Merekam Warisan Kuliner Laut Nusantara

seafood
Seafood | Foto: beritagar.id

Sudah tahu kan lah ya, kalau Indonesia itu besar sekali. Hebatnya lagi, wilayah kita itu ngga semuanya daratan. Katanya sih 70% dari luas negara itu adalah laut. Ngga bisa lagi dipungkiri, kalau Indonesia kaya sekali akan hasil laut. Terutama warisan kuliner nusantara berbahan dasar ikan laut. Kok aku jadi penasaran, apa saja ya warisan kuliner laut nusantara?

Dimulai dari pulau paling barat: Sumatera.

https://lofoodie.files.wordpress.com/2015/08/lempah-11.jpg?w=686&h=1024
Lempah Kuning | Foto: lofoodie.wordpress.com

Lempah kuning adalah masakan lempah yang isinya terdiri dari ikan kakap merah atau tenggiri dengan kuah yang berbumbu kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan belacan. Lempah ini memiliki kuah berwarna kuning dan biasanya dimasukkan potongan-potongan nanas sehingga disebut juga lempah nanas. Orang Belitung menyebutnya gangan ketarap. Ikan kakap dapat pula digantikan dengan daging sapi.

http://www.indonesiakaya.com/uploads/_images_gallery/6._Sate_kerang_akan_semakin_nikmat_saat_disajikan_dengan_taburan_bawang_goreng_.jpg
Sate Lokan | Foto: indonesiakaya.com

Lokan sejenis kerang laut yang biasanya dimasak dengan kuah dicampur serai. Selain itu lokan juga sering dibuat sate. Hidangan ini cukup mudah ditemui di daerah-daerah seperti Pasaman, Padang, Pariaman dan Pesisir Selatan. Seperti umumnya pengolahan sate khas Minangkabau, daging kerang terlebih dahulu direbus dengan dibumbui cabai merah, bawang putih, bawang merah, ketumbar, merica, jintan, jahe, kunyit, sereh dan langkuas yang telah ditumbuk halus. Setelah matang, daging kerang ditusuk dengan bambu dan dibakar hingga kecokelatan. Sate yang telah matang disajikan dalam piring beralas daun pisang dengan siraman kuah kental.

Hasil gambar
Belacan | Foto: friedchillies.com

Belacan adalah jenis pasta ikan atau udang fermentasi yang dipadatkan dan memiliki bau khas yang agak menusuk. Belacan dijadikan bumbu untuk banyak masakan lain. Di daerah Bangka, ada beberapa daerah yang khusus menjadi penghasil belacan yang terkenal seperti Toboali, Bangka Selatan. Pembuatannya dengan cara udang rebon diambil nelayan dari laut, kemudian langsung direbus di pinggir pantai, setelah matang, ditumbuk dan dicampur garam menggunakan lesung kayu, dijemur kembali agar kadar airnya rendah, kemudian ditumbuk kembali sampai bisa dibentuk. Nama lain dari belacan adalah terasi.

Gulai ikan patin berasal dari daerah Jambi
Gulai Ikan Patin | Foto: no3cityhotel.com

Gulai kepala patin belum? makanan yang populer di Jambi. Gulai ini dimasak dengan menggunakan bumbu tempoyak, nah tempoyak ini merupakan durian yang sudah difermentasi. Tapi ada sebagian orang yang mengganti tempoyak dengan santan, biar baunya nggak begitu menyengat.

Otak-otak ikan
Otak-otak Ikan | Foto: travels4yum.com

Otak-otak terbuat dari ikan lho ya, bukan dari otak. Otak-otak merupakan makanan khas Riau Kepulauan. Makanan ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Kalau ada yang beli baru deh dibakar tuh, biar aromanya makin mantab dan rasanya makin sedap.

