Memeriahkan Mahakarya Fakultas Teknik UTM

Campus Google Day
Campus Google Day – Foto oleh: Imaniar

“Kak, tanggal 20 free kan ya?”

“Iya, kenapa?”

“Ngisi acara di kampus tentang Google Drive ya. Bisa?”

“Oke, boleh!”

***

Itulah sekilas perbicanganku dengan Ria Lyzara, sang Google Student Ambangsadar. Eh, keliru. Google Student Ambassador. Kalau julukan yang pertama itu guyonan anak-anak Plat-M. Hiraukan. 😀

Gedung Cakra yang berada di tengah-tengah area kampus Universitas Trunojoyo Madura (UTM) seolah menahan diri dari matahari yang bersinar begitu terik. Jam 11.15 aku bersama pemateri tentang Blogspot, Darul tiba di lokasi.

Acara sudah dimulai dengan pemateri pertama yaitu Pak Firdaus. Beliau adalah mantan Kepala Jurusan Teknik Informatika UTM. Beliau juga adalah dosenku dan dosen pembimbing Darul. Pak Fir –panggilan akrab Pak Firdaus- menyampaikan materi tentang Google Search. Mendengar Pak Fir presentasi serasa masih mahasiswa yang mendengar perkuliahannya tentang information retrieval.

Belum sempat menoleh ke belakang, ternyata pesertanya dari berbagai kalangan. Mulai dari mahasiswa UTM sampai dari berbagai siswa SMA se-Bangkalan. Sejauh mata memandang, sepertinya lebih banyak siswa SMAnya daripada mahasiswanya.

Setelah Pak Fir, ada satu materi lagi sebelum giliranku.

Adalah Ria Lyzara presentasi tentang Google Education, eh, apa ya? Lupa. Kira-kira tentang program Google untuk pendidikan. Maafkan diriku ya, Ria. 😀

Pukul 11.55, Ria selesai presentasi. Setelah siap-siap, tepat 12.00 giliranku presentasi. Alamak, tepat di tengah hari.

Gedung Cakra yang merupakan hall, yang biasa digunakan untuk wisuda, atau pertandingan bulu tangkis sepertinya sudah menguap. Meski dipasang pendingin ruangan portable rasanya akan belum cukup. Apalagi tanpa pendingin ruangan. Baiklah, aku akan presentasi dengan cuaca terik. Semoga tidak membosankan. Biasanya cuaca panas akan membuat peserta gusar, gelisah dan tidak fokus. Aku harus sedikit menyertai game-game kecil dalam presentasi agar tidak membosankan.

Benar, dugaanku. Presentasi selesai. Sepertinya aku terlalu bersemangat. Sedikit lari-lari ke sana dan kemari. Gedung Cakra sukses membuatkan basah kuyup. Lebih mirip seperti mandi daripada basah dengan keringat. Meski begitu senang, sudah membuat, setidaknya, peserta tertawa dan bertanya tentang materi Google Drive yang aku sampaikan. Semoga bisa bermanfaat. Meski, presentasi dengan berpanas-panasan.

Saking semangatnya, sampai lupa kalau aku lagi mengisi acara apa, dalam rangka apa dan siapa yang mengadakan!

Jadi kemarin itu, aku mengisi acara yang diselenggarakan oleh BEM-FT bekerja sama dengan Google Student Ambang… eh, Google Student Ambassador. Nama acaranya Campus Google Day. Ini adalah acara puncak dari rentetan acara Mahakarya Teknik 2014. Aku juga sempat mengisi salah satu rentetan acaranya, yaitu workshop Video Organization Profile sekaligus menjadi juri untuk perlombaan yang diadakan dengan tema yang sama.

Selain aku, Pak Fir, Ria Lyzara dan Darul, ada juga dua cewek dari Surabaya yang menjadi speakers pada acara ini. Yaitu Mbak Shellya dan Imaniar. Keduanya datang dari FemaleDev dan Selamat Pagi Studio. Cewek-cewek keren ini presentasi tentang menjadi developer cewek dan bagaimana mengembangkan aplikasi Android.

Semoga semua organisasi di kampus tercinta ini bisa mengadakan acara yang lebih keren lagi. Selain menghadirkan pemateri keren dari luar, juga bisa menginspirasi mahasiswa yang lain. Sebuah acara keren bukan hanya acara besar dengan konsep dan desain brosur yang keren, tetapi acara keren sesungguhnya adalah acara yang memberikan outcame atau dampak bagi pesertanya. Tentunya dampak positif untuk perkembangan dan motivasi mahasiswa/peserta ke depannya. Semoga.

ALAM

2 thoughts on “Memeriahkan Mahakarya Fakultas Teknik UTM

Berikan Komentar