Sharing Arek Lancor hingga SMK Miftahul Qulub

Sharing tentang internet dan sosial media itu selalu mengasyikkan. Semakin asyik jika diadakan di tempat baru. Akan lebih banyak mengenal orang-orang baru, suasana baru, dan akan memberikan semangat baru juga dalam diri, terutama diri saya.

Akhir tahun kemarin, sharing tentang blogging di kampus UNP Kediri merupakan sebuah kesempatan yang sangat menarik. Ditambah, bisa menikmati wisata alam di sekitar lokasi diadakannya sharing. Seperti mendapatkan kepuasan berlipat ganda.

Kemarin, awal April. Bukan AprilMob, tetapi memang sudah dijadwalkan. Setelah sempat beberapa kali menolak karena memang jadwal yang susah diajak kompromi, akhirnya saya menyempatkan diri untuk hadir dalam acara workshop tentang Internet, Social Media dan Blogging yang digagas oleh SMK Miftahul Qulub Pamekasan.

Artinya, untuk sekian kali, saya berkunjung lagi ke Pamekasan. Kabupaten yang berdempat dengan Sampang dan Sumenep ini seperti punya ikatan batin dengan saya. Mungkin, karena saya pernah menetap selama 27 hari di sana dalam rangka KKN 2012.

Senin, 8 April 2013 saya pilih sebagai waktu yang pas untuk hadir di SMK Miftahul Qulub. Saya juga merasa tidak enak dua kali menunda undangan dari Mbak Novi yang juga teman satu kampus dari Universitas Trunojoyo Madura.

Saya memilih berangkat Minggu siang. Sengaja memang, saya ingin kopdar dengan teman-teman Plat-M yang berada di Pamekasan. Terakhir sharing dengannya adalah saat Bisnis Madura Go Online di akhir Desember lalu. Selain itu, saya juga menepati janji untuk nonton bareng film Linimassa 2. Niat sudah bulat, saya rela membawa LCD Projector seberat 3 kilogram berkumpul dengan laptop di tas ransel hitam saya.

Minggu sore, ban bis mini terhenti di depan Pegadaian Pamekasan. Tidak lebih 10 orang menjemput saya. Wah! Merasa jadi orang istimewa kalau sudah begini. Kemudian 10 orang Plat-M Pamekasan ini menculik saya ke pusat kota, tepat di pinggir monumen lambang Pamekasan, Arek Lancor!

Mereka memaksa saya, untuk sharing tentang bagaimana membuat tugas akhir di jurusan teknik Informatika. Meski, mereka jurusan sistem informasi, tetapi pengalaman saya tentang bagaimana membuat tugas akhir begitu bermakna bagi mereka. Setidaknya mereka kembali semangat untuk menyelesaikan tugas akhir studi untuk menjadi seorang sarjana. Tidak terasa, masjid yang berada di samping Arek Lancor mengumandangkan Adzan Maghrib. Lingkaran ke-10 kawan saya tadi seketika bubar dan akan berlanjut ke salah satu tempat kos Syakur, satu dari ke-10 kawan saya. Rencana, malamnya akan diadakan nonton bareng film Linimassa 2 yang sempat beberapa kali tertunda.

Meski hujan turun di malam hari, kawan-kawan tetap semangat hadir. Sebelum nonton, saya presentasi tentang dahsyatnya social media kepada mereka. Kemudian durasi film Linimassa 2 mereka lahap begitu saja, tidak hanya Linimassa 2, tetapi Linimassa 1 juga menjadi teman kami berkumpul hingga sharing ditemani kacang garuda dan cocacola.

***

Keesokan harinya, diantar Faqih, saya menuju SMK Miftahul Qulub. Salah satu SMK yang berada di kawasan pondok pesantren di kecamatan Galis. Kecamatan di sebelah barat Pamekasan.

Ternyata oh ternyata, begitu naik ke lantai 3 dan masuk ke ruang Workshop. Semua pesertanya adalah cewek. Baru saja sadar, bahwa ini adalah kawasan pondok pesantren. Alhasil, cewek dan cowok mendapatkan tempat berbeda. Hingga sekolahnya-pun berbeda. Cewek-cewek ada di jurusan teknik komputer jaringan, sedangkan siswa cowok ada di jurusan listrik. Selain SMK, Miftahul Qulub juga ada MA dan MTs. Siswanya juga lumayan banyak. Dan yang pasti, suasananya bersih dan teduh. Apalagi sliwer-sliwer angin lepas dari sawah menusuk setiap senti kulit. Sejuk.

Tertawa lepas, dan langsung praktek, begitulah format workshop-nya. Pemandangan tidak biasa, aku saksikan di ruangan laboratorium komputer ini. Mereka belum dilengkapi dengan akses internet dari ISP ADSL. Mereka menggunakan modem USB untuk akses internet. Artinya, pondok pesantren mempunyai 20 modem USB untuk dipasang-pasang satu-satu ke PC yang sudah tersedia di Laboratorium. Fasilitas di SMK Miftahul Qulub cukup lengkap, ada ruang laboratorium Komputer untuk praktek internet dan belajar software. Tidak hanya satu, juga ada laboratorium komputer khusus praktek merakit komputer dan troubleshooting.

Tanpa terasa, satu sesi workshop, dan dua sesi praktek sudah usai. Senang sekaligus bangga bisa sharing sedikit ilmu kepada adik-adik di SMK Miftahul Qulub. Semoga bermanfaat!

 

ALAM

2 thoughts on “Sharing Arek Lancor hingga SMK Miftahul Qulub

  1. Saya suka Tema Sharing yang kemaren, walaupun saya masih semester 4 untuk memfokuskan dengan maslah itu, tapi setidaknya ada bekal buat saya Menyelesaikan TA di tahun selanjutnya, Terima Kasih Mas.

    O iya,,, hanya ada satu Kalimat dari Catatan di atas yang bisa tangkap, “Menculik”. Saya sperti menjadi tersangka utama dalam kasus itu….
    hahahhahhahhahahahha 🙂

Berikan Komentar