Samsung Galaxy Note 5: Listening to You!

“We serve you by listening to you with trust to you.”
JK SHIN, Presiden & CEO Samsung Electronics

Begitulah kalimat pertama yang dilontarkan JK Shin, Presiden & CEO Samsung Electronics saat presentasi di acara Samsung Unpacked 2015 di New York pada Kamis, 13 Agustus 2015 lalu. Dua phabet terbaru mereka diperkenalkan pada acara tersebut.

Aku langsung kepincut melihat Samsung Galaxy Note 5 yang menjadi salah phabet yang diperkenalkan. Inilah generasi kelima seri Galaxy Note. Ah, sepertinya aku telah jatuh cinta pada pandangan pertama.

Stay ahead of the curve.

Kecintaanku berawal saat melihat lengkungan cantik yang terlihat di kedua sisinya. Berbeda dengan edisi Note sebelumnya yang lebih mengotak, Samsung Galaxy Note 5 hadir begitu futuristik. Apalagi dengan sentuhan ajaib warna Gold Platinum, semakin menegaskan kemewahannya. Selain Gold Platinum, pilihan warna lainnya ialah Black Sapphire, White Pearl dan Silver Titanium.

samsung galaxy note 5
Samsung Galaxy Note 5 yang begitu elegan. (Sumber foto: inet.detik.com)

Masih dengan ciri khas tombol menu di bagian bawah, Samsung Galaxy Note 5 membentangkan layar Quad HD Super Amoled seluas 5,7 inch dengan bezel yang lebih tipis dari adiknya. Artinya layarnya terlihat begitu luas dan nyaman untuk membantu aktivitas penggunanya. Kualitas Quad HD Super Amoled siap menghadirkan efek ‘mengambang’ di atas layar. Seperti menyentuh kelembutan air yang bening.

Untuk yang suka melihat video HD, resolusi 2.560×1440 pixel dan kepadatan pixel 551 ppi (pixel per inch) rasanya akan membuat betah berlama-lama di hadapan layar. Bagaimana tidak, kepadatan pixelnya siap memanjakan mata yang memandang. Kalau sudah begini, bakal ngga terasa dua jam mantengin video-video keren di Youtube.

Di bagian belakang, desain bodinya terlihat begitu seksi dengan material kaca. Selain itu, phabet ini mengusung desain unibodi yang berarti baterai tidak bisa dilepas. Dengan berat hanya 171 gram, membuatnya nyaman dibagai kemana saja.

Sihir Samsung Galaxy Note 5 pun dimulai dari desain futuristik dan kualitas layar yang memukau.

Powerful and lose the cord

Kecepatan berlari Samsung Galaxy Note 5 ngga perlu diragukan. Memakai prosesor Exynos 7420 SoC Octa Core ( 2,1 GHz Quad + 1,5 Ghz Quad) 64 bit fabrikasi 14 nm serta dilengkapi dengan RAM 4 GB telah menjadikan salah satu phabet Android paling powerful saat ini.

Artinya ada delapan processor yang ditanamkan dalam satu phabet. Mirip seperti dibantu kecepatan delapan kuda sekaligus. Tanpa ragu membantu pengguna menjalankan setiap aplikasi untuk menunjang berbagai aktivitas.

Prosesor Exynos merupakan salah satu prosesor terbaik yang dikenal jarang overheat. Ngga perlu takut phabet kepanasan saat menggunakan banyak aplikasi dalam suatu waktu, seperti media sosial, chatting, buka Youtube, Skype dan bermain game.

Kecepatan berlari yang ngga perlu diragukan!

Bagi yang suka lupa membawa charger kabel, Samsung Galaxy Note 5 sudah dilengkapi solusi wireless charging yang akan cocok dengan standar WPC dan PMA. Artinya sudah ngga perlu ribet lagi dengan kabel charger atau galau ketika lupa membawanya.

Kapasitas baterai yang besar, 3000 mAH cukup untuk membantu menyelesaikan pekerjaan sehari-hari. Apalagi dengan adanya teknologi pengisian daya cepat (fast-charging), cerita butuh waktu lama untuk mengisi baterai, kini sudah tinggal cerita.

http://www.samsung.com/common/promotions/galaxy/note5/features/kv_sub6_feature01.jpg
Teknologi wireless charging (Sumber foto: samsung.com)

Media penyimpanan di dalamnya bisa dipilih antara 32 GB, 64 GB dan 128 GB. Sama seperti Samsung Galaxy S6, phabet ini tidak menyediakan slot microSD. Namun 128 GB sudah sangat cukup untuk menyimpan berbagai foto, video atau musik sekaligus.

Teknologi lain yang disematkan di Samsung Galaxy Note 5 adalah Samsung Pay. Teknologi memungkinkan kita untuk melakukan pembayaran secara elektronik menggunakan NFC atau pun MST (Magnetic Secure Transmission). Untuk mengamakan teknologi ini, phabet ini sudah dibekali sensor sidik jari. Ke depannya kita ngga perlu lagi menggunakan uang cash, atau banyak kartu untuk melakukan pembayaran. Cukup menggunakan ponsel, pembayaran pun mudah dilakukan.

samsung galaxy note 5 s-peb
S Pen Samsung Galaxy Note 5 (Sumber foto: inet.detik.com)

S Pen: ‘Tongkat Sihir’ dari The New Galaxy

Salah satu yang membuat seri Galaxy Note menjadi favorit karena adanya S Pen. Kali ini, Samsung mendesain S Pen yang berbeda dari Galaxy Note 4. Ada beberapa perubahan mendasar yang diterapkan di Samsung Galaxy Note 5. Sekarang untuk mengeluarkan S Pen dari sarangnya, ngga perlu lagi bersusah-susah mencongkel, cukup sekali klik, maka S Pen akan keluar dan ‘sihir’-nya pun siap digunakan.

