#JavaTrip @ Semarang: @dotsemarang sampai Kota Lama

Published by ALAM on

Sebenarnya, belum puas mengeskplorasi Ponorogo. Waktu 4 hari yang diberikan kalender 2012 ternyata sangat kurang. Apalagi kalau harus mengunjungi tempat-tempat indah di negeri ini. Indonesia, dengan ribuan pulau, ribuan tempat indah, ribuan pemandangan indah, dan ribuan pengalaman yang menanti. Tak akan ada habisnya. Begitulah kalau berbicara wisata Indonesia.

Setelah adzan sholat Dhuzur, aku berangat menuju ke Solo. Diantar oleh Sigit -kawan terbaikku selama di Ponorogo- ke Terminal menjadi perpisahanku dengan Ponorogo setelah dua hari berkelana tanpa ada yang melarang kemanapun mau kita pergi. Motor shogun dengan ban kecil di belakang dan knalpot yang dibeddhel menjadi teman setia kita selama di Ponorogo.

Dari Ponorogo tidak ada bis yang langsung ke Semarang. Ada tapi mahal. Rp75.000. tapi kalau ke transit ke Solo dan ke Semarang hanya Rp30.000 ditambah Rp20.000 jadi cuma Rp50.000 menuju Semarang. Kota yang berada di utara Pulau Jawa. Berbatasan langsung dengan laut Jawa. Ini adalah pertamakalinya aku ke kota Lumpia ini.

7 jam berada di bis, menjadikanku hari itu adalah bapak bis se-Indonesia. Siang berganti gelap, beberapa lagu sudah aku putar di ponsel, beberapa kata juga sudah aku tuangkan di Twitter. Tetapi tulisan di beberapa spanduk di pinggir jalan masih bertuliskan Salatiga. Sampai akhirnya aku turun di kawasan yang bernama Sukun. Dan ya, aku menginjakkan kaki pertamakalinya di Semarang.

Daerah dataran rendah di Kota Semarang sangat sempit, yakni sekitar 4 kilometer dari garis pantai. Dataran rendah ini dikenal dengan sebutankota bawah. Kawasan kota bawah seringkali dilanda banjir, dan di sejumlah kawasan, banjir ini disebabkan luapan air laut (rob). Di sebelah selatan merupakan dataran tinggi, yang dikenal dengan sebutankota atas, di antaranya meliputi Kecamatan Candi, Mijen, Gunungpati,Tembalang dan Banyumanik. ~ Wikipedia

Setelah menunggu teman-teman @dotsemarang di Caf Bananda9, aku berbegas makan malam bersama tiga kawan @dotsemarang yaitu @ASMARIE_ @marianabees dan @MoiIsmiy. Ternyata kota Semarang ini mirip kota Bandung yang berbukit-bukit. Bahkan ada istilah Semarang atas dan Semarang bawah.

Sudah malam, aku harus ke kantornya @dotsemarang. Bermalam di sana. Enaknya punya teman banyak. Ke mana-mana ngga perlu repot cari hotel. Tinggal cari teman blogger setempat dan numpang bermalam, jangan lupa ikut bersih-bersih keesokan harinya.

Pagi sampai siang hari di Semarang dihabiskan dengan membuat dua tulisan tentang Ponorogo. Ngobrol dengan teman @dotsemarang di kantornya. Sharing dan kopdar segala hal. Kemudian makan di warung SS (Super Pedas). Saking pedasnya, sampai aku kmeringet makan sambalnya. Siang itu lima pasukan @dotsemarang menemaniku makan siang. Ada tambahan dua lagi yaitu @amar_haq dan @coffedarat.

ari berjalan atau bahkan berlari begitu cepat, matahari sudah condong ke barat, sore aku harus pergi (kembali) ke Solo.

Tapi sebelum itu, aku diajakn @ASMARIE_ berkunjung ke kota lama. Oh, ini to yang namanya Kota Baru. Aku pernah melihat fotonya yang begitu keren di Facebook. Melihat-lihat, berputar-putar, dan mengelilingi kota lama, tidak lupa foto-foto sebentar, sebentar-sebentar foto, seperti berada di jaman 1945. Suasana kota lama benar-benar terasa. perlu waktu sekitar 2 jam untuk mengelilingi semua kawasan kota lama ini, ujar @ASMARIE_.

Puas melihat-lihat dan berfoto-foto, waktu juga yang membatasi kami. Akhirnya kami harus berpisah di kawasan Sukun, aku naik ke bis patas menuju Solo. Terimakasih @dotsemarang dengan lima pasukannya. Kalian mirip Power Rangers saja. Tiga cowok dan dua cewek. Semarang, kota indah penuh sejarah dengan kenikmatan lumpia-nya. Selalu ada yang istimewa saat pertama kali mengunjunginya.

ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

2 Comments

coffeedarat · November 17, 2012 at 05:54

Wakaka power rangers… aku ranger biruuuu. Salam kenal masbro wahyu besok kalo ke madura gantian saya di ajak keliling yaa 😀

Oh ya itu @coffeedarat bukan @coffedarat xixi

wahyualam · November 19, 2012 at 04:01

Hahahah, genk dulu waktu aku di kampus juga Geng Rangers. 🙂 oke ntar gantian deh! 😀

Berikan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.