Berwisata di Surabaya? Mau berkunjung ke mana saja?

Datang Tugu Pahlawan? Rasanya terlalu mainstream. Bagaimana kalau ke Jembatan Suramadu, makan bebek lalu putar balik, selesai, nothing special. Tunjungan Plaza? Masih yakin bisa berhemat jika sudah masuk ke tempat belanja terbesar di Indonesia timur ini?

Sebenarnya masih banyak lho tempat wisata di Surabaya yang jarang orang ketahui. Tips ini sebenarnya lebih ditujukan ke teman-teman yang berasal dari luar Surabaya tetapi sering berkunjung ke Surabaya dengan waktu yang pendek.

Bagi yang belum pernah ke Surabaya, ayolah guys, sekarang tiket pesawat ke Surabaya sudah sangat beragam. Kalian perlu tiket promo ke Surabaya? Cobain cari promo di Pegipegi, ada banyak promo-promo yang menarik lho. Apalagi fitur-fiturnya sangat memudahkan kita untuk mencari, memesan hingga melakkan pembayaran tiket pesawat di Pegipegi.

Hasil gambar untuk Museum Sampoerna
Sumber: The Jakarta Post

Museum Sampoerna

Bagi orang Surabaya mungkin sudah tidak asing lagi. Namun bagi orang luar Surabaya ini akan menjadi sangat menarik. Museum Sampoerna merupakan gabungan sempurna antara zaman tempo dulu dengan zaman modern. Museum ini akan membawa kalian kembali ke masa lalu kota Surabaya dan melihat lebih detail tentang bagaimana suatu keluarga yang dapat besar dengan perusahaan rokoknya. Selain karena gratis, Museum Sampoerna akan lebih menarik jika dikunjungi di weekday, karena kita akan melihat langsung bagaimana pegawai Sampoerna membuat batang demi batang rokok dari lantai dua museum. Saat melihat dari atas, kita melihat gerakan manusia yang seolah seirama beriringan dengan aroma tembakau yang segar.

Hasil gambar untuk Surabaya North Quay.
Sumber: woke.id

Surabaya North Quay.

Surabaya North Quay atau SNQ menjadi tempat hits bagi anak-anak muda Surabaya. Terlebih jika sudah ada kapal pesiar yang merapat ke kota pahlawan. SNQ ini adalah kawasan wisata yang disematkan di pelabuhan Tanjung Perak. Waktu yang pas untuk berkunjung ke SNQ adalah di sore hari karena dapat melihat indahnya matahari tenggelam dengan latar Selat Madura dengan kapal-kapal yang terparkir. Selain itu, akan sangat menarik jika kita datang saat ada kapal yang akan berangkat. Kita akan melihat kesibukan petugas pelabuhan memasukkan barang-barang ke kapal. Kita seakan seperti berada di dalam film Titanic yang melambaikan tangan saat kapal bergerak meninggalkan pelabuhan.

Hasil gambar untuk planetarium surabaya
Sumber: jejakpiknik.com

Planetarium

Tidak hanya Jakarta yang punya Planetarium, Surabaya pun mempunyai Planetarium yang dapat dikunjungi masyarakat luas. Planetarium di Surabaya berada di Museum TNI Angkatan Laut Loka Jala Crana, Di dalam museum ini terdapat beberapa koleksi peralatan pertempuran Angkatan Laut, disamping itu juga satu koleksi berupa planetarium dan astronavigasi. Museum ini menyuguhkan dan menyelamatkan objek benda-benda bersejarah yang pernah dimiliki serta dipakai oleh prajurit-prajurit TNI Angkatan Laut sejak dari zaman revolusi fisik hingga saat ini, di antaranya berupa berbagai jenis meriam kapal perang, pesawat, helikopter, artileri medan, replica KRI Dewaruci. Ada juga benda bersejarah lain seperti meriam kapal “HRMS De Zeven Provencien“. Cukup bayar uang masuk sekitar 5000 rupiah kita bisa belajar bagaimana kehidupan di ‘langit’. Biasanya Planetarium ini dikunjungi anak-anak sekolah. Karena letaknya berdekatan, rasanya kita bisa mengunjungi Museum Sampoerna, SNQ dan Planetarium dalam satu hari.

Hasil gambar untuk patung merlion di surabaya
Sumber: Youtube Angelina Kusuma

Singapore of Surabaya

Surabaya kota terbesar kedua di Indonesia. Sehingga tidak terlepas dari kawasan perkotaan. Jika ingin melihat kawasan perkotaan yang berbeda, datanglah ke kawasan Singapore of Surabaya yang berada di Surabaya barat. Dikatakan mirip dengan Singapore, karena di sana terdapat patung Merlion yang mirip seperti yang ada di Singapura. Selain Patung Merlion, kawasan di sana juga sangat mirip dengan yang ada di Singapura, mulai dari tata letaknya, dekorasi rumah, hingga taman-taman yang berada di sekitarnya.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata tersembunyi di Surabaya. Jika kalian tahu yang lain, tulis di kolom komentar yaa!


ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

0 Comments

Berikan Komentar