Persiapan Sebelum Kuliah (Belajar)

http://wahyualam.com/wp-content/uploads/2011/02/to_study_by_alma_lunar_1.jpg?w=300

Ilustrasi SKS (gambar: http://1.bp.blogspot.com)

Biasanya pada saat masuk ke ruang kelas untuk belajar/kuliah ,kita berangkat hanya dengan modal semangat dan pikiran teka teki apa yang akan dipelajari hari ini. Terkadang kita tidak tahu apa yang akan dipelajari pada kuliah/pelajaran hari ini. Kita hanya mengandalkan sebuah slide dari dosen/guru kemudian kita copy dan tersimpan rapi di komputer tanpa pernah kita buka lagi di rumah. Ketika ujian tiba, kita buka semua kumpulan file yang dicopy dari dosen dan kita baca semuanya dalam satu malam atau yang sering disebut SKS (Sistem Kebut Semalam). Apakah seperti ini cara belajarmu selama ini? kalau benar, segeralah cara belajar anda mulai sekarang untuk kebaikan anda di masa depan. Karena kemuliaan seseorang hanya dibisa dilihat dari ilmu yang dimilikinya.

Aku juga sering terjebak ke sistem belajar di atas, berangkat kuliah modal semangat kemudian duduk di kelas dengan pikiran mengambang tidak tahu apa yang akan dipelajari hari ini. alhasil pelajaran dari dosen seperti ilmu baru yang datang dari planet lain, orang yang mengajaripun (dosen) dianggapnya sebagai manusia super hero yang bisa segala hal. Setelah dosen presentasi kita berbondong mengcopy file dari laptop pengajar kemudian disimpan di flashdisk/laptop masing-masing dengan anggapan bisa dibaca lagi di rumah. Setelah itu keluar ruangan dengan ilmu yang didapat dari beberapa slide yang telah dipaparkan di depan kelas oleh pengajar. Tanpa kita sadari begitu sedikit ilmu yang kita dapat hari itu, tapi dengan senang hati kita menerima semua itu tanpa punya pemikiran bahwa sesungguhnya masih banyak yang belum disampaikan di slide pemaparan pengajar. Anehnya lagi, kita seolah senang dengan dosen/pengajar dengan sistem monoton seperti itu. Masuk-dengarkan presentasi-copy file-pulang.

Alangkah baiknya kalau sebelum kita masuk kelas/ruangan untuk kuliah sehari atau pada malam sebelumnya kita sudah melihat apa jadwal keesokan harinya kemudian berusaha mencari informasi tentang mata kuliah/mata pelajaran untuk besok. Kalau memang tidak punya buku literaturnya bisa memanfaatkan teknologi Internet dengan “mbah” google yang selalu siap menyediakan apa yang kita cari dengan teknologi ajaibnya.

Biasanya pada saat pertama masuk kuliah, dosen memaparkan apa yang kita akan dapatkan selama 12-14 pertemuan. Beberapa pokok bahasan kuliah juga ditulis. Sebenarnya itu akan membantu kita untuk mempersiapkan materi buat keesokan harinya agar tidak masuk kelas dengan kepala mengambang.

Memang ini sebenarnya cara tradisional yang harus diterapkan sejak SD, tapi tidak ada kata terlambat untuk menjadi lebih baik. Tidak ada kata telat untuk belajar. Manfaatkan waktu sebaik mungkin agar tidak menyesal di kemudian hari. Semoga bermanfaat sedikit ide dan saran dariku.

ALAM

7 thoughts on “Persiapan Sebelum Kuliah (Belajar)

  1. yups.. selama ini cara belajar kurang lebih seperti itu..dan memang kurang efektif.. dan saatnya memperbaiki pola belajar nich 😀

Berikan Komentar