Indonesia di Mata Orang Jepang

Melihat peta sambil membolak-balik halaman, mencocokkan pemandangan yang nyata dengan peta dunia imajiner, awalnya bisa dilakukan dengan pikiran manusia. Akan tetapi, kalau semua pekerjaan itu dilakukan mesin, saya khawatir jangan-jangan kemampuan berpikir manusia akan mengalami kemunduran. Hisanori Kato, Professor Osaka Botsuryo College. Osaka, Jepang

Bagiku, melihat deretan buku yang tertata rapi di rak toko buku sama seperti berwisata menggali ilmu lebih dalam. Tidak segan aku mengambil satu buku yang menurutku menarik untuk dibawa ke kasir dan dibaca di rumah. Dan hari ini, pilihan itu jatuh pada buku yang berjudul INDONESIA DI MATA ORANG JEPANG. Karya Hisanori Kato, peneliti sekaligus profesor dari Jepang.

indonesia di mata orang jepang
cover buku

Sebelum meneliti, Hisanori Kato tinggal di Jakarta dalam jangka beberapa tahun di Jakarta. Buku ini ditulis begitu sederhana dengan kalimat yang mudah dicerna. Dalam beberapa bab penulis membandingkan kehidupan Jakarta dengan kehidupan di Jepang. Pandangannya tidak obyektif tetapi berdasarkan fakta dan pengalaman hidupnya selama di Jakarta.

Berbagai keunikan seperti masakan, budaya, pemandangan, hingga kehidupan sosial masyarakat Jakarta tidak luput dari perhatiannya.

Satu hal yang ditekankan dalam buku ini, ternyata hal yang selama ini menjadi kebiasaan masyarakat Jakarta itu sangat menarik untuk diambil pelajaran. Bahkan beberapa kalimat sederhana yang sering kita ucapkan seperti insyaAllah dan tidak apa-apa menjadi topik menarik, dan terkadang mengundang senyuman setiap pembacanya.

Buku ini, sederhana, membuat kita tahu, bahwa sebenarnya yang kita kerjakan selama ini itu adalah hal luar biasa yang belum tentu ada di luar negeri bahkan di negara besar sekelas Jepang sekalipun.

ALAM

8 thoughts on “Indonesia di Mata Orang Jepang

  1. Sy senang dengan filosofi hidup orang jepang. Pinjam bukunya bun, nanti sy review dengan pengetahuan sy sendiri semoga diberi ijin, hehe
    salam

Berikan Komentar