Ketika Pertama “Berceramah” di Seminar IT

Seminggu sudah tidak pernah buka halaman dashboard sekedar klik tombol posting, kesibukan menggapai cita-cita membuat sedikit melupakan beberapa cerita yang terjadi beberapa hari yang lalu. Kamis, 24 Nopember 2011 merupakan hari yang begitu bersejarah dan menyenangkan bagi saya.

Untuk pertama kalinya, saya menjadi seorang pemateri dalam sebuah Seminar IT. Meski dalam lingkup kampus, tapi saya sangat tertantang sejak pertama kali ditawari panitia yang juga Nak-kanak Blogger Madura | Plat-M, bernama Era Damay. Apakah tidak ada lagi, selain saya? begitulah kata pertama yang saya lontarkan ke Era untuk sedikit memberikan keyakinan kepadanya apa benar-benar memilih saya.

Singkat kata, akhirnya saya approve permintaanya Era Damay untuk mengisi Seminar IT bertemakan Pengembangan Enterpreneurship Berbasis Electronic Commerce dalam rangka Gebyar Dies Natalis HIMAGRI ke IX. HIMAGRI adalah Himpunan Mahasiswa Agribisnis di kampus saya Universitas Trunojoyo Madura. Dengan semangat saya bergegas ke lokasi acara di RKB C UTM. Beberapa panitia sudah bersiap mengingatkan saya ketika biasa menjadi panitia, tapi kali ini saya berperan sebagai pemateri.

Saya mendapatkan tugas untuk membuka wawasan teman-teman peserta yang kebanyakan dari jurusan Agri Bisnis tentang perkembangan wirausaha di internet. Saya gabung dengan pengetahuan saya tentang social media, jadilah presentasi saya yang berjudul Social Media & Entepreneur. Slide ini beberapa menggunakan presentasinya Mas Donny BU, peneliti dari ICTWatch.

Acara sudah dibuka oleh Pembantu Dekan III Fakultas Pertanian, sekarang giliran saya beraksi presentasi di depan sekitar 60-80 peserta yang memadati aula RKB C pagi itu. Video Lini Mas(s)a saya putar bagian data di satu menit awal untuk memberikan gambaran awal bagi peserta, dilanjutkan dengan aksiku berceramah, waktu yang diberikan moderator satu jam, tapi tidak genap 20 menit saya menyelesaikan slide presentasi saya. Fokus saya adalah diskusi. Beberapa pertanyaan terlontar, sangat antusias dan berjalan dua arah, saya bercerita tentang mengurus blog yang dibuat usaha yaitu JUELEN.com kepada peserta seminar yang ada.

Semoga peserta yang ada setidaknya tahu tentang perkembangan dunia IT saat ini, dan yang paling penting mereka mengetahui tentang peranan internet sangat penting untuk dijadikan peluang usaha saat ini dan di kemudian hari.

ALAM

12 thoughts on “Ketika Pertama “Berceramah” di Seminar IT

    1. Kalau ditanya keder, jadi pasti keder karena pertama kali, tapi setelah menjalankan tips dari sebuah buku jadi lebih enjoy…

    1. hehehehe, iya lagi sibuk yang lain jadi gak sempat update juelen.com tapi meski begitu tetap ada order lho mas. hehe 🙂 terimakasih perhatiannya.

Berikan Komentar