Catatan Kuliah: Information Systems and Management

Published by ALAM on

Matakuliah basic untuk mahasiswa semester pertama, Prof. Yu-Qian Zhu menjadi pengajarnya. Rencana pembelajarannya dibagi menjadi dua. Dua jam pertama diisi materi dari textbook terkait. Jam ketiga diisi dengan presentasi kelompok yang membahas hal serupa namun bersumber dari paper Harvard Business Review atau sejenisnya.

Prof Zhu selalu memulai kuliah dengan suatu pertanyaan. Memancing first-impression tentang materi yang akan diajarkan, sekaligus memaksa otak kita tiba-tiba berpikir tentang topik yang sedang diajarkan. Beruntung di kelas ada banyak mahasiswa bule yang terbiasa berpendapat. Sesekali mahasiswa Indonesia dan Vietnam juga ikutan diskusi. Mahasiswa Taiwan lebih banyak pemalu dan pendiam di kelas. Mereka sebenarnya mengikuti materi, hanya saja kadang mereka tidak percaya diri saat mau berpendapat atau bertanya.

Biasanya jika kelas sudah selesai, baru mereka maju ke depan Profesor untuk bertanya langsung. Mungkin akan berbeda jika kelas diajarkan dalam bahasa Mandarin, pasti mereka akan lebih aktif.

Jadi dalam satu semester, akan ada dua kali presentasi kelompok. Pertama presentasi bergantian tentang topik tertentu, satu pertemuan satu kelompok. Kemudian presentasi kedua yaitu presentasi proyek akhir. Untuk ujian tengah semester Prof. Zhu memilih untuk tes tulis dengan open book (only).

Memilih kelompok ini penting. Nasib satu semester ditentukan dengan siapa kita akan bekerjasama. Saya sekelompok dengan Christopher (Indonesia), Claudia (Indonesia), Manon (Perancis) dan Hoo (Vietnam).

Awalnya saya mau sekelompok dengan dua orang Taiwan. Namun rasanya, saya perhatikan, mereka kurang tangkas. Akhirnya saya berbelok ke kelompok yang masih ada empat orang dan ada orang Eropa di dalamnya. Saya selalu memilih kelompok yang beragam. Biar bisa banyak belajar.

Kami menjadi kelompok 9, sehingga mendapat giliran presentasi di minggu-minggu akhir menjelang final project. Topik yang kami dapat adalah Knowledge Management. Sedangkan untuk final project, kami memilih topik Autunomous Vehicle.

Untuk presentasi pertama kami bertemu luring di McDonalds yang berada di dekat MRT Guting. Di sana kami lebih banyak mengenal satu sama lain dari pada membahas materi, 30 menit bahad materi 90 menit ngobrol. Saya bawa istri dan anak biar mereka saling kenal dan mengetahui posisi saya yang sudah bekeluarga. Sehingga jika ada telat-telat dikit dalam pengerjaan tugas, bisa dimaklumi. 😂

Selalu senang mendengarkan cerita dari negara yang berbeda, sehingga dapat menambah cakrawala pemikiran saya.

Pertemuan luring itu menjadi pertama dan terakhir, sisanya kami diskusi sebentar di kelas dan dilanjutkan di grup aplikasi LINE.

Di awal presentasi topik pertama, saat momen perkenalan diri, saya membagikan sebungkus Indomie ke semua mahasiwa di kelas untuk memecah suasana. Karena dua kelompok sebelum kami, situasi selalu hening dan kaku setiap sesi perkenalan. Mungkin karena sudah capai mendengarkan kuliah dua jam, sehingga membuat mereka enggan memerhatikan kelompok yang maju.

Presentasi topik pertama tidak ada kendala. Slide dipuji sama Prof, dan saya berhasil memecahkan es yang dingin di setiap presentasi kelompok.

Saatnya mengerjakan proyek akhir.

Seminggu sebelum waktu presentasi, kami berdiskusi telah habis-habisan via LINE. Kami juga menggunakan LINE untuk mengundi siapa bahas apa, lalu kami fokus ke tugas kami masing-masing, diselesaikan tepat waktu, dikerjakan via Google Drive. H-5 deadline tugas individu untuk digabungin menjadi satu.

Senin kami presentasi, masing-masing dari kami harus sudah menyetor kerjaan Rabu malam. Kamis dan Jumat digunakan Manon untuk mendesain slide kami. Sabtu-Minggu bagi dia libur. Holiday is holiday, that means no work!

Jumat malam kami sudah mengirimkan kerjaan kami via Moodle. Hasilnya memuaskan, Prof Zhu senang dan memberi komentar: Thank you for your hardwork to make beautiful slides!

Teman-teman di kelas juga antusias bertanya. Rasa senang begitu lengkap ketika di nilai akhir kami nilai A+. Thanks, guys. We really really did a very good job!

Kuliah yang menyenangkan!

Categories: #ALAMelangkah

ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

0 Comments

Berikan Komentar