Manjakan Lidah di Kota Samarinda

Kota Samarinda merupakan kota terbesar yang ada di Pulau Kalimantan. Kota Samarinda juga merupakan ibu kota dari Provinsi Kalimantan Timur. Ada banyak tempat wisata yang seru di Kota Samarinda, mulai dari wisata alamnya, wisata budaya, wisata religi, wisata belanja dan juga wisata kuliner yang menggiurkan.

Banyak tempat penginapan seperti hotel berbintang yang bisa Anda pesan kamarnya untuk tempat menginap selama Anda berlibur di Samarinda. Hotel yang ada menawarkan fasilitas yang beragam dengan harga yang berbeda-beda pula yang bisa Anda sesuaikan dengan isi kantong Anda. Selain itu hotel – hotel di Samarinda juga dapat dengan mudah dipesan melalui aplikasi seperti Traveloka.

Jika Anda berkunjung ke Kota Samarinda, jangan ketinggalan untuk mencicipi makanan khas Kota Samarinda. Manjakan lidah Anda sebaik mungkin selama Anda berlibur ke ibu kota Kalimantan Timur ini. Berikut beberapa makanan khas Kota Samarinda yang bisa Anda nikmati kelezatan cita rasanya maupun untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh khas dari Kota Samarinda. Soal urusan perut, Anda tak usah khawatir karena banyak sekali kuliner khas Samarinda yang bisa Anda nikmati bersama dengan keluarga maupun teman-teman.

  1. Nasi Kuning Samarinda

Nasi kuning ini sama seperti nasi kuning pada umumnya yang bahan dasar pembuatannya adalah menggunakan kunyit sehingga nasi putih berubah menjadi kuning. Namun yang membuatnya berbeda adalah cita rasa dan penambahan lauknya seperti ditambahkan telur bumbu bali, serundeng, bawang goreng, dan ikan haruan atau ikan gabus goreng. Makanan ini sangat cocok untuk disantap pada pagi hari dan malam hari. Anda bisa menemukannya di warung-warung pinggir jalan yang memang menyediakan masakan Nasi Kuning khas Samarinda ini. Harga untuk satu porsi nasi kuning samarinda ini adalah Rp. 10.000 sudah termasuk telur sebagai lauknya. Jika Anda ingin lauk ikan seperti ikan gabus ataupun ikan yang lainnya akan dikenakan harga tambahan yaitu Rp. 11.000.

Sumber: www.tribunnews.com

  1. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor merupakan makanan khas Kota Samarinda. Nasi ini merupakan campuran rempah-rempah, minyak sayur dan juga potongan ikan asin. Selain itu ada beberapa lauk yang bisa Anda tambahkan. Lauknya pun khas Kota Samarinda yang bisa Anda cicipi. Lauk tambahan tersebut adalah daging masak bumi hangus yang merupakan daging dengan bumbu kecap, dan sayur gangan asam kukar, makanan seperti pindang dengan bumbu yang lebih banyak dan pekat, memakai kepala ikan dengan ubi manis. Jika Anda penasaran bagaimana rasanya? Segera datang ke Kota Samarinda dan mampir ke warung yang menjajakan masakan nasi  bekepor.

Sumber: www.bacaterus.com

  1. Ayam Cincane

Ayam Cincane merupakan sering dijadikan sebagai hidangan utama Kota Samarinda. Ayam Cincane ini menggunakan ayam kampung yang dipanggang menggunakan bumbu merah. Ayam Cincane ini mempunyai resep tersendiri ala Samarinda yang membuat menu ini berbeda dari menu ayam yang lainnya. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk memasak ayam ini adalah bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas, jahe, serai, daun salam, kemiri dan masih banyak bumbu yang dimasukkan ke dalamnya. Rasanya pun akan memanjakan lidah Anda karena cita rasanya yang unik dan juga lezat. Anda juga bisa mencari informasi tentang resep ayam cincane khas Samarinda, namun rasanya pasti tidak sama dengan bikinan orang Samarinda.

Sumber: www.beritakaltim.com

  1. Pepes Kepiting

Makanan yang satu ini sangat unik. Mungkin, Anda hanya akan menemukannya di Kota Samarinda. Kalau pepes tahu, pepes ikan mungkin Anda sudah sangat sering mendengarnya, terlebih lagi jika Anda sudah pernah memasaknya. Namun, di Kota Samarinda ini terdapat satu masakan pepes yang bahan utamanya adalah menggunakan kepiting. Pepes Kepiting. Apakah Anda sudah pernah mencobanya? Jika belum, Anda wajib mencicipi pepes kepiting bila sedang berada di Kota Samarinda. Jenis kepiting yang digunakan adalah kepiting soka. Bumbu-bumbu yang digunakan adalah cabe rawit, cabe merah, daun kemangi, serai dan rempah-rempah lainnya.  Setelah bumbu ditumis dan dicampurkan dengan kepiting, kemudian siapkan daun pisang dan dibungkus ke dalamnya, selanjutnya kukus pepes kepiting tersebut hingga matang. Belum selesai di situ, Anda harus membakarnya terlebih dahulu yang kemudian pepes kepiting siap dihidangkan.

  1. Sambal Raja

Sambal Raja ini sangat terkenal di Samarinda. Sambal Raja ini hampir sama seperti makanan urap.  Sambal Raja ini merupakan campuran aneka sayuran seperti terong, kacang panjang, irisan bawang merah dan telur rebus yang ditabur di atas sambal raja. Bagi Anda yang menyukai pedas, wajib mencoba Sambal Raja ini. Rasa pedasnya yang menggelegarkan lidah. Selain itu, makanan ini sangat cocok untuk orang yang vegetarian yang lebih banyak memakan aneka sayuran dan juga telur. Anda bisa menemukan di warung-warung yang berada di pinggir jalan Kota Samarinda.

Itulah beberapa makanan khas Kota Samarinda yang dapat memanjakan lidah Anda.

ALAM

Berikan Komentar