Sharing tentang HOAX dan Media Sosial di Pamekasan

Saat sharing ke teman-teman Plat-M Pamekasan – Foto: Lisa Maulida R

Plat-M, komunitas blogger Madura setiap bulan puasa mengadakan acara berbuka puasa bersama. Namun, tak hanya berbuka puasa semata, biasanya dilengkapi dengan sharing santai khas komunitas blogger.

Minggu 4 Juni yang lalu, #AbhukahBhareng edisi Bangkalan membahas start up. Mas Sam, founder Dailyhotels.id dan AgendaKota.co.id menjadi pematerinya. Materinya saya rasa sangat penting. Putra asli Bangkalan ini sudah beberapa kali terlihat dalam program 1000 startup yang dipelopori oleh Kemkoninfo. Beruntung aku menyempatkan hadir dari Surabaya ke Bangkalan

Sabtu, 10 Juni kemarin, giliran Pamekasan menjadi tempat #AbhukahBareng nak-kanak Plat-M. Aku beserta istri berangkat dari rumah Kamal menuju Pamekasan menggunakan bis elf. Sedikit menyebalkan karena bis yang kami gunakan kurang nyaman. Pak Sopir beberapa kali dimarahi pemotor karena aksi ugal-ugalannya. Kadang ugal-ugalan, kadang lambat. Akibatnya kami baru sampai di Pamekasan jam dua siang.

Dipinjami motor Mahdus, aku berangkat menuju hotel Ramayana yang berada di Jalan Niaga. Memilih hotel ini karena dekat dengan venue, juga karena murah.

Dan ternyata, kami ngga diperbolehkan masuk. Alasannya karena KTP saya dan istri tidak sama. Sempat engkel-engkelan, tetapi kami akhirnya menyerah. Hotel ini sangat syar’ie. Sehingga peraturannya sangat ketat. Kami direkomendasikan untuk pindah ke hotel Odaita. 

Beruntung di Hotel Odaita kami diperbolehkan masuk. Hotel ini tergolong baru dan mengusung konsep canggih. Kunci kamarnya sudah berupa kartu RFID seperti hotel-hotel keren di Surabaya. Senang melihat perkembangan bisnis perhotelan di Pamekasan.

Kami istirahat sebentar, mandi, sholat terus berangkat ke OTW Cafe.

Saat kami sampai di OTW Cafe, peserta sudah banyak yang datang. Mereka bahkan datang lebih dulu dari panitia. Kami pun harus set up perlengkapan di depan peserta yang sudah menunggu.

Saat Beraksi – Foto: Abdur Rosyid

Acara santai ini dihadiri lebih dari 50 orang. Aku sedikit sharing tentang apa itu HOAX, ciri-cirinya seperti apa dan bagaimana harus menyikapinya. Beberapa materi aku ambil dari slide internetsehat. Selain itu, aku juga memperlihatkan pidato presiden Jokowi yang mengingatkan kita untuk tidak terlalu sibuk dalam hal-hal yang kurang penting seperti: hujat-menghujat, fitnah, berita bohong, dsb..

Kemudian aku selingi dengan betapa dahsyatnya manfaat media sosial. Bahkan baru-baru ini, ada nak-kanak Plat-M yang berkesempatan datang ke kantor Facebook di Singapura hanya gara-gara aktif di grup Facebook.

Acara ditutup dengan berbuka puasa bersama dan sharing-sharing santai, mendengarkan Komunitas Padhang Bulan (Kopabu) main musik, dan kopdar di area Arek Lancor.

Kelewatan? Pantau terus IG instagram.com/bloggermadura, Nak-Kanak Blogger PLAT-M.com dan websitenya plat-m.com untuk tahu event-event terbaru Plat-M.

Semoga bermanfaat ya man-teman!

ALAM

One thought on “Sharing tentang HOAX dan Media Sosial di Pamekasan

Berikan Komentar