Kreatif Memberikan Kejutan

wahyu alam bersama ko erwin
Pernah lihat kaus yang sama seperti yang saya pakai?

Pada dasarnya manusia itu sangat senang dengan kejutan. Sekecil apapun kejutan yang diberikan, maka perasaan merasa paling diperhatikan akan muncul. Karena kejutan dapat meninggalkan kesan yang kuat dan menancapkan emosional, bahkan sepertinya mampu menghentikan waktu.

Aku adalah salah satu orang yang tidak suka sesuatu yang sama. Apapun harus berbeda dan kreatif. Biasa nih, kalau ada kaos bagus tetapi ada tetangga yang pernah memakainya, maka saya ngga bakal beli. Aku ingin pabrik hanya membuat satu untukku, tetapi itu susah sepertinya. Hahaha.

Maka dari itu, sebenarnya aku ngga terlalu suka berjalan lama memutari toko pakaian hanya untuk mencari selembar kain yang menempel di tubuh. Apalagi sendirian. Namun terkadang terpaksa harus memutari toko pakaian demi menyenangkan seseorang. Aku lebih suka membeli di toko online, atau jika harus ke mall, harus di-list mau beli apa saja. Sehingga tak perlu memutar tanpa kejelasan. Jika mau beli celana jins, ya langsung ke outlet toko jins tanpa perlu lagi melihat-lihat jaket. Make it simple and different.

Karena suka memakai sesuatu yang berbeda itulah, aku ngga suka mutar-mutar mall untuk mencari kaus. Karena biasanya akan menjadi kaus ‘pasaran’ yang semua orang pakai.

Pernah kejadian, saat mengajar jam malam, aku memakai kaos berkerah. Aku tiba lebih dulu di kelas. Namun ketika satu per satu mahasiswa masuk ke kelas, ada satu mahasiswa yang memakai kaus yang sama. Sebenarnya ngga malu, tapi rasanya ngga nyaman saja jika ada yang sama.

Begitu juga dengan memberikan kejutan. Aku selalu mencari cara yang berbeda untuk memberikan kejutan. Aku tahu itu akan menyita waktu untuk memikirkan dan mengekusinya, tapi itulah tantangannya. Karena kejutan yang berbeda itulah yang akan melengkat di pikiran si penerima kejutan. Apalagi kejutan itu ditujukan untuk orang spesial, pasti harus kreatif dan ngga sama dengan orang lain.

Salah satu yang sering aku lakukan adalah dengan membelikan barang kesesukaannya, kemudian membelikannya tanpa sepengetahuan dan mengirimkan ke rumahnya.

Momen menerima paketan tak terduga ke rumah adalah hal yang paling mengagetkan dan memberikan kesan tersendiri. Dan aku percaya itu. Kejutan selalu mempunyai cara tersendiri untuk menjadi lebih dekat. Karena itu salah satu fitrah sebagai manusia.

Suatu ketika, aku memberikan hadiah kepada teman komunitas Plat-M, yang berhasil melaksanakan tantanganku. Waktu itu, tantangannya adalah mereview kegiatan ALAMenilai di blog. Tulisan yang paling menarik, akan mendapatkan hadiah yang akan dikirimkan ke rumahnya. Hadiahnya aku rahasiakan.

Karena ngga mau ribet dan dengan cara yang berbeda, aku membelikan buku sesuai dengan pemenangnya. Setiap buku dikirim ke rumah masing-masing. Sehingga setiap pemenang tiba-tiba akan ditelpon kurir untuk mengantarkan paketan. Momen terkejut dan penasaran itu yang mahal.

Aku juga berencana memberikan kejutan ke sahabatku di bulan Ramadhan ini. Dengan cara yang sama. Aku akan membelikan produk di Lazada yang kebetulan mengadakan Ramadhan Sale kemudian akan dikirimkan ke rumahnya langsung.

Aku yakin momen terkejut di hari Ramadhan akan sangat spesial, sekalian sebagai hadiah lebaran.

Kalau kamu suka ngasi kejutan bagaimana? Atau justru kamu yang ingin dikasi kejutan? #kodekeras.

ALAM

Berikan Komentar