Mulailah Berpikir Hemat Energi

Model: mdarulm.com

Pergi ke kampus menggunakan motor, pergi ke kantor menggunakan mobil, memang suatu kegiatan yang sangat memanjakan kita semua. Bahkan kita berlomba dalam membeli kendaraan bermotor untuk masing-masing anggota keluarga, akibatnya garasi penuh dengan kendaraan bermotor roda dua ataupun roda empat. Kita terbelenggu dengan comfort zone yang kita rasakan setiap hari. Kita tidak memerhatikan seberapa sering kita menggunakan kendaraan bermotor setiap hari. Pernahkan kita berpikir kalau kita selama ini dimanjakan dengan kecanggihan mesin yang dengan sabar mengantarkan kita kemanapun kita pergi. Kita akan jengkel jika kita tidak bisa berpergian dengan menggunakan motor atau mobil, kita pasti berpikiran akan memakan waktu lebih lama dan sangat menyiksa tubuh. Kita akan jengkel jika macet parah menjadi pencegal di pagi hari dan sore hati ketika semua orang berangkat kerja dan pulang kerja.

Pernahkan anda berpikir tentang biaya dan dampak dari rutinitas yang anda anggap biasa bahkan sudah menjadi keharusan bagi beberapa kalangan untuk memakai kendaraan bermotor. Pernahkan berpikir berapakah energi yang harus dikeluarkan oleh satu kendaraan ketika harus memutari kota sepanjang hari selama 30 hari berturut-turut sampai 12 kali yang artinya selama setahun. Pernahkan anda berpikir berapa kali anda ke SPBU untuk mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM) kendaraan anda. Pernahkah anda berpikir darimanakah bensin, solar, minyak tanah itu dihasilkan. Tidak pernah! Nyaris lupa akan darimana Bahan Bakar Minyak (BBM) yang selalu mengalir di tangki motor atau mobil mewah kita, yang kita tahu adalah kita membeli BBM dan menikmati fasilitas yang menggunakan (Bahan Bakar Minyak) BBM ini.

Marilah mulai saat ini, mulai sekarang, mulai detik ini, kita membuat sebuah perjanjian pada diri sendiri untuk menghentikan atau minimal mengurangi intensitas penggunaan kendaraan bermotor. Marilah kita meningkatkan kesadaran akan keterbatasan energi yang dipunyai bumi ini. Bersama-sama menghemat energi bumi dan membantu melestarikan keberadaan energi yang tersisa di bumi ini untuk para anak-cucu kita di kemudia hari  Karena sebenarnya selama ini kita ini sangat boros energi. Bumi ini sudah sangat tua, dan energi yang dimilikinya juga sangat terbatas. mulailah dengan langkah-langkah kecil seperti menggunakan sepeda “onthel” untuk pergi ke tempat-tempat terdekat. Selain ramah lingkungan juga sangat menghemat energi. Kita juga harus mulai berpikir bagaimana jadinya jika minyak mentah di bumi ini habis?

ALAM

2 thoughts on “Mulailah Berpikir Hemat Energi

  1. Ngapain juga mesin pake bersabar masbro? Matikan lampu kalau ga dipake, cabut cas hape setelah selesai, matikan lampu kamar pas tidur atau ga di kamar, yg sederhana aja dulu.

Berikan Komentar