Mie Paling Enak di Taipei, Halal Lagi!

wahyualam.com - beef noodle halal di taipei

Banyak yang bertanya, bagaimana makanan di Taiwan.

Jawabanku: enak-enak semua!

Jelas, karena bagiku makanan itu hanya ada dua: enak dan enak sekali. Namun tidak mudah dapat makanan enak yang halal di Taipei. Meski begitu, kami sangat dimudahkan dengan program pemerintah Taiwan yang punya program ‘Taipei Muslim Friendly’. Melalui program tersebut pemerintah Taiwan secara serius menggarap pasar turis muslim untuk datang ke Taiwan. Di website travel.taipei tertuang berbagai informasi yang berkaitan dengan keperluan seorang muslim seperti masjid dan tempat makanan halal.

IMG_20151031_124730Bagi mahasiswa baru sepertiku, kakak kelas ada sumber informasi pertama dimana saja ada makanan halal. Aku beruntung sekali di kampusku ada tiga tempat yang sudah menjamin dan bersertifikat halal. Tidak semua kampus di Taiwan punya kantin halal. Kakak kelas juga dengan suka rela membuat aplikasi dimana saja letak makanan halal. Seperti yang dilakukan NTUST-IMSA, ikatan mahasiswa muslim yang ada di NTUST membuat list dimana saja restoran halal di semenanjung Taiwan. Selain itu, di website IMSA, kita dapat melihat jadwal sholat dan informasi penting berkaitan Islam di Taiwan. Kakak kelas dan IMSA adalah dua hal yang menjadi sangat penting keberadaannya bagiku. Apalagi sampai diajak makan di restoran halal yang konon paling enak di Taipei. Mereka menyebutnya beef noodle. Atau bahasa Indonesianya Mie Sapi.

***

Akhir pekan datang dengan cuaca cerah. Sesuatu yang jarang terjadi di Taipei. Setelah beraktivitas pagi, aku beserta teman sekamar: Saide, Pak Sani dan Pak Ruki bersiap pergi ke tempat mie sapi. Kami perlu memastikan akan naik bis apa sebelum keluar kamar. Pak Ruki melihat Macbook Airnya dan memberikan informasi, kita harus mengikuti bis nomor 1 menuju Taipei 101. Aku sudah siap dengan beberapa lembar dolar NT dan tidak lupa easy card untuk membayar bis. Jika sudah berjalan ke arah menara 101, itu artinya kita akan berjalan menembus keramaian. Mirip seperti berada di kawasan utama kota Taipei. Ramai dan padat itu jelas tetapi tidak macet sampai berhenti lebih dari lima belas menit. Berada di dekat Sun Yat Sen Memorial Hall, tepatnya di Guangfu Rd, kami turun. Saat turun dari bis, kami langsung dapat melihat menara Taipei 101. IMG_20151031_124603Teman-teman mahasiswa Indonesia menyebuatkan beef noodle. Meski begitu nama aslinya adalah清真中國牛肉館 dibaca Qīngzhēn zhōngguó niúròu guǎn, yang artinya Daging sapi halal China pavilion. IMG_20151031_125101_1Kami perlu berjalan beberapa meter untuk bisa sampai ke restoran ini. Kesan China tradisional begitu melekat ketika masuk. Aroma semerbak bumbu-bumbu khas mulai tercium. Logo halal yang terpampang jelas di depan restoran membuat langkah kami mantap memesan menu makanan. Kami memesan menu yang sama: spicy beef noodle. Bukan karena yang lain tidak enak, melainkan hanya menu ini yang murah dan katanya rasanya enak. IMG_20151031_125234Sebelum menu utama datang, kami disuguhkan roti chapati, mirip seperti roti cama yang rasanya gurih dan lebih tipis. Chapati roti yang terbuat dari adonan halus tepung gandung. Merupakan makanan khas Bangladesh, India, Nepal, Pakistan, dan Sri Lanka. Setelah aku mencoba Chapati, ,enu utama datang. Beberapa mangkok besar dihadirkan. Di dalamnya terdapat mie dengan kuah yang berwarna merah. Aromanya harum, meski tidak sepekat wangi rempah Indonesia. Di atasnya ditaburi daun bawang dan beberapa iris daging menggoda selera. Aku menyeruput kuahnya untuk merasakan bumbu apa saja di dalamnya Aku sepertinya sok jadi ahli kuliner, tetap saja tidak paham apa saja bumbunya. Namun yang jelas ada aroma Taiwan yang tidak bisa ditemukan di negara manapun. Begitu pun tidak akan bisa menemukan makanan wangi rempah yang seharus di bumi Nusantara. Rasanya segar, pedas dan wangi. Sangat cocok jika dimakan saat dingin atau musim hujan. Dagingnya sangat empuk sehingga enak untuk dikunyah. Sejurus kemudian makanan sudah habis. Kami larut dalam kekhusyuan menyantap makanan restoran. Sesuatu yang jarang ada di kepala mahasiswa. IMG_20151031_125618

Beef noodle atau 清真中國牛肉館 telah memberikan warna baru bagi wisata kuliner di Taipei yang terkenal dengan babinya.

Semoga kedepannya, semakin banyak makanan halal di Taipei. Sehingga tujuan mereka untuk menarik minat turis muslim bisa tercapai.

ALAM

One thought on “Mie Paling Enak di Taipei, Halal Lagi!

  1. Hi, I am from Malaysia. I will travel to Taipei next 2 weeks. Boleh saya tahu location restaurant ni? Terima kasih ya. 🙂

Berikan Komentar