Mengurus STNK, KTP, SIM, NPWP dan Kartu ATM yang Hilang

Surat dan Kartu Penting
Surat dan Kartu Penting

Apa yang pertama harus dilakukan saat dompet yang berisi STNK, KTP, SIM, NPWP dan Kartu ATM lenyap hilang seketika dari saku celana?. Jangan panik, harus tetap tenang dan mengambil langkah-langkah strategis penyelamatan. Berikut beberapa tips saat aku kehilangan dompet kemarin.

Sebelum memblokir ATM, beberapa detik setelah kedapatan dompet hilang, segera cari manual. Telusuri semua barang yang pernah disinggahi dompet tersebut. Tas, meja, kursi atau saku celana. Jika yakin jatuh di jalan atau tertinggal di kantor, segera telusuri.

Waktu itu aku beranggapan dompetku jatuh di jalan raya. Alhasil, peluang ditemukan dalam waktu dekat itu sangat kecil. Maka langkah-langkah berikut yang aku lakukan:

5 menit pertama: Pertama yang harus dilakukan adalah telpon call center bank yang kartu ATMnya ada di dompet. Bagaimanapun, amankan uang yang ada di bank terlebih dahulu. Jumlahnya mungkin bisa lebih banyak daripada yang ada di dalam dompet. Waktu itu aku punya kartu BCA dan Mandiri. Keduanya aku telpon dan minta diblokir. Siapakan nomor rekening keduanya, karena nanti akan ditanya oleh petugas call center masing-masing bank. Mudah dan ngga ribet. Lima menit selesai.

5 menit berikutnya: Sure! Next, you should to share it to social media. Tanpa pikir panjang, aku langsung tulis status di facebook dan twitter. Sambil berharap orang yang menemukan dompet membuka facebook dan twitter dan melihat status atau tweet dari akunku.

Ah, hari sudah sore. Mau ngurus surat kehilangan kantor polisi keburu tutup. Sambil menunggu pagi, coba SMS atau telpon orang terdekat yang berhubungan dengan TKP kehilangan dompet. Kalau perlu umumkan pakai speaker TOA di masjid-masjid. Hehe… πŸ˜€

Sebenarnya tidak harus cepat-cepat mengurus semua surat-surat dan kartu penting di dompet. Tunggulah satu-dua hari. Jika belum ada informasi atau orang yang baik hati mengantarkan dompetmu ke rumah, baru lakukan beberapa strategi penting untuk mengurus semuanya.

Waktu itu, aku terburu mengurus semuanya. H+2 kejadian, semuanya sudah beres. Kecuali STNK, kartu penting seperti KTP, SIM, ATM dan NPWP sudah dapat ganti. STNK prosesnya agak ribet sehingga setidaknya perlu tiga hari untuk mengurus semuanya.

Eits, tiga hari mengurus semua isi dompet, sepertinya bisa disingkat menjadi dua hari bermodalkan pengalamanku ini. Ingin tahu seperti apa strateginya? Cekidot! πŸ˜€

Hari Pertama

Oke. Hari pertama. Harus tetap rileks dan tidak panik.

Strategi hari pertama yang harus diurus adalah surat kehilangan dari Polisi. Karena Polsek tidak terlalu jauh, aku mengurusnya ke Polsek saja. Bisa ke Polres juga. Polda bisa juga ngga ya? Kayaknya bisa.

Strategi hari pertama:

Perhatikan urutannya. Silahkan lakukan berdasarkan urutan yang aku tulis di bawah ini. insyaAllah bisa menyingkat waktu. Hanya butuh dua hari. Ingat dua hari saja. Sekali lagi, harus urut ya. Tidak boleh tidak urut! Terakhir, berangkat sepagi mungkin. Usahakan jam 7.00 sudah bergerak mengurusi dari awal. Harus bergerak cepat. Karena telat sedikit berarti akan molor tiga hari, berikut tips hari pertama:

  1. Mengurus surat pergantian KTP dari Lurah/Kepala Desa.

Pertama uruslah KTP ke lurah/kepala desa. Karena KTP nanti digunakan untuk mengambil surat dan kartu-kartu yang lain. Tanpa KTP, maka akan terkendala semuanya. Biaya: seharusnya gratis. Dan aku ngga ngasi uang ke kepala desaku.

  1. Mengurus surat kehilangan dari Polsek/Polres/Polda

Surat kehilangan dari polisi mutlak diperlukan. Aku dibuatkan menjadi dua lembar. Lembar pertama berisi kehilangan KTP, ATM, dan NPWP. Lembar kedua kehilangan STNK yang harus bertandatangan langsung Kapolsek (jika mengurusnya di Polsek). Biaya administrasi: seikhlasnya. Waktu itu aku ngasi 30 rb.