Seruit
Seruit | Foto: tentanglampung.com

Seruit ini asalnya dari Lampung. Makanan ini berupa ikan yang digoreng atau dibakar, lalu dicampur sama sambal terasi, tempoyak atau mangga. Ikan yang biasanya digunakan adalah ikan sungai seperti belide, baung, layis dan sebagainya. Salah satu ikon dari kota Lampung nih, tertarik mencoba? gurih banget sepertinya.

Itu baru sedikit saja dari Sumatera. Masih banyak sekali sebenarnya olahan makanan laut yang sudah menjadi warisan kuliner nusantara di Sumatera.

Sekarang kita coba intip olahan makanan laut di Kalimantan.

Hasil gambar
Kepiting Soka | Foto: daftarmenuresep.blogspot.co.id

Di Kota Tarakan terkenal dengan makanan lautnya, dan khususnya adalah kepiting. Berbagai macam olahan sudah dihasilkan dari hewan yang satu ini. yang paling populer adalah Kepiting Soka. Kepiting ini bisa kita makan keseluruh bagian tubuhnya. Kepiting Soka memiliki cangkang yang lunak sehingga bisa dimakan. Kepiting ini juga bisa di buat camilan atau kerupuk. Wisatawan yang berkunjung ke Kota Tarakan belum lengkap jika tidak mencicipi olahan kepitingnya.

Ikan Asam Pedas | Foto: pontianakpost.co.id

Kalimantan barat punya masakan ikan manis asam pedas yang berbahan dasar ikan kakap merah. Rasa lezat dan maknyus dari masakan ikan asam pedas khas Kalimantan Barat disajikan dengan bahan dan bumbu rempah mantap, ditumis dan meresap kedalam daging ikan kakap merahnya. Perpaduan antara rasa pedas dan asam pada ikan ini menjadi ciri khas yang menggiurkan. Tentunya bahan utama yang digunakan berupa ikan kakap, namun bisa juga diganti dengan ikan nila, ikan tenggiri ataupun ikan gurame. Penasaran, kan ya?

Sotong Pangkong | Foto: pontianakpost.co.id

Sotong pangkong adalah makanan yang terbuat dari cumi yang telah dikeringkan dan dibakar dengan menggunakan arang. Setelah dibakar, cumi ini akan dipukul-pukul (pangkong) dengan menggunakan palu. Tujuannya agar rasanya gurih. Sotong pangkong ini akan lebih nikmat jika dimakan dengan saos cabe dan cuka dengan bahan dasar kacang atau yang akan memperkaya rasa.

Pengkang | Foto: pontianakpost.co.id

Sajian berbahan dasar beras ketan (pulut) dan udang ebi kering ini terkenal dengan kenikmatan yang membuat ketagihan. Cara masak pengkang ini tergolong unik karena beras ketan yang telah diisi dengan ebi kering akan dibungkus daun pisang dan dibentuk menyerupai segitiga. Setelah dikukus, pengkang kemudian dijepit dengan sebilah bambu yang sebelah ujungnya diikat dengan tali bundung dan dibakar. Yuummmy!

Sebentar, pasti sudah lapar tingkat dewa melihat menu makanan laut dari Sumatera dan Kalimantan. Bagaimana dengan olahan makanan laut di Sulawesi ya?

Hasil gambar
Ikan Bakar Rica-Rica | Foto: dentistvschef.wordpress.com

Ikan bakar rica-rica sebenarnya dari Sulawesi Utara. Hanya saja karena dasar orang Sulawesi banyak suka pedas, jadi makanan ini juga banyak di Sulawesi Selatan. Ikan bakar sudah menjadi makanan umum, namun yang membuatnya beda adalah penyajian dan rasa yang bersumber dari olahan rica alias lombok alias cabe. Olahan rica yang bisa berbentuk lombok terasi, dabu-dabu, dan raccak mangga.