Lebih kerennya lagi, S Pen dapat langsung digunakan meskipun layar sedang tidak aktif. Tinggal mengeluarkan S Pen dan langsung menggoreskannya di atas layar yang masih hitam, maka tulisan akan terlihat dan dapat langsung disimpan ke memo. Hal ini penting jika sedang membutuhkan media untuk sekadar menuliskan sesuatu hal dengan cepat.

Bagi yang suka mengolah file PDF, Samsung Galaxy Note menyediakan fitur yang dapat mengedit file PDF dan langsung menyimpannya. Sebagai ilustrasi, Justin Denison, Vice President Product Strategy & Marketing Samsung Electronics America mempraktikkan di depan wartawan dan peserta Samsung Unpacked 2015, bagaimana ia menerima surat yang harus segera ditandatangani, ia memberikan tandatangannya di file PDF, lalu menyimpannya kemudian dikirim ulang, dan itu langsung dilakukan di atas tangan. Tanpa melibatkan kertas sedikit pun.

Konsep Go Green sudah menjadi isu yang diterapkan Samsung. Hal ini juga yang dikatakan JK Shin diawal presentasinya, ia mengatakan Samsung sangat konsern menyelamat bumi dan isinya.

Sihir S Pen masih belum berhenti di situ, dengan fitur scroll capture, S Pen mampu meng-capture artikel atau gambar yang panjang dalam satu file. Sehingga ngga perlu terpotong jika harus mengcapture artikel yang panjang di browser.

Smart Multitasking, Smart Activity

Multitasking. Semua aktivitas sehari-hari manusia ngga jauh dari multitasking. Membaca berita, ebook, mengirim Whatsapp, hingga menonton Youtube biasa dilakukan dalam suatu waktu. Meski sekadar wasting time, tentu akan sangat membantu kinerja jika perpindahan dari aplikasi ke aplikasi lain dapat berjalan begitu cepat.

Teknologi Smart Multitasking yang disediakan, memungkinkan kita melihat Youtube sambil membaca email yang masuk. Rasanya fitur ini susah dilakukan oleh phabet keluaran setahun yang lalu. Salah satu teknologi baru yang disematkan di Samsung Galaxy Note 5.

Bagiku, yang paling penting ada pada suatu phabet adalah kualitas kamera. Yes, apalagi jika aku traveling ke tempat keren di Indonesia, butuh kualitas kamera mumpuni untuk mengabadikan setiap momen. Akan lemas lunglai jika kamera yang kita gunakan tidak mendukung atau biasa-biasa saja. Samsung Galaxy Note 5 dilengkapi kamera belakang 16 Megapixel OIS (F1.9) dan kamera depan 5 Megapixel (F1.9). Dengan spesifikasi kamera yang ciamik, memungkinkan kita bisa memotret bagus meski dalam kondisi temaram. Spesifikasi ini sudah melebihi kualitas kamera saku yang biasa aku pakai.

Selain itu kamera Samsung Galaxy Note 5 semakin lengkap dengan OIS (Optical Image Stabilization), fitur ini memudahkan untuk menangkap gambar lebih fokus dan tajam dari biasanya, meskipun objek yang difoto dalam keadaan bergerak. Selain itu, kamera phabet ini mampu mengambil video dengan resolusi 2160 Pixel. Terasa lebih sempurna dengan teknologi Video Digital Image Stabilization pada kamera depan dan belakang.

Untuk urusan fotografi dan videografi, Samsung Galaxy dibekali kamera yang prima.

Untuk yang suka mengedit video, Samsung menyediakan Video Collage Mode, membuat pengguna dapat merekam dan mengedit video pendek dengan mudah dalam beberapa frame dan menggunakan pilihan efek yang sudah disediakan. Jodoh sekali untuk yang suka merekam video perjalanan atau kegiatan seru sehari-hari. Benar-benar pasangan yang bagus untuk Traveler, kan?

Jangan puas dulu. Masih banyak fitur dan teknologi yang lain. Samsung Galaxy Note 5 juga begitu memanjakan pengguna yang suka merekam video. Live Broadcast merupakan hasil kolaborasi Samsung dan YouTube untuk mengakomodir pengguna melakukan live stream Full HD. Lebih kerennya lagi dapat langsung ditayangkan YouTube secara Live!

Sekarang ke bagian utilitas. Fitur lainnya yang disediakan Samsung untuk Galaxy Note 5 adalah Side Sync. Ini memang bukan teknologi yang baru, tapi update dari seri sebelumnya, yang masuk tahap pengembangan edisi yang keempat.

Sederhananya, kemampuan fitur ini adalah untuk menghubungkan semua gadget, tak harus bermerek Samsung. Beda dengan versi sebelumnya yang hanya bisa terkoneksi sesama Samsung. Tetapi kini, Samsung tak lagi menutup diri dan membuka pintu Side Sync dengan sistem operasi dari merek lain.

Segudang fitur dan teknologi yang disematkan di Samsung Galaxy Note 5 ngga akan berlebihan jika phabet ini akan menjadi yang terfavorit di tahun ini.

Melalui Samsung Galaxy Note 5, Samsung semakin menegaskan komitmennya untuk mendengarkan penggunanya. Setiap perkembangan produk, fitur dan layanannya terus dikembangkan berdasarkan kebutuhan pengguna. Seperti kutipan presentasi JK Shin di awal presentasinya: We serve you by listening to you!

Untuk mendapatkan informasi paling update atau bahkan pre-order dapat mengunjungi GalaxyLaunchPack.com

Selamat datang untuk Samsung Galaxy Note 5, penghuni baru yang datang dari galaksi lain!

ALAM

Berikan Komentar