Ceramah di SMAN 4 Bangkalan

Go Blog, kalimat ini sering sekali dipakai dalam sebuah acara pelatihan blog di seantero Nusantara. Begitu juga ketika Plat-M bekerjasama dengan Telkom Bangkalan untuk mengadakan SMAN 4 Bangkalan, Go Blog!. Saya memilih untuk menjadi pematerinya, karena beberapa nak-kanak Plat-M sedang sibuk kuliah. Saya beranggapan ini adalah ajang yang efektif untuk melatih mental berbicara di depan umum.

Berbicara di depan umum bagi beberapa orang menjadi sesuatu yang biasa dan lazim atau bahkan menjadi sangat menyenangkan. Tapi tidak bagi saya yang mempunyai gangguan pada suara saya. Amandel ini seperti meruntuhkan gundukan mental yang menggunung. Tapi itu bukan menjadi alasan saya untuk takut berbicara di depan umum. Kekurangan itu biarlah hanya menjadi bagian dari sajian komplit di dalam raga dan jiwa ini. Saya hanya fokus pada setiap kemampuan yang saya miliki.

SMAN 4 Bangkalan, Go Blog ini diadakan kemarin kamis (31/5) di laboratorium Biologi SMAN 4 Bangkalan. Sebenanya gagasan untuk membuat acara seperti ini sudah pernah diutarakan Waka Humas SMAN 4 Bangkalan Pak Makhrus, beliau deklarator Plat-M lho!. Sedikit informasi, SMAN 4 Bangkalan ini baru berdiri tahun 2009 lalu. Ya seumuran dengan Plat-M, lah!

“Akhirnya!”. Begitulah kata yang tidak sengaja Saya dan Pak Makhrus ucapkan bersamaan. Plat-M sangat senang bisa menyebarkan virus Blog sampai ke guru-guru.

Kalau ceramah IT pertama, saya berbicara di depan mahasiswa UTM. Kali ini di depan guru-guru. Grogi menjadi pertunjukan alamiah di awal presentasi Saya. Slide yang saya buat adalah modifikasi dari slide om Donny BU ketika presentasi di #ASEANBlogger di Bali. Saya sangat suka slide-slide dari om Donny BU lebih hidup dan tidak terlalu banyak teks, tapi sasarannya sangat kena. Saya tunjukkan beberapa statistik dan video opening Lini Mas(s)a pertama menjadi ‘moodbooster’ dan memecah ketegangan dan keseriusan sekitar 40an guru yang datang. Sepertinya mereka sangat serius dan menakutkan. Untunglah video itu sedikit menghancurkan ketegangan yang ada. Saya lebih enak ngobrolnya kalau begini.

Materi Sosial media di blog, pentingnya internet, dan pentingnya blog buat guru menjadi materi awal untuk kemudian dilanjutkan dengan praktek membuat blog dari 0. Beberapa guru sudah punya email, bahkan sudah punya blog. Jadi lebih nyaman untuk berbagi bagaimana cara membuat blog. Meski sempat terganggu dengan ibu-ibu yang ngerumpi sendiri, cuaca panas, dan koneksi yang tidak stabil tapi acara tetap berjalan lancar. Sebagian besar sudah mempunya email dan blog dengan tema yang sudah diganti lengkap satu postingan pertama mereka.

Setidaknya ini langkah awal untuk menjadi guru yang Go Blog! Menjadi guru yang mempunyai media alternatif untuk pembelajaran interaktif. Juga menjadi media menuliskan ide, gagasan, opini, pemikiran sampai pengetahuan yang dimiliki untuk dibagi kepada pembaca blognya. Yang paling utama adalah meningkatkan konten positif di Indonesia, umumya untuk Madura dan khususnya untuk SMAN 4 Bangkalan. Selamat Ngeblog, Bapak dan Ibu guru!

Gedung SMAN 4 Bangkalan

ALAM

10 thoughts on “Ceramah di SMAN 4 Bangkalan

      1. Harus bisa. saya tunggu aksi blogger syariah ngajari Blog. πŸ™‚ *ngga pakai kiro’ah yah* πŸ™‚

    1. Yah. kemarin kamu ada kuliah gitu loh. πŸ™‚ yaudah ngga apa2 lain kali saja yak. πŸ™‚

      1. Ojo, panggil blogger syariah rek
        gue kan juga bisa gaul tidak harus syariah

        Sy insya allah bisa menjadi pemateri blog dan kepenulisan
        hehehhe …
        salah -salah dikit kan menjadi sarana untuk belajar

        I am not blogger syariah anymore, guys

Berikan Komentar