Hasil gambar
Kapurung | Foto: hellomakassar.com

Kapurung berasal dari daerah Luwu, Sulawesi Selatan. Makanan ini terbuat dari sari atau tepung sagu. Jika hendak menikmati makanan ini, jangan terkecoh dari bentuknya yang seperti lendir. Kapurung dimasak dengan campuran ikan atau daging ayam dan aneka sayuran yang enak. Di daerah asalnya Kapurung di sebut juga Pugalu.

Hasil gambar
Barobbo | Foto: selerasa.com

Barobbo jika dilihat sekilas sangat mirip dengan bubur, tapi makanan ini terbuat dari jagung dan beberapa rempah tradisional yang semakin menambah kelezatannya. Barobbo akan makin nikmat apabila dicampur rebun bambu dan hasil laut, seperti udang.

Hasil gambar
Pallu Marra | Foto: thetraveljunkie.org

Pallu Mara adalah masakan khas Sulsel yang juga terus diinovasi. Dengan bahan baku ikan, Pallu Mara selalu menampilkan cita rasa yang istimewah. Salah satu makanan Pallu Mara yang laris manis di Makassar adalah Pallu Mara Ulu Juku atau Kepala Ikan. Meski hanya kepala ikan, tapi dijamin jika mencobanya akan ketagihan

Olahan makanan laut dari Maluku dan Papua

Hasil gambar
Gohu Ikan | Foto: geretkoper.com

Makanan khas maluku ini di kenal dengan nama Gohu Ikan yang merupakan sebuah makanan yang di buat dari ikan tuna, dari bahan dasarnya saja kita sudah tahu betapa enaknya makanan khas maluku yang satu ini. Makanan ini juga di kenal dengan nama Sashimi Ternate yang lezat.

Gohu Ikan ini di buat dengan cara daging tuna yang di potong dengan ukuran kecil, kemudian di campur dengan perasan lemon dan garam. Setelah itu di campur dengan daun kemangi yang telah di rajang kecil. Langkah berikutnya yakni menumis cabe rawit, bawang merah dan minyak kelapa. Setelah di rasa panas, kini saatnya mencampurkan ikan tuna dengan tumbukan kacang tanah goreng yang akan menghasilkan cita rasa luar biasa.

Hasil gambar
Ikan Kuah Pala Banda | Foto: pens.ac.id

Dikenal dengan nama Ikan Kuah Pala Banda, makanan khas maluku yang satu ini merupakan makanan yang berasal dari masyarakat kepulauan banda. Yang sangat istimewa dari Ikan Kuah Pala Banda ini adalah kuahnya yang sangat lezat, hal ini di karenakan makanan khas banda ini kaya dengan bumbu rempah yang sudah terkenal sejak jaman dulu.

Ikan Kuah Pala Banda ini dulunya bahkan di sajikan untuk para orang-orang besar yang datang ke kepulauan banda. Rasa kuah sop yang hadir di Ikan Kuah Pala Banda ini sangat segar, perpaduan pedas asam dari makanan khas maluku ini datang dari buah pala yang memang sangat terkenal di sana. Kombinasi dari Ikan Kuah Pala Banda ini yakni di sajikan bersama dengan ikan kakap merah bakar, sambal bekasang dan urap daun pepaya.

Hasil gambar
Ikan Bungkus | Foto: resepharian.com

Makanan khas papua yang selanjutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan khas yang terkenal dengan nama Ikan Bungkus. Makanan yang satu ini di buat dari daun talas ynag berfungsi sebagai bungkus dari makanan ini dan tentu saja di dalam daun talas tersebut di masukkanlah ikan laut. Tidak lupa di dalam bungkusan tersebut di bubuhkan bumbu rempah yang sangat khas dari papua yang bercita rasa asin.

Cita rasa yang asin tersebut ternyata mempunyai fungsi juga sebagai penghilang getah yang terdapat dalam daun talas tersebut. Untuk pemasakkannya yakni dengan cara di bakar di atas api yang teramat kecil hingga di rasa matang. Untuk saran penyajiannya makanan khas papua yang terkenal dengan nama Ikan Bungkus ini sangat lezat jika di konsumsi pada saat masih hangat, rasanya jika anda datang ke Papua sangat wajib untuk mencicipi makanan khas papua yang satu ini.

