Pengantar Catatan Keyboard

Launching Buku Catatan Keyboard

Jum at malam, 22 Desember 2009, saat saya menjalani semester ketiga, sembilan manusia, yang kesemuanya laki-laki berkumpul untuk mengambil keputusan. Keputusan mahadahsyat nan penting harus kami ambil malam itu. Terpaksa, musibah, atau apapun kata yang mendeskripsikan keputusan sembilan manusia itu, menunjuk saya sebagai ketua Plat-M. Ada rasa cemas, takut, ragu bercampur aduk dengan rasa tertantang membuncah di pikiran ini saat pasrah menerima amanah dari sembilan manusia yang kami beri nama Deklarator Plat-M.

Sore itu, 23 Desember 2009, saat sinar matahari sore sudah sayu menjadi titik awal komunitas Plat-M untuk memulai hari, membuka cakrawala dunia, menantang keindahan langit Madura, dan menduniakan Madura. Hari di mana saya memberikan sambutan kali pertama sebagaiketua Plat-M dengan suara terbata-bata dan begitu singkat.

Tanpa terasa sudah tiga tahun menggenapkan perjalanan kami. Saya masih belum merasa menjalankan amanah sembilan deklarator dengan sempurna, namun yang pasti, tiga tahun seperti goresan pena berbagai warna di atas lembaran kertas putih. Ada cerita dan kisah begitu indah selama tiga tahun ini. Kisah saat kopdar pertama kali, tak ada satupun teman-teman yang datang meski sudah promosi besar-besaran di kampus UTM, cerita saat kami len-jelen ke sebuah objek wisata di Madura, menikmati kuliner dengan bungkusan senyuman anggota. Kisah saat bersesak-sesakan, melipat tubuh karena kursi 90 derajat di kereta api kelas ekonomi demi mengikuti sebuah acara blogger di Jakarta. Saat di mana ada cerita ketika menghitung lembaran-lembaran rupiah, hasil berjualan produk lokal Madura di acara kopdar blogger nasional, dengan suasana penginapan dan penuh keakraban kami menyatukan semua uang yang kita punya, ditambah hasil berjualan demi untuk bersama-sama pulang ke Madura.

Kisah saat 43 blogger menyerbu kota Solo dengan kereta api dan sepulangnnya menyewa satu bis khusus jurusan Solo-Surabaya. Teringat waktu berdo’a dengan penuh khusyu’ dengan posisi menyulurkan tangan, dan saling bersentuhan, menyatukan tekat, juga semangat, diakhiri saat saya menyebutkan: “Komunitas Blogger Madura?” serentak kami menjawab: “Plat-M!” seraya melepas keras tangan ke atas langit, berlatarbelakang pemandangan Jembatan Suramadu di malam hari. Saat Plat-M sudah mempunyai anggota di setiap kabupaten. Ketika benar-benar menjadi komunitas blogger Madura yang sesungguhnya. Dan kami semua berjanji untuk bergandengan tangan, bersama-sama, menduniakan Madura! Pun masih banyak kisah indah yang tertuang dalam buku ini.

Daripada hanya sekadar tersimpan rapi di blog, cerita dan kisah itu tak akan terbaca apalagi mengenangnya. Buku ini akan menjadi album kenangan yang berisi kisah dan cerita Plat-M selama memperkenalkan komunitas ini ke luar, menyerukan akan keindahan alam yang dimiliki Madura, menuliskan konten-konten positif tentang Madura, saling bekerjasama untuk membuat acara memperkenalkan dunia IT ke masyarakat Madura berkelana lewat Len-jelen Bareng, narsis saat Ngompol Bareng, dan juga saat beraktivitas yang diawali dengan bunyi ketukan keyboard dan diakhiri dengan menekan tombol post pada dahsboard blog.

Dibantu seorang sahabat bernama Fendi dengan laptop pinjamannya, saya merangkum lagi ratusan tulisan itu. ada banyak tulisan dengan gaya berbeda-beda tersimpan begitu saja di hosting blog Plat-M. Kami berdua hanya memperbaiki kalimat, tanda baca, dan istilah yang kurang tepat. Kami rangkum dalam sebuah buku sederhana ini. Catatan keyboard yang berisi rekaman jejak kehidupan Plat-M selama tiga tahun. Rasa persaudaraan, persahabatan, dan kekeluargaan bercampur dengan hembusan angin kencang yang melintasi Jembatan Suramadu, berhembus rindang di Goa Lebar, berputar-putar di atas Arek Lancor hingga berakhir di Pantai Lombang. Memang, terlalu manis memang untuk dilupakan. Daripada hanya tersimpan lapuk dan berdebu, semoga bisa terkenang sebagai tinta perjalanan hidup.

*buku Catatan Keyboard dapat dipesan di nulisbuku.com

ALAM

5 thoughts on “Pengantar Catatan Keyboard

  1. hehe …
    Sesepuh Plat-M sudah nongol semua ya
    ayo, yang mau bantu-bantu untuk menambah gregetnya. Syaratnya baca dulu bukunya, lalu buatlah gimana agar kesannya lebih pas membaca sesuai alur yang kalian lewati.

    Ganbatte aja ya !

Berikan Komentar