Berangkat mewakili Madura aku berangkat ke Jakarta menghadiri undangan ICTWatch dalam acara Workshop & Focus Group Discussion – Citizen Media (Online) Ethics Code* Drafting. Begitulah nama yang tertera di file pdf yang diterima masing-masing peserta perwakilan setiap daerah. aku berangkat tidak seperti biasanya, aku sudah menyiapkan semua file .pdf yang diberikan panitia dan beberapa paper rujukan dari berbagai sumber aku cetak dalam bentuk hardcopy sebagai bahan bacaan sehingga sampai Jakarta sudah tau apa yang akan dibicarakan dan didiskusikan.

Bertempat di Hotel Harris, Tebet, Jakarta, acara ini diawali presentasi dari Wakil Ketua Umum APJII tentang peranan penting kesinergian antara komunitas dan industri. kemudian dilanjutkan dengan presentasi tentang pentingnya memakai domain .id oleh Vice Chairman PANDI (Pengelola Nama Domain Internet Indonesia) yaitu Pak Sigit Widodo. Larena jumlah peserta tidak terlalu banyak dan kondisi ruangan yang nyaman membuat diskusi berlangsung menarik.

Kemudian dilanjutkan Workshop sesi kedua yang diisi oleh Pak  Anggara (Public Interest Lawyer/ICJR.or.id) yang presentasi tentang “Freedom of Speech on the Net” dari sisi Hukum dan mas Nezar Patria (AJIIndonesia.org) yang membahas tentang  “New Media on Today Perspective”.

Setelah sholat Jum’at, dilanjutkan dengan Workshop sesi ketiga yang diisi oleh Mbah Google yang diwakili oleh Ross LaJeunesse (Head, Public Policy and Gov Affairs, Google – Asia Pacific) dan  Mike Orgill (Country Lead, Public Policy & Gov Affairs, Google – Southeast Asia) yang berbicara tentang kebijakan google terhadap beberapa etika online dan kerjasamanya dengan peraturan pemerintah setempat. dipandu oleh Pak Onno W Purbo diskusi berlangsung sangat akrab dan hidup seolah tidak ada batas antara semua peserta yang hadir, apalagi Pak Ross LaJeunesse hadir dengan menggunakan batik.

Workshop sesi terakhir diisi oleh Pak Nukman Lutfhi yang membawakan Etika 2.0, dengan gaya khasnya beliau menyampaikan beberapa riset dan kejadian penting yang berhubungan dengan etika netizen. Aku tertarik dengan riset tentang Technography yang merumuskan 7 kasta netizen yaitu (mulai dari paling atas) creator, conversationalist, critics, collectors, joiners, spectatorsm dan inactives. Sangat menarik dan beberapa kali bisa menjadi ice-breaker bagi peserta yang memang sudah dihinggapi rasa kantuk. Sesuai nama acaranya Workshop & Focus Group Discussion, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi.

 

ALAM
Categories: #ALAMenulis

ALAM

blogger and founder @plat_m, think about Indonesia, act in Madura, studying smart city, community developer, @limaura_'s husband | E: nurwahyualamsyah@gmail.com | LINE: @wahyualam

5 Comments

iPul dg.Gassing · September 21, 2011 at 04:18

hai..hai..hai..
salam kenal, senang kemarin bisa ketemu..semoga masih banyak kesempatan untuk ketemu lagi..

wahyualam · September 21, 2011 at 13:34

Amin, saya berharap bisa ke Makassar. Waw.. Sulawesi, I Miss U!

Nike · September 23, 2011 at 15:42

Yok ke Palembang Yu..
semoga bisa ketemu lagi ya 🙂

    wahyualam · September 25, 2011 at 14:37

    Ayook!
    Pasti sangat senang sekali kalau bisa menginjakkan kaki di Sumatera.
    Tunggu kedatangan saya di Sumatera.

#FGD2012 Day 1: Mulai Korean IT Volunteer sampai Film Lini Massa | Wahyu Alam's · July 12, 2012 at 04:51

[…] #FGD2012 ini aku kembali bertemu kawan-kawan “alumni” FGD2011 yaitu Tuteh dari Ende, Nike dari Palembang, Almascatie dari Ambon, Daeng Ipul dari Makassar, Dwi […]

Berikan Komentar

*/
%d bloggers like this: