Catatan #KampongInternet di Sumenep

Fotoku saat memberikan materi overview internet Indonesia
Fotoku saat memberikan materi overview internet Indonesia

Plat-M adalah komunitas blogger terbesar di Madura. Itu salah satu klaim dari teman-teman Plat-M. Jika di daerah lain, komunitas blogger hanya melingkupi satu kabupaten, Plat-M mencakup empat kabupaten: Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep. Selamat lebih dari empat tahun, Plat-M lebih banyak mengadakan acara di Bangkalan dan Pamekasan. Hanya sesekali di Sampang dan Sumenep. Itulah kenapa, acara KampongInternet diadakan di Sumenep.

***

Beberapa teman-teman Plat-M sudah meluncur ke Sumenep, aku dan Lutfi berada dalam Panther menuju Surabaya menjemput beberapa pembicara. Di sana, kami bertemu dengan mobil lain yang sudah disiapkan Plat-M untuk menjemput tamu kehormatan yang lain. Zain dan Adi berduat memecah kemacetan Surabaya untuk menjemput tamu jauh, Pradna dari Banyumas dan Mujib dari Semarang.

Mereka berempat meninggalkan aku, Lutfi dan Soep di Surabaya. Kami bertiga harus menjemput Pak Sigit dan Dini dari PANDI. Di Juanda, kami hanya bisa menjemput Avif, karena Pak Sigit ketinggalan pesawat dan baru bisa berangkat esok pagi.

Jam sepuluh malam kami masih melenggang mesra di atas jembatan Suramadu. Lampu LED aneka warna menyambut kedatangan Avif dan Soep.

Ini pertama kali aku berangkat ke ujung timur Madura di malam hari, bahkan tengah malam. Ternyata jalanan Madura di malam hari menyimpan keindahan yang luar biasa. Truk-truk besar banyak ditemui berkeliaran di sepanjang jalan Bangkalan – Sumenep. Sesekali angin laut menembus kaca mobil.

Dengan diantar teman dari Pamekasan, kami baru tiba di Sumenep sekitar pukul satu dini hari. Kami mempersilahkan pemateri untuk istirahat di hotel yang sudah kami siapkan. Aku dan semua teman-teman bergegas istirahat. Menghiraukan pertandingan Belanda melawan Spanyol yang sedang beradu di piala dunia Brasil.

***

Sumenep cerah di pagi hari. Warna hijau sawah terlihat terang. Beberapa mobil memasuki STKIP PGRI Sumenep. Semuanya bersiap untuk melangsungkan seminar sehari, KampongInternet.

Banner telah dipasang, sound sudah siap, kursi sudah ditata, beberapa peserta mulai masuk ruangan, penari sebagai hiburan pembuka sudah datang lebih dulu. Satu per satu kursi terisi. Musik Madura menjadi lagu selamat datang bagi setiap peserta yang datang. Inilah acara kedua Plat-M di Sumenep. Beberapa peserta terlihat memakai seragam kebesaran Plat-M, kemeja merah dipadu dengan batik warna putih.

Aku diberi mandat memberikan sambutan sebagai Klebun Plat-M. Aku sedikit memberikan semangat kepada peserta yang hadir untuk dapat memanfaatkan internet sebagai media untuk mereka maju, tidak tertinggal dari daerah lain. Memanfaatkan internet sebagai media yang positif dan menggunakannya secara sehat.

Lebih dari seratus orang memadatai aula STKIP PGRI Sumenep. Tarian Sumenep menjadi penyemangat pagi. Dilanjut dengan sedikit pengenalan Plat-M dan materi pertama dariku tentang: Overview Internet Indonesia.

Materi dilanjutkan dengan Netpreneur yang disampaikan oleh Mujiburrokhman dari Bukalapak.com, sebelumnya Devriansyah memberikan pengalamannya sebagai pengusaha di Bangkalan yang sukses memanfaatkan internet sebagai media promosi usahanya, sepatu lukis.

Acara ini menjadi semakin membuat peserta senang berkat kehadiran Camat Batang-batang. Pak Anwar Syahroni Yusuf memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Plat-M yang sudah mengadakan acara Kampong Internet ini di Sumenep. Bahkan Camat Batang-batang akan bekerjasama dengan Plat-M untuk pengolaan SDM di Batang-batang, terutama terkait dengan pemanfaatan internet.

Bangga Pakai .id dari PANDI adalah materi terakhir sebelum break makan siang. Materi ini disampaikan langsung oleh ketua Pandi, Sigit Widodo.

Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan dari Gerakan Desa Membangun tentang bagaimana pentingnya memperkenalkan internet kepada desa agar semua kalangan masyarakat dari berbagai kalangan di Indonesia bisa menggunakan dan memanfaatkan internet.

Antusias peserta begitu terlihat dengan pertanyaan-pertanyaan yang mereka lontarkan. Semoga acara KampongInternet ini bisa bermanfaat bagi mereka.

Ini bukanlah acara terakhir dan selesai, berikutnya akan diadakan pelatihan khusus beserta praktek kepada masyarakat di Sumenep. Semoga ada sponsor yang berminat untuk mendukung acara ini.

Semoga Plat-M bisa lebih banyak berkontribusi untuk edukasi ke masyarakat di Sumenep.

ALAM

2 thoughts on “Catatan #KampongInternet di Sumenep

Berikan Komentar