Di Balik Panggung #BN2011 Hari 2

Hari Kedua

Maduraras yang Memakau

Ponsel hitamku beberapa berdering, ternyata pimpinan Sanggar Maduraras sudah di Convention Hall, aku mempercepat langkah sekaligus ingin menemui penghibur hari ini. Setelah bertemu di parkir depan, aku bawa Pak Ramyadi dan rombongannya ke venue acara. sekaligus mempersiapkan penampilannya pada pembukaan hari kedua.

Aku sedikit lebih rileks, karena sudah tahu apa yang harus aku lakukan di hari kedua, aku juga sudah mengetahui “medan”, dan pengalaman di hari pertama membawaku ke suasana lebih tenang.

Acara dibuka dengan tarian Tatak oleh Sanggar Maduraras dari Bangkalan. Aku mendengar langsung dari Pak Ramyadi tentang sejarah bagaimana koreagrafi tarian ini. Sehingga aku sangat terkagum dengan penampilan mereka, tetapi bukan aku saja, seribu orang yang hadirpun aku lihat sangat terpukau, terlebih saat lima penarik cewek ini memegang clurit dengan irinan musik khas Madura.

Hari kedua memang penghibur berbau Madura karena “stage manager”-nya orang Madura.

Antusiasme Blogger kepada Google

Vinoaj Wijeyakuumar yang datang khusus dari Singapura mewakili si Mbah Google menyihir peserta yang hadir dengan presentasinya tentang Owning a Great Blog: A Data-Driven Approach, Vinny -panggilan Vinoaj- dengan gaya santai dan bahasa yang ringan menjelaskan bagimana Google Analytics bekerja, bagaimana Google sebenarnya mengawali sebuah proyek dengan ide yang kecil.

Sesi ini sangat memakan waktu panjang, peserta banyak yang mengacungkan tangan untuk bertanya langsung kepada orang Google, tapi karena waktunya sudah lewat 20 menit, aku memberikan isyarat kepada moderator Eka Sitomorang untuk mengakhiri acara, tapi dia memohon satu pertanyaan terakhir, akhirnya aku tidak bisa menolak karena antusias peserta luar biasa pada sesi ini. Karena antusiasme peserta berpengaruh ke acara setelahnya, akhirnya mau tidak mau kita mempanel dua acara yang seharusnya terpisah. Sesi Kika Syafi’i + Toto Sugiarto dan  Mbak Rara + Mas Kukuh harus digabung menjadi satu sesi karena keterbatasan waktu yang ada.

Doorprize Day

Setelah sesi Google, sesi lebih banyak tentang doorprize dari Sponsor yaitu XL, sesi pembagian doorprize selalu menghidupkan suasana. Peserta menjadi aktif, tidak ada lagi yang tertidur bosan. Tapi aku khawatir karena waktunya pasti molor karena keasyikan pembagian hadiah seperti ini. Setidaknya ada 20 doorprize yang diberikan sponsor hari itu saja. Belum lagi beberapa lomba yang berhadiah sangat menarik seperti iPad 2, BlackBerry dan Voucher Belanja.

Camp Sharing

Alhamdulillah, hari kedua aku sudah bisa mengatur ritme kerja, meskipun masih harus sedikit berlari-lari menyiapkan acara, apalagi kalau ada Error yang terjadi seperti ketika MacBook si Vinny tidak bisa tampil di Screen. But, overall semuanya hari kedua berjalan lancar.

Aku kembali ke camp dengan suasana masih fresh tidak seperi hari pertama, sampai di camp aku melihat Nak-kanak Plat-M sudah membentuk lingkaran sendiri dengan menghadirkan Mas Donny BU sebagai pembicaranya. Aku langsung menyatu bersama Nak-kanak semua. Senang sekali bisa sharing dengan Mas Donny BU, banyak sekali masukan yang dia berikan ke Plat-M. Sharing dilakukan dengan bentuk lingkaran, sharing yang jarang sekali terjadi, tapi di camp Blogger Nusantara semuanya bisa terjadi.

Ternyata sharing berbentuk lingkaran seperti ini tidak hanya dilakukan Plat-M, tetapi juga beberapa komunitas Blogger yang lain juga membentuk lingkaran sharing tanpa disuruh. Setelah sharing bebas ini, aku disuruh untuk membantu mengawakili mimbar bebas, setelah ada yang pandu, akhirnya aku ke belakang mandi dan tidak tahan untuk menghempaskan badan kasur portable.

***

>> Lanjut ke tulisan terakhir

 

ALAM

5 thoughts on “Di Balik Panggung #BN2011 Hari 2

    1. Karena tidak ada fotonya, akhirnya comot dari beberapa foto teman-teman blogger yang lain.

    1. Hari ketiga akan lebih menarik, banyak kejadian spontanitas, tapi besok baru bisa nulis lagi. Sekarang ngerjakan yang lain ๐Ÿ™‚
      ditunggu kunjungannya lagi besok ๐Ÿ™‚

Berikan Komentar