Indonesia Mengajar 2

Indonesia Mengajar, pasti sudah tahu tentang gerakan yang satu ini. Sebuah gerakan yang digagas Anis Baswedan aku kenal lewat tanyangan Kick Andy, kemudian mengenal lebih dekat dengan para Pengajar Muda yang bertugas di pelosok negeri lewat buku edisi pertamanya.

Tidak lama setelah membaca beberapa buku yang lain, buku Indonesia Mengajar sudah ada untuk edisi kedua. Judulnya Indonesia Mengajar 2. Buku ini, bukan sekadar memberikan wawasan tentang pendidikan di negeri ini. Tetapi juga memberikan pengetahun kepada pembacanya, bahwa Indonesia, di pelosok-pelosok sana, banyak pemandangan cantik dengan sejuta kearifan lokal yang terbentuk begitu saja. Buku ini lebih membuka mata kita, masyarakat Indonesia tentang keberadaan saudaranya di pelosok negeri.

Indonesia Mengajar sudah ada angkatan ke-5 saat buku angkatan kedua ini terbit. Lebih tebal dari buku yang pertama, ada cerita menarik tentang bagaimana aku mendapatkan buku ini.

Buku ini aku dapatkan dari sebua lelang yang diadakan di grup penerbit BentangPustaka. Aku sangat menunggu buku ini, bahkan aku rela memberikan harga lebih dari harga aslinya, saat lelang. Karena itulah, buku Indonesia Mengajar 2 ini aku dapatkan dengan tanda tangan khusus dari ketuanya, Anies Baswedan.

Sayangnya, entah mengapa, saya lebih cepat membaca buku yang edisi pertama dari yang kedua ini. Namun yang jelas, kedua buku Indonesia Mengajar ini sangat baik untukku yang bekerja sebagai guru muda. Beberapa strategi pembelajarannya, aku terapkan di kelas-kelas yang aku ajar. Tidak hanya di SMA, tetapi juga aku terapkan saat menjadi dosen kontrak di kampus UTM.

Membaca buku itu seperti minum vitamin saat tubuh kelelahan. So, tetap semangat membaca buku ya..!

ALAM

Berikan Komentar