#TripBali: Pantai Pandawa dan Dreamland

pantai pandawa
Pantai Pandawa, Bali, Indonesia

Seminggu sebelum ke Bali, aku habis saja melakoni Len-jelen Bareng bersama Nak-kanak Blogger Madura ke Sumenep. Untuk acara ini kamu menggunakan hestek resmi #LenjelenSumenep saat itu. Kemudian, seminggu kemudian, aku berangkat ke Bali untuk ikut acara Internet Governance Forum (IGF), Triyanto dan Slametux pergi ke Sumenep sedangkan diwaktu yang bersamaan ada Karapan Sapi tingkat Kabupaten di Bangkalan.

Kita bertiga sepakat untuk memberikan tiga hestek berbeda. Semuanya diawali dengan Trip. Ada #TripSumenep, #TripBali dan #TripKarapanSapi. Untuk Karapan Sapi, si Dendi siap menjadi relawan untuk livetweet langsung dari lokasi Kararapan Sapi.

Di sela-sela mengikut ajang IGF, aku dan teman-teman yang datang dari Surabaya pergi ke pantai terdekat dari Nusa Dua. Aku ngga tahu mau kemana saja, aku hanya mengikuti mereka mau hendak kemana. *kemudian nyanyi lagunya Ayu Ting Ting: kemana, kemana… *

Pantai Pandawa

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Pantai Pandawa. Pantai yang terletak di arah barat laut Nusa Dua ini berada di bawah tebing yang terdapat lima patung pandawa. Kondisi pantainya tenang, terdapat tempat beristirahat lengkap dengan payung-payung putih di pinggir pantai. Sebenarnya ombaknya datang besar, tetapi saat mendekat ke bibir pantai menjadi tenang karena dihentikan oleh masyarakat dengan tanggul untuk pemberdayaan rumput laut. Karena air pantainya yang tenang, membuat orang banyak yang menyewa perahu kecil bermuatan dua orang untuk sekadar mendayungnya ke tengah bibir laut yang airnya tenang.

Dengan ditemani sunset, pantai ini serasa begitu romantis jika membawa pasangan kita dan mengajaknya mendayung perahu ke tengah bibir laut. Romantis!

Sayang, saya tidak membawa teman cewek. Adanya teman cowok. Jadi ngga romantis blaaas!

Dari bibir laut ketika melihat ke belakang akan terhampar tebing berbatuan dengan lima patung di dalamnya. Uniknya, patung itu adalah hasil donasi dari para donatur. Tidak hanya dari dalam negeri tapi juga dari luar negeri.

Pantai Dreamland

Dari namanya saja sudah bisa tebak jika kawasan Dreamland adalah dikembangkan oleh Ciputra. Benar saja, kawasan ini begitu bersih dan mempunyai ciri khas, mirip seperti kawasan Citraland di Surabaya. Di kawasan perumahan elit ini terdapat pantai yang dibuka untuk umum. Namanya pantai Citraland. Untuk datang ke kawasan ini, kita harus parkir di tempat khusus kemudian kita akan dibawa oleh shuttle bus yang siap sedia mengantarkan setiap pengunjung pantai. Gratis.

Pantai ini berada di sisi barat kecamatan Badung. Jadi jika kita datang sore hari, maka kita akan menikmati sunset yang begitu indah. Di sekitar kawasan mirip seperti pantai Pandawa. Banyak bukit bebatuan yang seolah terhampar menyaksikan turis lokal dan mancanegara yang datang berkunjung.

Gulungan ombak yang besar adalah berkah bagi pengelola pantai, karena banyak turis yang menyewa papan selancar untuk berselancar di gulungan ombak yang lumayan besar ini. Karena memang daerah bebatuan, jadi di bibir pantai banyak terdapat batu-batu yang menjorok ke laut. Pengunjung harus berhati-hati agar tidak terbentur dengan batu-batu itu.

ALAM

One thought on “#TripBali: Pantai Pandawa dan Dreamland

Berikan Komentar