Hasil gambar
Ikan Bakar Wamena | Foto: cararesepmemasak.blogspot.com

Makanan khas papua yang berikutnya akan kita bahas adalah sebuah makanan yang sangat lezat berasal dari tanah papua. Makanan ini terkenal dengan nama Ikan Bakar Manokwari yang tentu saja dari namanya kita sudah tahu asal dari makanan khas papua ini yakni berasal dari masyarakat manokwari. Yang di gunakan dalam pembuatan Ikan Bakar Manokwari ini biasanya sebagian besar menggunakan ikan tongkol.

Sajian makanan yang lezat berasal dari papua ini sangat layak untuk anda cicipi ketika anda datang ke tanah papua sana. Tentu makanan enak yang berasal dari papua ini di tampilkan cukup berbeda dengan tempat yang lainnya, jika biasanya ikan bakar yang ada di tempat lain di siram menggunakan bumbu kecap, di papua berbeda lagi, ikan bakar yang ada di Papua ini di siram dengan menggunakan sambal yang sangat gurih.

Indonesia timur sudah nih, bagaimana olahan makanan laut di Pulau Jawa dan sekitarnya ya?

Hasil gambar
Sambel Wader | Foto: MasakanDapurku.com

Bagi yang suka sejarah dan orang Indonesia harus tahu sejarah Majapahit. Kerajaan terbesar di Indonesia ini dulu berdiri di Kota Mojokerto. Nah, Mojokerto memiliki makanan khas yang membuat penasaran dan enak tentunya. Nama makanannya adalah sambel wader. Baru denger wader ya? Wader sejenis ikan air tawar yang biasa hidup di sungai. Cukup mudah untuk membuat sambel wader namun ada beberapa khusus sehingga rasanya menjadi nikmat.

Hasil gambar
Pecel Lele | Foto: resepcaramasak.com

Pasti sudah banyak tahu makanan khas Jawa Timur satu ini dan asal daerahnya. Pacel lele, betul sekali itu nama makanannya dan Lamongan adalah nama daerahnya. Ya, begitu fenomenal dan begitu terkenal karena banyak sekali penjual pecel lele yang menyebar di negeri ini. Seperti namanya, pecel lele terbuat dari lele yang digoreng kemudian disantap dengan sambal khas pecel lele dan ditambahkan dengan lalapan seperti daun kemangi dan timun.

 

Mangut ikan Beong
Mangut Ikan Beong | life.viva.co.id

Kalau makanan yang satu ini adanya di Kota Magelang, jadi sempatin deh berkunjung ke kota ini. Kota yang letaknya nggak jauh dari Jogja lho, tempat di mana Candi Borobudur berada.

Di Magelang, Jawa Tengah, kamu bisa mencicipi mangut beong, mangut yang terbuat dari ikan beong. Apa itu ikan beong? Ikan beong kalau dilihat sekilas mirip ikan lele, tapi sebenarnya bukan lele.

Ikan beong merupakan ikan khas yang ada di Sungai Progo, memiliki rasa yang lezat dengan dagingnya yang tidak begitu lembut dan tidak mudah hancur.

Brekecek Khas Cilacap
Brekecek | Foto: travel.kompas.com

Pernah denger nama makanan brekecek ngga? Ini merupakan makanan khas dari Jawa Tengah, tepatnya dari daerah Cilacap. Walaupun namanya kedengaran aneh, tapi kalau udah nyicipin, mungkin kamu bakal ketagihan, atau paling nggak, lidahmu bakal dibikin bergoyang.

Brekecek adalah makanan khas berbahan dasar ikan jahan atau ikan pathak. Tapi ada juga yang yang menggunakan bahan dari kepala ikan laut atau hewan bernama basur atau menthok.

