Konferensi Blogger ASEAN …[1]

2005 saat lulusan SMP, saat itulah pertama kalinya aku datang ke Bali bersama teman dan guru di SMP. Waktu itu sangat menyenangkan karena tujuan utamanya adalah travelling. Sanur, Bedugul, Kuta, Tanah Lot merupakan tempat yang dikunjungi kala itu. Kemarin, 15-17 Nopember 2011 merupakan kali kedua aku menapakkan kaki ini ke pulau surga itu. Kali ini tidak untuk jalan-jalan melainkan menghadiri ASEAN Bloggers Conference. Mendapatkan undangan mewakili Madura merupakan sebuah kehormatan. kalau melihat rundownnya akan ada acara diskusi. Karena telah diberi akomodasi dan transport gratis, aku berkomitmen untuk aktif dalam diskusi itu untuk membantu pemikiran meski tidak seberapa tapi setidaknya bisa mengungkapkan ide dan gagasan dalam otakku.

Dari Madura, aku berangkat berdua bersama Farid. Aku harus ikut mengantarkan ke Bandara, karena jadwal pesawatnya lebih dulu daripada aku *sambil ngajari cara naik pesawat yang benar*. Dia take-off jam 11.10 wib sedangkan 3 jam setelahnya, tepatnya pukul 14.20 wib. Setelah memandu sampai Farid naik ke pesawat, aku sendirian di Bandara. Aku gunakan waktu untuk ngopi di starbucks sambil numpang colokan sekalian menggunakan fasilitas Wifi.

Setelah menunggu lama, akhirnya panggilan datang untuk penumpang pesawat Wings Air tujuan Denpasar. Aku tidak sendirian, sekarang aku bareng Frenavit dan Rusabawean dari Blogger Surabaya dan juga Haqqi dan Fajar dari Blogger Malang. Aku sedikit lebih rileks daripada ketika naik pesawat pertama kalinya, september kemarin *hehehe, Ndeso!*. Meski ini adalah pertama kalinya naik burung besi raksasa di sore hari. Sehingga bisa melihat pemandangan dari atas udara.

Kerajaan Langit

Setelah beberapa menit tinggal landas, aku asyik dengan headset yang tertancap di telinga. Musik Kenny G berkumandang merdu menetramkan pikiran. Aku menoleh ke arah jendela pesawat. Waw! Suatu pemandangan yang luar biasa. Aku melihat kumpulan awan melalui jendela berbentuk oval. Aku seolah terbang di atas kerajaan langit. Kumpulan awan seperti membentuk benteng kerajaan lengkap dengan tiang menjulang tinggi seperti gedung-gedung di St.Petersburg diRusia. Semakin indah ketika mendapatkan sedikit pengcahayaan matahari sore. Sungguh pemandangan luar biasa terhampar di depan mata. Aku tidak tahan untuk beberapa kali mengabadikan gambar lewat kamera ponsel.

Pesawat mulai terbang rendah, keindahan pantai Kuta terlihat dari atas karena letaknya yang tidak jauh dari Bandara Ngurah Rai. Pesawat miring ketika belok 90 derajat menuju tempat pendaratan di Bandara Ngurah Rai. Semakin rendah, semakin jelas terlihat pulau Dewata dan akhirnya aku menginjakkan kaki kedua kalinya di Bali.

Reuni Blogger se-Indonesia

Sampai di bandara, sudah berkumpul teman-teman blogger dari seluruh Indonesia, aku dan semua blogger yang hadir di beri kalung bunga kamboja khas Bali. Beberapa aku sudah mengenalnya. Bahkan seperti ada reuni ketika aku bertemu teman-teman yang sudah bertemu di Jakarta september kemarin. Seperti Mbak Tuteh dari Ende NTT, Mbak Cici dan mas Bahtiar darli Jakarta dan juga akhirnya bisa menyapa mbak Venus yang biasanya Cuma bisa ngobrol di Twitter. Sampai di Hotel Pop Harris, semakin banyak blogger yang aku kenal. Sehingga benar-benar seperti reuni blogger. Ada Nike Rasyid dari Palembang, Mas Gery dari Sukabumi yang awalnya mengaku klebun blogger Lampung, Almas dari Ambon dan beberapa blogger lain yang pernah ketemu di Jakarta dan Sidoarjo kemarin.

Garden Party : HUT ke-4 Blogger Bali

Setelah mandi dan bernafas sebentar, kita ditunggu teman-teman untuk merayakan HUT ke-4 Blogger Bali. Konsepnya sangat menarik yaitu Garden Party. Di sana kita melebur jadi satu. Dari Jakarta, Bekasi, Ciamis, Sukabumi, Solo, Malang, Surabaya, Palembang, Padang, Kalimantan, Ambon bahkan dari beberapa negera ASEAN juga berkumpul sambil menikmati makan malam dihibur musik jazz dan beberapa presentasi gerakan sosial dari Blogger Bali. Ajang seperti ini digunakan untuk bertukar kartu nama, saling kenal, memberikan stiker dan bertukar wawasan antar daerahnya. Kopdar akbar yang hangat dengan suasana alam nan asri seperti kebun di belakang rumah. Begitu akrab dan menyenangkan.

Aku mendapatkan kehormatan maju kedepan bersama blogger dari negara-negara ASEAN dan diberikan odheng khas Bali, dibantu panitia memakainya akhirnya aku mirip orang Bali. Senang sekali bisa menjalin keakraban antar Blogger se-Asia Tenggara.

baca lanjutannya juga!

ALAM

13 thoughts on “Konferensi Blogger ASEAN …[1]

  1. Senang baca tulisan-tulisan yang mencerahkan, jadi terlupakan semua kelelahan. Mohon maaf masih banyak kekurangan.
    Semoga bisa bertemu di lain kesempatan ya 🙂

  2. ah, luar biasa. akhirnya saya bisa ketemu sama mas wahyu dan blogger plat M 🙂

    eh ikat kepala mu itu aku minta boleh ngga mas wahyu?

Berikan Komentar