The Last Time!

Hari Senin jadwal yang ada diponselku bertuliskan kuliah Enterprise System di RKB C pukul 07.00 WIB. Pagi-pagi aku persiapan ke kampus lebih pagi supaya tidak terlambat. Sampai di kelas tempat kuliah biasanya, ternyata dosennya belum datang dan disambut oleh teman-teman yang sibuk dengan urusan masing-masing, ada yang sibuk membicarakan bagaimana liburan kemarin, ada membicarakan strategi yang tepat untuk bekerjasama dalam UAS sesaat lagi, bahkan ada yang lagi sibuk menghidupkan bluetooth ponsel pintar mereka untuk berbagi file-file yang mungkin bisa menjadi rujukan dalam mengerjakan soal. Tidak boleh munafik, aku memilih bergabung dengan teman-teman dengan kesibukan berbagi file.

File terkirim ke ‘teman pintarku’, kini aku duduk tenang bergabung dengan teman-teman Rangers. Sambil menunggu dosen datang, tim Rangers (Joko, Egie, Rendra, Lynda, Aku) tenggelam dalam perbicangan masalah KKN, Rendra anggota Rangers yang sudah KKN menjadi narasumber anggota Rangers yang belum KKN dan ingin tahu pengalaman anak Sidoarjo ini ketika KKN semester lalu. Ketika sedang asyik ngerumpi tentang KKN, tiba-tiba teman sekelas bergegas, mahasiswa yang ada di luar kelas mulai masuk mencari kursi kosong sambil sedikit berlari panik, suasana kelas mendadak sepi seperti kuburan, itu merupakan tanda-tanda dosen telah mendekat ke kelas. Anggota Rangers bergegas memantapkan posisi duduk dan mengambil peralatan tulis, bolpoint dan teman-temannya.

Tidak ada yang istimewa sebenarnya, seperti UAS tahun-tahun sebelumnya, kita diberikan lembar awaban dan fotocopyan soal ke masing-masing anak, sepintas terlihat cuma ada dua soal saja. Saat aku melihat di pojok kanan berisikan form untuk diisi identitas masing-masing mahasiswa, pikiran langsung mengatakan apakah ini adalah terakhir kalinya aku mengisi form ini. Apakah ini adalah UAS terakhirku dan mungkin beberapa temanku di kampus UTM ini. Karena beberapa matakuliah sudah tidak ada lagi UAS, ada beberapa mata kuliah yang hanya berbentuk proyek, tinggal mengumpulkan laporannya saja tanpa duduk di kelas mengerjakan soal ujian. Setelah ini jadwal kami adalah KKN dilanjutkan dengan memasuki semester 8 yang hanya fokus pada tugas akhir saja.

Kalau memang benar seperti itu, ini adalah terakhir kali mengerjakan soal-soal essay seperti ini, terakhir kali bekerjasama dengan teman-teman sekelas dalam menentukan stragegi untuk mengelabui dosen dan mendapatkan jawaban (selalu ada cara untuk membohongi dosen. hehehe), terakhir kali duduk di kelas bersama-sama teman dan dosen untuk belajar mata kuliah tertentu, terakhir kalinya membubuhan tinta bolpoint ini ke ke lembar jawaban ini. karena ini ialah hari terakhir saya berangkat ke kampus pagi-pagi untuk duduk di kelas mengerjakan soal-soal UAS. Kegiatan yang 16 tahun (SD,SMP,SMA sampai kuliah) ini mungkin menjadi sesuatu yang biasa pergi ke sekolah/kampus untuk mengerjakan soal-soal UAS dengan segala cerita dan kenangan lucunya.

Selanjutkan akan lebih banyak bertemu dosen pembimbing, mengerjakan tugas akhir di rumah, di lab atau di rumah teman. Tidak akan ada lagi duduk di kelas bersama-sama teman-teman dari berbagai daerah, memerhatikan dosen yang dengan senang hati berceramah tentang kuliah, presentasi di kelas, diskusi di kelas, tingkah laku yang lucu dari masing-masing pribadi, sampai tragedi resleting-pun tidak akan ada lagi. Begitu cepat memang, but life must go on. Kebersamaan ini akan selalu terekam indah dan tersimpan rapi di salah satu partisi dari hati.

ALAM

6 thoughts on “The Last Time!

Berikan Komentar