Dingin Tidak Selalu Identik Dengan Kemewahan

Jangan pernah takut berubah!

Agak miris memang melihat iklan peralatanan elektronik yang sangat keren dan menggugah selera membeli masyarakat Indonesia pada umumnya. Padahal di satu sisi kita harus menghemat agar tidak terjadi pemborosan energi. Beberapa gerakan seperti mematikan lampu serentak dalam waktu satu jam memang tidak mempunyai dampak yang besar, tetapi setidaknya langkah kecil seperti itu harus  mulai digalakkan mulai sekarang. Kita tentu tidak ingin melihat anak-cucu kita hidup di zaman dengan krisis energi. Akibatnya beberapa fasilitas mewah tidak bisa mereka nikmati.

Sebuah keluarga sering menunjukkan diri sebagai keluarga dengan kekayaan yang luar biasa dengan mengoleksi barang-barang elektronik mewah seperti kulkas. Terkadang setiap ruangan ada satu kulkas yang berisi makanan dingin yang selalu menggoda selera pengkonsumsinya. Tetapi hal itu sebenarnya merupakan sebuah pemborosan. Ayo jangan pernah takut untuk berubah!

Tapi Ternyata Faktanya

Kadang, karena sudah sangat terbiasa dengan keberadaan lemari es di rumah, kita justru melupakan hal-hal penting yang krusial dalam penggunaannya. Efisiensi energi misalnya. Untuk memperpanjang umur pemakaian lemari es dan juga untuk menghemat penggunaan listrik rumah tangga, yuk ikuti fakta dan tips berikut ini:

  1. Jangan meletakkan lemari es di sudut ruangan. Sisakan sedikit ruang untuk pendinginan mesinnya.
  2. Semua lemari es yang diproduksi sebelum tahun 2001 harus ditukar sekarang! Tingkat efisiensi lstrik lemari es setiap tahunnya meningkat. Bayangkan, di tahun 80an, lemari es menggunakan daya 2000 watt. Lemari es keluaran terbaru hanya menggunakan daya kurang dari 3000 watt.
  3. Lemari pendingin dan freezer yang disusun bersebelahan memakai energi lebih banyak dari yang disusun atas-bawah
  4. Jangan membeli lemari es dengan fitur pembuat es batu, karena membuang banyak energi
  5. Cairkan makanan beku dari freezer di dalam lemari pendingin, karena membantu mendinginkan lemari pendingin
  6. Jangan menaruh makanan atau air hangat di dalam lemari es
  7. Untuk mengecek temperatur konstan lemari es, taruh termometer di dalam segelas air, dan letakkan di rak tengah. Lemari pendingin seharusnya bersuhu 2 sampai 5 derajat celcius. Sementara freezer antara -15 sampai -17 derajat celcius.
  8. Dengan menjadi vegan, berarti kita turut memelihara lingkungan hidup — karena tidak memerlukan lemari es untuk menyimpan sayuran dan buah-buahan, tidak seperti daging atau produk susu yang memerlukan temperatur rendah untuk penyimpanannya.

Marilah kita melakukan perubahan cara hidup kita agar lebih sehat sekaligus menghemat energi. Menguapayakan untuk menyisakan sedikit energi bagi anak cucu kita kelak. Sehingga kita bisa bersama-sama menggunakan energi di kemudian hari. Mari kita berubah sekarang!

 

 

ALAM

Berikan Komentar