  1. Mengurus KTP di kantor kecamatan

Bermodalkan surat sakti dari lurah/kepala desa dan surat kehilangan, maka mengurus KTP seharusnya tidak lama. Waktu itu aku hanya lima menit berada di kantor kecamatan sudah diberikan KTP baru tetapi dengan model lama. KTP yang versi laminating. Ngga apa, daripada ngga ada. Biaya administrasi: 15 ribu.

  1. Datang ke Radio untuk menyiarkan berita kehilangan

Kenapa harus Radio, karena ini adalah salah satu berkas yang menjadi syarat untuk mengurusi STNK hilang. Mengurus berita kehilangan via Radio akan memudahkan dan menyingkat langkah-langkah berikutnya. Ngga perlu mondar-mandir lagi. Biayanya 25 ribu.

  1. Membeli iklan kotak di koran terdekat.

Waktu itu aku habis biaya 50 rb. Lanjut bergerak cepat.

  1. Mengurus SIM ke Polres

Untuk mengurus SIM, siapkan bukti kehilangan dari kepolisian, KTP asli dan fotocopy-nya. 20 menit menunggu antrian SIM akan tercetak lagi dengan foto baru. Waktu itu, aku tidak bisa mengambil SIM yang sudah jadi, lantaran KTP belum jadi. Maka dipostingan ini aku urutkan berdasarkan urutan yang benar. Biaya: 75 administrasi, 20 cek darah, 25 cek kesehatan. Total biaya 115 rb

Karena kantor Samsat hanya beroperasi hingga jam 12.00 saja, maka mengurus STNK lebih baik dipercepat. Datang sebelum jam 12.

  1. Datang ke kantor Samsat
    1. Cek Fisik
    2. Fotocopy semua berkas (min. 5 lembar)
      BPKP
      KTP
      Surat kehilangan dari polisi
      Bukti cek fisik
      Bukti pembayaran radio
      Bukti iklan koran
  1. Min.Ops dan Reserse Polres
  • Syarat Min. Ops

Fotocopy BPKP
Fotocopy KTP
Fotocopy surat kehilangan dari polisi

  • Syarat Reserse Polres: mengurus Lapju.

Fotocopy BPKP
Fotocopy KTP
Fotocopy surat kehilangan dari polisi
Fotocopy bukti cek fisik
Fotocopy bukti radio
Fotocopy bukti iklan koran

Baru pertama kali mengurusi dan mengenal dokumen bernama Lapju. Biasanya harus menunggu besok untuk mendapatkan semuanya.

  1. Datang ke Bank dan Kantor Pajak

Ke kantor pajak mengurusi NPWP. Ngga perlu lama. Jika tidak antri, maka 10 menit proses selesai. Asal ada fotocopy KTP dan surat kehilangan dari kepolisian. Biaya: Gratis!

10. Syarat Bank Mandiri

– Perlu surat kehilangan polisi
– Fotocopy KTP dan menujukkan KTP Asli
– Buku tabungan
– Biaya: 15 ribu dipotong langsung ke saldo

11. Syarat Bank BCA

– Fotocopy KTP dan menunjukkan KTP Asli
– Buku tabungan
– Biaya: 15 ribu dipotong langsung ke saldo

Biaya hari pertama cukup mengurus isi dompet. Biaya ini tergantung dari keikhlasan dan daerah tempat mengurus semuanya. Kan biaya administrasi di setiap daerah berbeda.Β  πŸ˜€

Strategi Hari Kedua

Hore semuanya sudah dapat. Tapi tinggal STNK. Katanya ini yang paling berat. Yang penting, siap-siap keliling dunia part 2. Dan siapkan berkas-berkas berikut. Jika berkas lengkap, hati tenang dan dengan kepala tegak bisa mengurus semuanya dengan cepat. Pikiran kita jadi seperti ribet dan riweh ketika ternyata banyak berkas yang tidak kita punya.

  1. Ambil Lapju
  2. Beli koran yang ada iklan kehilangan
  3. Menyerahkan berkas ke Samsat

Ketika semua berkas sudah beres dan lengkap. Dengan kepala tegak dan yakin kita menyodorkan map berisi seabrek surat yang dengan berdarah-darah kita mendapatkannya. Tunggu penjelasan dari petugas samsat. Pasrahkan saja. Jangan lupa biaya administrasi.

  • Administrasi fiskal: 15 rb
  • Adminsitrasi STKN baru: 250 rb

STNK akan selesai dan bisa diambil tiga hari lagi.

