Less Mile, Konsep Smart Transportation di Taipei

wahyualam.com YouBike Taipei

‘Ketika di Taipei, kenapa punya motor dan mobil itu tidak lagi penting ya?’

Kami tidak pernah memikirkan apa model sepeda motor terbaru di Taiwan. Tidak peduli juga mobil canggih seperti apa lagi yang diliris. Rasanya semua itu tidak lagi penting ketika fungsi mereka telah disediakan pemerintah. Kebutuhan kendaraan untuk pergi ke suatu tempat dapat dipenuhi dengan mudah dan nyaman.

Ketika keluar dari kampus, sudah menunggu halte bis dalam kota dan stasiun Youbike. Di setiap tempat penting dan ramai biasanya selalu ada sepeda elektronik yang terparkir. Warnanya kuning, mudah terlihat meski dari kejauhan.

Ada satu kartu yang bisa kita gunakan untuk berbagai hal. Mulai naik MRT, menyewa YouBike, hingga membayar makanan di 7Eleven. Nama kartu itu easy card. Biasanya chip easy card sudah menyatu dengan kartu mahasiswa, tapi jika ingin membelinya, bisa didapatkan di 7Eleven di seluruh Taiwan.

Aku lebih sering menggunakan YouBike. Sepeda elektronik yang bisa aku pinjam hanya dengan menempelkan easy card. Selain lebih murah, YouBike menawarkan beberapa kebutuhan dalam sekali perjalanan. Kebutuhan olahraga, berkeliling sekitar, murah, bebas macet dan polusi.

Usai menggunakan YouBike, kita dapat melihat websitenya dan login menggunakan nomor ponsel yang kita daftarkan. Di website, kita dapat melihat berapa lama kita menggunakan sepeda dan berapa NTD yang kita keluarkan.

Chip itulah yang dapat menyimpan berapa lama ia terlepas dari tempat parkir dan parkir kembali. Dimana tempat pengambilan pertama, berapa lama terlepas dan mengetahui tempat parkir terakhirnya.

Inilah YouBike. Fasilitas sepeda untuk publik di Taiwan. YouBike sudah tersedia di beberapa kota di Taiwan. Memudahkan bagi siapa saja yang ingin menikmati udara sekitar dan berkeliling di sekitar kota. Sederhan dan mudah. Cukup menggunakan easy card, sepeda YouBike dapat mengantarkan kita untuk berwisata sekaligus berolahraga, tentu bebas polusi, sehingga pengguna YouBike adalah orang-orang yang peduli lingkungan. Hidup sehat untuk bumi yang lebih hijau (Alam, 2015)

wahyualam.com - tourism information taipei taiwan

Bersepeda di dalam kota Taipei tidak perlu takut. Trotoar tersedia lebar untuk pejalan kaki dan pesepeda. Jalan raya sudah didesain untuk memudahkan pejalan kaki dan pesepeda. Lampu lalu lintas untuk kendaraan bermotor juga sama banyaknya dengan yang diperuntukkan pejalan kaki dan pesepeda.

Analisa pertamaku: cuaca yang tidak terlalu panas mempengaruhi niat warga Taiwan untuk berjalan kaki. Faktor cuaca juga didukung dengan sistem transportasi yang sudah terbangun dengan baik.

Aku pernah berkata ke Saide, teman seperjuanganku. Saat kami pulang dari Taipei Main Station (TMS), kamu turun dari MRT di stasiun Gongguan. Stasiun terdekat dengan kampus. Begitu keluar dari pintu keluar, kami langsung disambut YouBike yang terparkir.

“Lihat Saide, begitu kita keluar, langsung disambut YouBike yang seolah memanggil-manggil minta digunakan”.

Dari MRT, langsung bisa mencabut YouBike dari tempatnya dan melanjutkan perjalanan ke kampus. Lima menit perjalanan, kami kembalikan YouBike ke tempatnya. Di depan kampus kami terdapat ‘tempatnya’ YouBike. Saat memarkir kembali YouBike, jangan lupa menempel kembali easy card. Kita akan mengetahui berapa dolar ongkos yang dibayar untuk YouBike. Selain itu, kita juga bisa tahu sisa saldo yang berada di easy card.

Konsep transportasi yang dijalankan di Taipei sangat menarik. Topik ini sempat aku diskusikan dengan Professor di ruangannya. Ia mengatakan konsep ini dinamakan ‘Less Mile’. Entah dari mana asal nama konsep ini, yang jelas Professor menjelaskan konsep ini diadopsi dari sistem transportasi terintegrasi. Konsep ‘Less Mile’ dirancang agar para wisatawan tidak bingung ketika baru keluar dari stasiun, halte atau pun saat menaruh YouBike. Semuanya sudah terintegrasi dan dapat dilihat hanya dengan beberapa langkah saja dari pintu keluar.

ALAM

6 thoughts on “Less Mile, Konsep Smart Transportation di Taipei

    1. balikinnya harus ke station yang banyak tersedia di sudut kota Taipei. Biasanya di dekat stasiun MRT, pasti ada YouBike, kalau ngga bisa lihat website dimana saja station-station YouBike.

      Kalau mengembalikan, tinggal masukkan ke tempatnya, tempel kartu, dan dolar pun berpindah. (Mirip pakai kartu FlazzBCA gitu)

Berikan Komentar