Merengkuh Kebersamaan Empat Tahun

4th Plat-M

Menjadi Klebun Plat-M selama lebih dari empat tahun adalah sesuatu yang berharga bagiku. Banyak hal yang bisa kupetik dan kupelajari dari komunitas ini. Lebih dari sekadar komunitas, Plat-M sudah menjadi bagian dari hidup. Terlalu banyak kisah menarik yang tak akan muat jika ditulis dalam satu postingan. Baca saja buku Catatan Keyboard yang menjadi saksi perjalanan Plat-M selama tiga tahun terakhir.

Plat-M dahulu tidak seperti yang sekarang. Sudah banyak anggotanya. Tersebar di empat kabupaten di Madura. Bahkan, bisa menjadi komunitas blogger daerah tersebar di nusantara karena komunitas ini mencakup empat kabupaten sekaligus: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep.

2010: Mengenalkan Plat-M kepada dunia

Aku masih ingat bagaimana kopdar pertama di bulan Januari 2010. Musim penghujan, aku sudah membawa tikar lipat dari rumahku di Kamal ke alun-alun Bangkalan yang berjarak 24 Km, menembus hujan rintik-rintik di malam hari kala itu, aku hanya ingin membuktikan bahwa seorang klebun tidak boleh telat apalagi pecundang karena hanya takut pada hujan. Aku berangkat dengan semangat membara karena sudah kukirim SMS ke semua anggota, kutempel pengumuman di setiap sudut kampus, bahkan kuselipkan di setiap sepeda motor yang hadir di kampus, berharap semuanya berkumpul di alun-alun dan kopdar perdana Plat-M bisa ramai.

Dan, ternyata saat aku sampai di alun-alun, tak ada satupun yang datang. Aku hanya menikmati kopi panas dekat alun-alun sendirian, tanpa seorangpun yang berani keluar dari dinginnya malam. Ya, kopdar perdana itu hanya dihadiri dua orang saja. Saya dan Itsnain.

Kisah itu terus saja berlanjut dari hari ke hari. Komunitas yang masih seumur jagung ini sudah bisa datang ke acara kumpul blogger tingkat nasional. Adalah Amprokan Blogger 2010, acara pertama yang kami ikuti. Empat orang Plat-M datang ke Bekasi dengan membuntuti saudara tuanya, Blogger Surabaya (TPC).

Acara di Bekasi itu seperti memberikan aura positif bagi Plat-M, kami bergeliat. Beberapa program terbuat secara mendadak begitu saja. Ngompol Bareng, Lenjelen Bareng dan OTEMA adalah nama program menarik yang tercipta berkat mengikuti acara Amprokan Blogger.

2010 adalah ajang bagaimana kita eksis dan mengenalkan Plat-M ke kancah nasional. Kami mengikuti beberapa acara. Skala kecil ataupun besar. Amprokan Blogger, Sharing Online Lan Offine dan Pesta Blogger adalah event besar yang pernah Plat-M ikuti untuk mengenalkan komunitas ini kepada teman-teman sesama blogger di Indonesia. Puncak 2010 adalah saat kami dipercaya menjadi salah satu kota penyelenggara roadshow mini pesta blogger 2010. Ini adalah acara pertama kita mengundang orang. Ah, banyak kisah di event ini. Plat-M berhasil mengenalkan dirinya sebagai komunitas blogger di Madura.

2011 menyajikan kisah yang lebih menantang daripada 2010. Jika di tahun pertama, Plat-M hanya bisa mengadakan satu event saja, lebih banyak menjadi follower, namun di 2011 ada banyak event besar yang diadakan. Eksistensi sebuah komunitas terlihat ketika berhasil menyelenggarakan sebuah event, dan sukses membranding komunitasnya lewat sosial media. NgabuburIT dari Internet Sehat, Sharing Keliling dari SalingSilang, ASEAN Blogger Conference 2011 di Nusa Dua, Bali, mengikuti FGD di Jakarta hingga menjadi bagian dari event terbesar di tahun itu: Blogger Nusantara 2011 di Sidoarjo. Perlahan, Plat-M tumbuh dewasa dan 2011 menjadi tahun Menduniakan Madura lewat berbagai event yang diadakan atau diikuti. HUT kedua menjadi istimewa karena dihadiri oleh CEO Idblognetwork dan beberapa teman #BN2011 seperti Rara, Gempur, Labib, dsb.

2012 menjadi tahun kita untuk toron tana, atau dalam bahasa Inggrinya down to earth. Kita merasa sudah cukup untuk narsis dan eksis di dunia luar, kita harus lebih narsis di Madura. Bagaimanapun, kita tidak mau orang Madura belum mengenal Plat-M. Maka dari itu, 2012 menjadi pembangunan jejaring di Madura, di empat kabupaten. Konsep cabang di setiap kabupaten dikemas menjadi RT. Cabang Pamekasan disebut RT Pamekasan, dan ketuanya dipanggil Pak RT.

RT Pamekasan, Bangkalan dan Sampang terbentuk terlebih dahulu.

