Pesan Tiket Lion Air dengan ATM

Karena sebuah acara mengharuskanku harus pergi ke Jakarta menggunakan pesawat. Beberapa kali ke Jakarta selalu menggunakan jalur darat dengan ular besi bernama kereta api. Kereta bisnis dan ekonomi sudah aku rasakan untuk menempuh perjalanan selama belasan jam menuju Ibukota. Ini akan menjadi momen pertamaku terbang di atas tanah air Indonesia. Sejak ada kepastian, aku melakukan riset mulai dari bagaimana cara membeli tiket sampai bagaimana alur untuk naik pesawat.

Untuk membeli tiket pesawat dari Surabaya-Jakarta ternyata harus pesan jauh-jauh hari, karena berbeda dengan tiket kereta api dan tiket kapal fery Surabaya-Madura yang biasa aku gunakan, harga tiket pesawat berubah secara dinamis mengikuti hari penerbangan. semakin dekat dengan hari penerbangan, maka akan semakin mahal. Minimal harus sudah booking tiket pesawat H-14 dengan begitu harapannya bisa mendapat tiket pesawat yang lebih murah dengan harga miring, akan lebih beruntung jika ada promo yang diadakan oleh masing-masing maskapai.

Karena tiket berangkat sudah booking tiket pesawat lewat agen travel dekat rumah dan kalau melihat caranya tidak jauh berbeda seperti apa yang sudah aku riset tentang bagaimana beli tiket pesawat, yaitu via internet. Hanya saja travel sudah punya akun dan jalur khusus sehingga tidak mengalami kesulitan untuk membayarnya.

Aku putuskan untuk mencoba beli tiket pulangnya sendiri via Internet lewat ATM, karena belum mengaktifkan Internet Banking, terpaksa aku harus via ATM saja. beberapa maskapai hanya menerapkan penjualan online dengan sistem pembayaran hanya Internet Banking.

Aku cari di situs web beberapa maskapai dengan jadwal yang sudah aku inginkan, dapatlah pesawat Lion air dengan harga promo. Tanpa berpikir pakai rumus matematika, aku langsung menekan tombol “Book” dan memilih untuk membayar via ATM.

Setelah booking tertera booking code/kode booking, pay code/kode bayar, nama, jadwal penerbangan, dan jumlah total tiket di eTicket yang harus kita  bayar. Muncullah pertanyaan besar di dalam otakku, terus bagaimana cara kirim uangnya? di eTicket tidak ada nomor rekening BNI yang harus aku transfer sesuai dengan total harga yang dibayarkan untuk membeli tiket pulang Jakarta-Surabaya, apalagi yang dibayarkan tidak sedikit kalau diukur dengan parameter dompet seorang mahasiswa sepertiku.

Setelah mencari beberapa referensi bantuan mbah Google, aku putuskan untuk mencatat kode booking, kode bayar dan total harga kemudian meluncur ke ATM untuk nekat membayar meksipun ada keraguan dan ketidaktahuan, tapi berangkat sajalah! sampai di ATM, masukkan kartu, pilih bahasa, masukkan pin, pilih transaksi lainnya, eh ternyata sudah ada menu untuk “pembayaran”. di dalam menu pembayaran ada beberapa menu lagi. ada listrik, telepon, tiket, dll *lupa*. Tanganku langsung mengarah pada tombol tiket, di dalam menu tiket ada sub menu pesawat, kereta api, kapal laut, bis dll. Aku pilih tombol pesawat, kemudian pilih LION AIR. Dan memasukkan dua kode di catatan kecil yang sudah aku bawa dari rumah. Ternyata sudah ada namaku, jadwal, dan kode penerbangan di layar, kemudian pilih lanjut dan keluarlah tiket dari mesin ATM. Ini adalah tiket pulangku, aku simpan dengan baik. Kalau kertas kecil ini hilang, pasti tidak bisa pulang ke Surabaya.

Aku pulang, dan kembali membuka laptop hitamku yang masih terkoneksi ke USB modem, aku buka tab email, dan ternyata sudah ada eTicket di emailku. Karena aku sudah mendaftar di maskapai LION AIR dan sudah booking tiket, muncullah eTicket di inbox webmailku yang harus aku print dan juga petunjuk naik pesawat. Aku print eTicketnya dan aku simpan baik-baik dan tidak lupa membawanya berangkat ke Jakarta. Ikuti perjalananku di Jakarta.

37 Comments

Berikan Komentar