpg

Suasana buka puasa

http://farm7.static.flickr.com/6077/6072726586_5e0c2c4752.jpg

menu berbuka puasa (makan besar)

http://farm7.static.flickr.com/6074/6072186635_66876a9444.jpg

Teman-teman Plat-M dan Pak Yusuf berpose dangan Mrs. Emily

http://farm7.static.flickr.com/6204/6072728784_cb23203206.jpg

Teman-teman Plat-M dan Pak Yusuf berpose dangan Mrs. Kristen F. Bauer

Acara setelah berbuka puasa dilanjutkan dengan ramah-tamah, suasana penuh keakraban antar pegiat sosial media dengan USA inipun terjadi. Beberapa pertanyaan menambah hangatnya diskusi malam itu. Acara diakhiri dengan sesi paling penting dalam sebuah acara yaitu foto-foto. download foto lengkap

 

 

ALAM

3 thoughts on “Buber bersama Konjen USA Surabaya

Berikan Komentar