Beberapa event lokal di Madura digalakkan seperti #EduAXIS, #NgompolBareng, #LenjelenBareng, #OTEMA, #NgabuburIT di dua kabupaten hingga roadshow untuk UKM di Madura yang digelar dengan tajuk 4 kabupaten 5 workshop. Acara terbesar di tahun 2012 adalah Blogilicious Madura. Dihadiri 300 orang, acara ini sukses digelar dua hari dan tidak lagi di kampus UTM. Karena kami ingin menghapus image sebagai komunitas kampus.

Meski fokus di acara lokal Madura, Plat-M juga sering berkontribusi untuk event-event luar. FGD jilid 2 diikuti Plat-M, Festival TIK di Bandung, hingga Blogger Nusantara 2012 di Makassar. Ah, semakin mendunia saja komunitas ini. Tahun 2012 ditutup manis di Sumenep. Pantai Lombang menjadi saksi 3 tahun umur Plat-M sekaligus menjadi tempat peluncuran buku Catatan Keyboard. Sebuah catatan sederhana tentang perjalanan komunitas ini.

Awal tahun 2013 kita sudah disibukkan dengan menghadiri beberapa acara keren. Meski konsep tahun ini adalah mengeratkan jejaring di Madura, kami tidak bisa lepas dari kegiatan di luar Madura. ASEAN Blogger Festival Indonesia adalah event luar perdana di tahun 2013, diadakan di Solo, kami lagi-lagi mengirimkan delegasi terbanyak kala itu. Sebelum acara ini, kami melakukan hal luar biasa yang sampai detik ini, aku belum percaya, Plat-M mengadakan event Karapan Sapi di Bangkalan. Membantu Perkasa dalam mengadakan acara diluar kebiasaan kita ini memberikan banyak pelajaran penting. Kami bangga, pernah menjadi bagian untuk penyelamatan budaya dan tradisi Madura ini.

Juli 2013, bulan Ramadhan, kami mengadakan beberapa acara, #OleTakjil dan #NyareMalem. #OleTakjil adalah acara bagi-bagi ta’jil di pintu masuk Suramadu bekerjasama dengan restoran Ole Olang. Sedangkan #NyareMalem adalah event NgabuburIT yang diadakan di dua kabupaten: Pamekasan dan Bangkalan. Ini semua untuk tujuan utama tahun 2013: mempererat jejaring di Madura.

September – November menjadi bulan sibuk bagi Plat-M. Kami mengadakan #LenjelenSumenep untuk mengeksplorasi kepulauan Sumenep. Gili Iyang dan Gili Labak menjadi pulau pertama yang dikunjungi, kami menemukan banyak keindahan tersembunyi di sana. Selain menduniakan Madura lewat konten-konten positif tentang Madura, kami tidak lupa tujuan kami 2013: memperat jejaring di Madura, karenanya pada November 2013, dengan bangga kami sudah punya empat RT di empat kabupaten di Madura. RT Sumenep terbentuk. Dan November ditutup dengan kisah #BN2013 di Yogya yang juga dihadiri oleh RT Sumenep.

Kisah 2013 ditutup dengan acara #4thPlatM di Pamekasan. Acara ini kemas berbeda. Tidak ada sponsor, tidak ada target peserta, tidak ada tuntutan ini itu, acara ini murni untuk anggota Plat-M. Tertutup untuk anggota saja. Tujuan jelas:  mempererat jejaring di Madura. Acara #4thPlatM dikonsep pelatihan dan outbond.

Pelatihan untuk meningkatkan kualitas SDM Plat-M. Diadakan di BLC Telkom Pamekasan dan mengundang pembicara keren seperti Indah Juli dan Pak Gempur.

Outbond digelar untuk mendekatkan jarak antar empat RT di Plat-M. Mempererat jalinan persaudaraan antar anggota Plat-M. Tidak ada lagi skat, tidak ada lagi rasa tidak saling kenal. Semuanya menjadi satu dalam satu wadah: Plat-M.

Kebersamaan yang tertuang di atas, kisah demi kisah tidak akan datang dan berhasil begitu saja. Ada banyak peran dari anggota-anggota Plat-M. Aku tidak sendirian, ada 9 deklarator, ada tim kreatif, ada empat Pak RT, ada Darul, Raden, Slamet, Itsnain, Dendi, Awi, Gunawan, Dedy, Toyik, Erna, dan semua teman yang ngga mungkin saya sebutkan satu persatu.

Selamat ulang tahun ke-empat, Plat-M!

 

ALAM

5 thoughts on “Merengkuh Kebersamaan Empat Tahun

  1. Selamat ulang tahun, Plat M! Tambah sukses dan keren aja! Next time undang-undang komunitas Blogger Ngalam ya, khususnya yang ke pantai Madura 😀

  2. Selamat ulang tahun Plat M, tambah sukses dan makin solid deh.. kapan nih aku diajakin jalan ke pantai madura.. *siapin peralatan landscape* :p

Berikan Komentar