ALAM

46 thoughts on “Mengurus STNK, KTP, SIM, NPWP dan Kartu ATM yang Hilang

  1. Tadi baca via mobile, fast reading, kirain setelah capek sana sini ngurus, akhirnya dompetnya ketemu.
    Suka banget sih nulis pakai kalimat bersayap :p

  2. Mas mau tanya ini , domisili saya di siantar tapi skrng saya nge kost dimedan, Kalo saya mau ngurus ktp di medan gmana caranya yah tanpa harus saya pulang ke siantar ?

  3. siap mas bro…kemarin aku baru kehilangan dompet yg isinya KTP,SIM,STNK,ATIM,JAMSOSTEK dll, artikel ini sangat bermanfaat buat saya. sekalian ijin copas untuk blog aku supaya manfaatnya lebih banyak lagi.

    1. Bener banget mas.. dompet ku jatuh kemarin didalamnya ada ktp dan lain lain.. ini sangat bermanfaat sekali.. terima kasih Mas Wahyu.. Terus Berkarya!!

  4. saya kemarin kehilangan dompet yang sisnya SIMP KTP STNK dan ATM dan insyallah saya akan mengikuti langkah ini. tapi yang ingin saya tanyakan apa harus ada bukti radio dan iklan koran ?

  5. Mas utk mengurus ktp apa aja yg dibawa?trs stnk motor ilang tp atas nama kakak saya,berarti pas mau bikin ulang bw fotocopy ktp kakak saya?makasih

  6. Iya gan, barusan saya baru nyadar dompet saya terakhir kehilangan di bus, saya kehilangan SIM, KTP, Kartu pelajar, STNK, dan dompet saya juga berisikan uang
    Tapi kalau STNK nya itu punya bapak saya

    Insyaallah, ilmu ini sangat bermanfaat

  7. Dompet pacarku batu hilang, dan sekarang dia amat panik. Setelah membaca blog ini saya akan kasih tau dia agar tak panik lagi. Thanks yah

  8. Trimakasih ya,,,, aku udh panik tadi harus bagaimana,,, atm dan ktp aku yg hilang,,,, tpi untunglah tips nya membuat aku sekarang mulai tenang,,,, trimkasih sekali lagi,, God blee u πŸ™‚

  9. Maaf,numpang tanya,atm saya rusak,tidak bisa dibaca mesin atm,dan bku tabungannya pun gk ktmu setelah saya cari,kalau ke bnk bisa gk kalau gk ad bku tabungannya ngurus Atm yng rusak itu?
    Makasih

    1. nah kalau begitu, harus mengurus surat kehilangan terlebih dahulu ke polsek terdekat. setahu saya, masih bisa asal syarat yang diminta bank untuk mengembalikan buku tabung dan mendapatkan ATM yang baru lengkap.

  10. Mas Wahyu.. makasih banget lhoo infonya, sangat bermanfaat. Mas mau tanya, saya orang Cilacap (KTP, SIM, STNK) domisili cilacap, tp saya kehilangan di ciputat, apakah saya harus ke radio dan surat kabar yang ada di ciputat?

  11. Pak, saya udah urus ktp.. Tapi proses pembuatannya lama dan jadi sekitar bulan mei ini, krn prosedur e-ktp.
    Lalu jika saya ingin membuat SIM tanpa fotocopy KTP, dan hanya bermodalkan surat kehilangan saja, apa masih dapat mengurus SIM yg hilang?
    Mohon bantuannya.

    1. Kalau KTP ngga ada, ngga bisa urus apapun, termasuk urus SIM.
      Jadi coba urus KTP yang langsung jadi, yang model lama, bukan e-KTP. saya dulu begitu.

      1. Kalau tidak pakai berita kehilangan ke radio sama pasang iklan di koran apa gkpapa? Tolong balas terimakasih

  12. Kalau misalkan tidak melaporkan berita kehilangan ke radio/iklan koran saat mengurus apa gkpapa? Makasih mas mohon dibalas:(

  13. Amsyong bener….atm ktinggalan di mesin atm bru 1jam sudah hilang langsung buru2 amankan saldo pindahkn langsung di rekening 1nya.hmmm rempong jg ktp ditahan pak lurah suruh buat kartu domisili

  14. bagaimana kalau saya sudah buat surat laporan kehilangan, tapi kemudian dompet saya ternyata ada yang balikin, itu harus tarik lagi lagi laporan kehilangannya atau ga usah tidak apa apa? , Makasih!

  15. Dompet saya juga hilang waktu pulang kerja… Isi nya KTP SIM STNK JAMSOSTEK ATM hilang semua. Mau bikin surat kehilangan untuk STNK saya ga da fotocopy nya. BPKB masih di leasing. Bisa ga klo ga da fotocopy nya…?

Berikan Komentar