Nama brekecek sebenernya terdiri dari dua kata, yaitu brek dan kecek. Brek memiliki arti dijatuhkan atau diletakkan, sedangkan kecek artinya dikecek atau dicampur dengan bumbu.

Tutut Godok -Makanan Khas Bandung-
Tutut Godok -Makanan Khas Bandung- | Foto: whateverbackpacker.com

Tutut ini merupakan sejenis keong yang ukurannya ada yang kecil dan besar. Umumnya dimasak dengan bumbu yang pedas banyak daun salam dan sereh agar bau amis dalam tutut itu sendiri agar hilang.

Ikan kuah asam khas Kupang sangat mirip dengan sup ikan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sesuai namanya, ikan kuah asam lebih didominasi rasa asam yang menyegarkan sekaligus gurih ikan yang menggoda. Jadi ikan kuah asam merupakan perpaduan dari rasa asam yang segar dan ikan yang gurih menggugah selera.
Ikan Kuah Asam Khas Kupang | Foto: beritagar.id

Ikan kuah asam khas Kupang sangat mirip dengan sup ikan yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Namun, sesuai namanya, ikan kuah asam lebih didominasi rasa asam yang menyegarkan sekaligus gurih ikan yang menggoda. Jadi ikan kuah asam merupakan perpaduan dari rasa asam yang segar dan ikan yang gurih menggugah selera.Ikan kuah asam di Kupang berbahan dasar ikan karang yang segar hasil tangkapan nelayan tradisional dari pelabuhan Tenau. Ikan dari Teluk Kupang menghasilkan kuah kaldu yang lezat saat dipadukan dengan bahan-bahan bumbu yang sederhana. Ada pula orang yang suka menambahkan potongan wortel dan kentang sebagai pelengkap ikan kuah asam.

Apa lagi ya? Hmm, sebenarnya nih, kalau ngomongin warisan kuliner laut nusantara itu ngga bakal habis dalam satu postingan. Aku pikir postingan ini hanyalah sebagian kecil rekaman warisan kuliner laut nusantara yang patut kita banggakan. Selain itu, jika sedang berkunjung ke salah satu destinasi di atas, jangan lupa cari itu olahan makanan laut yang khas di daerah tersebut. Dijamin akan merasakan pengalaman yang berbeda.

 

Referensi:

  1. http://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/sate-lokan-sajian-khas-pesisir-yang-menggoda-selera
  2. https://cookpad.com/id/resep/178723-lempah-kuning-khas-bangka
  3. http://masfikr.com/ini-dia-makanan-khas-dari-10-daerah-di-sumatera
  4. http://resepmasakanrumahan.com/resep-ikan/resep-masak-ikan-manis-asam-pedas-khas-kalimantan-barat
  5. http://www.pontianakpost.co.id/olahan-seafood-khas-kalimantan-barat
  6. http://www.wisatakaltara.com/2013/12/wisata-kuliner-khas-kalimantan-utara.html
  7. http://www.masakandapurku.com/2016/02/resep-membuat-parepe-ikan-khas.html
  8. http://bicara.id/30-makanan-yang-wajib-dicicipi-di-sulawesi-selatan
  9. http://halomuda.com/makanan-khas-maluku
  10. http://halomuda.com/makanan-khas-papua
  11. http://sobatinfo.com/makanan-khas-jawa-timur-paling-banyak-dicari
  12. http://www.tandapagar.com/makanan-kuliner-khas-bandung
  13. https://beritagar.id/artikel/piknik/ikan-kuah-asam-dan-daging-sei-khas-kupang
  14. http://masfikr.com/ini-dia-makanan-khas-jawa-tengah-yang-harus-kamu-cobain

http://microsite.detik.com/minisite/assets/projects/jelajahgizi2016/images/logo.png

ALAM

6 thoughts on “Merekam Warisan Kuliner Laut Nusantara

Berikan Komentar