Seminar Blogger IT di Kediri

Hujan langsung saja memberikan ucapan selamat datang beberapa detik setelah aku menghempaskan tubuh di ruang tamu mas Fajar. Ini adalah malam pertamaku di Kediri. Sebelumnya, pernah ke kota ini meski hanya transit dari Trenggalek. Ya. Besok aku akan ceramah tentang blog di Universitas Nusantara PGRI (UNP) Kediri. Slide belum aku buat meski bahan-bahannya sudah ada. Perlu perbaikan dan butuh internet. Kabar dari mas Fajar tentang adanya akses internet via modem menentramkan hatiku. Tapi aku menyembunyikan kalau aku belum buat slide. Akibatnya, aku diajak ngopi di salah satu kawasan di Pare. Kecamatan ini merupakan salah satu teramai. Atau lebih cocok menjadi kabupaten tersendiri. Karena beberapa syarat menjadi kabupaten sudah ada: seperti adanya alun-alun kota, masjid agung, hingga monumen kota. Pare, kota kecil yang ramai memang seperti Paredise.

“Ayo mas, balik! Aku belum buat slide, sudah ada bahan sik, tinggal menyatukan lagi.” Ajakku merusak kenyamanan mas Fajar yang sedang main remi bersama teman-temannya yang ternyata adalah mahasiswanya. Maklum, dia adalah dosen di UNP Kediri.

Modem dihenduskan ke laptop. Buka beberapa slide presentasi di beberapa seminar dan workshop Plat-M di Madura. Edit sana edit sini, copy sana paste sini. Tak terasa tiba-tiba 00.05 wib.

“Bun, sudah jam 12 lewat loh! Istirahat biar besok fit. Ini teman-teman sedang persiapan di sana.” Kata mas Fajar memecah keheningan malam sambil memperlihatkan tablet pintarnya.

Begitu kaget ketika aku melihat gambar yang dikirim langsung oleh panitia dari venue yang akan digunakana seminar blogger for beginner besok. Bukan karena mereka persiapannya sampai larut malam seperti ini, tapi karena backdrop yang dipasang panitia terpampang dengan jelas foto wajahku yang aku ngga tahu foto itu dapat dari mana.

“Waduh, backdrop-nya seperti seminar dengan pembicara dari luar negeri saja dipampang foto pembicara.” Komentarku belum percaya.

Aku masih belum merasa pantas diberi penghormatan seperti itu. Teman-teman UNP menyambutku begitu istimewa. Padahal aku bukanlah Richard M Stallman yang beberapa waktu lalu, saat seminar di kampus UTM, fotonya terpampang di backdrop, note hingga sertifikat peserta.

Foto kiriman panitia via WA itu menghiasi malamku sebelum tidur.

Pagi menyapa begitu cepat. Adzan subuh membangunkanku. Sholat subuh kemudian dilanjutkan buka internet. Orang tua mas Fajar begitu baik, pagi-pagi aku sudah disuguhkan teh panas.

Setelah sarapan dan persiapan, aku bersama mas Fajar berangkat menyusuri jalanan Pare-kota Kediri. Sepanjang perjalanan, mataku tidak berhenti melihat kanan dan kiri. Lagi-lagi aku diperlihatkan begitu indah kota-kota di Indonesia. Setiap kota punya landmark sendiri-sendiri. Punya gaya arsitektur bangunan sendiri.

Sekitar 40 menit, kami sampai di UNP. Terlihat teman-teman himpunan mahasiswa jurusan informatika yang sudah ready to play menunggu peserta hadir. meja registrasi sudah siap.

Sambil menunggu peserta hadir, aku diajak mas Fajar ngopi di kantin belakang. Aku menenggelamkan diri dalam aktivitas mahasiswa UNP. Hingga panitia memanggil untuk masuk ke venue, karena seminar sudah akan dimulai.

Seperti acara-acara lain di Indonesia. Acara diawali dengan prosesi sambutan-sambutan. Tidak kurang ada empat sambutan, sambutan ketua panitia, ketua HMJ, ketua jurusan, terakhir adalah Dekan. Kemudian saatnya aku beraksi. Sambil menyiapkan laptop, mas Fajar mengawali seminar dengan stand-up comedy di depan peserta. Gelak-tawa langsung menyeruak se-isi ruangan. Komputer sudah siapn, dengan pointer andalanku, aku ceramah tentang blog. Sejarah, awalmula, cara, hingga keuntungan nge-blog. Ria Lyzara menjadi saksi hidup orang yang beruntung karena blog. Ria aku wawancarai di depan peserta. Dia salah satu anggota Plat-M yang sangat sering dapat hadiah. Terakhir, dia sangat beruntung mendapatkan Galaxy Note 10 Inch saat mengikuti lomba blog #BN2012.

Tidak kurang 40 menit aku presentasi, dan tepuk tangan menjadi akhir presentasiku yang pertama. Dilanjutkan sesi tanya jawab. Ada banyak tangan yang mengacung. Antusias sekali. Senangnya aku melihat antusiasme teman-teman peserta. Sesi sharing tanya-jawab akhirnya berlangsung dua sesi dengan pertanyaan yang keren dan benar-benar menandakan antusiasme luar biasa.
Sesi kedua, yaitu tentang writing is fun!

Sesi ini adalah sesi untuk melatih kemampuan menulis peserta. Aku ajak mereka untuk semangat menulis. Seperti semangat para pejuang-pejuang Islam saat semangat menuliskan Alquran, hadist, dan beberapa kita terkenal.

Waktu berjalan begitu cepat seperti mobil F1 di sirkuit balapan. Hari sudah siang. Wajah peserta sudah seperti capai. Akhirnya, sesi seminar aku tutup dengan sesi doorprize. Yaitu sesi dimana peserta harus menjawab pertanyaanku jika ingin mendapatkan beberapa doorprize yang aku bawa. Kaos Plat-M menjadi doorprize utama yang sangat diperebutkan.

Sesi blogging sudah, writing is fun juga sudah, tanya jawab sudah, dan doorprize sudah. Berarti sesi Seminar Blogger for beginner juga berakhir. Senang sekali bisa ceramah dan berbagi ilmu di kampus keren ini. Semoga bermanfaat teman-teman. Sampai jumpa di lain kesempatan. πŸ™‚

ALAM

11 thoughts on “Seminar Blogger IT di Kediri

  1. Em,,, baru ngebuka n baca .. ada gaya sensual khas penulisan madura .. eh ternyata klebunnya PLAT-M

    “Saat di sana ada yang terdiam – disana tumbuh pula sebuah kelebihan”

    Terus berkarya ya….

  2. haha… lebih suka di bilang orang biasa aja sich πŸ™‚
    but memimpin dan melakukan dengan hati tu hasilnya luar biasa….

    Cari kerja dimana kamu bisa serasa bermain ya ….

Berikan Komentar