Tanaman Obat Mahakarya Indonesia

Surga seakan-akan pernah bocor dan mencipratkan kekayaan dan keindahannya. Dan keindahan itu bernama Indonesia.
~ Emha Ainun Najib

***

 

Kita adalah manusia yang sangat beruntung. Beruntung bisa dilahirkan di negeri yang kaya raya. Kaya akan tradisi, kaya akan bahasa, kaya akan ragam budaya, kaya akan pemandangan menakjubkan, juga kaya akan sumber daya alam. Kekayaan alam Indonesia sungguh tak terperi. Di ujung timur kita punya gunung emas, kita punya gugusan pulau indah, kita juga punya gunung berapi yang mengelilingi Nusantara.

Dan satu dari sekian kekayaan itu adalah rempah.

Rempah-rempah sebagai obat. Foto: shutterstock
Rempah-rempah sebagai obat. Foto: shutterstock

Gemah Rempah harus dikembalikan. Tentu kita menjajah dunia dengan rempah. Ini lah salah satu Mahakarya Indonesia yang begitu berharga. Kita sangat kaya akan rempah. Bahkan Indonesia dijuluki sebagai “Mother Land of Spice”.

Bangsa Eropa ketagihan rempah sebagai penghangat tubuh, belakangan Indonesia terkenal dengan cita rasa makanannya dengan bumbu khas rempah. Kretek tidak akan enak tanpa dilengkapi dengan rempah.

Selain itu, tanaman rempah sangat kaya dengan kandungan komponen fitokimia yang berperan penting untuk pencegahan dan pengobatan berbagai penyakit. Anti inflamasi yang terdapat pada rempah dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit kronis.

Benar-benar menjadi tanaman dari surga!

Menurut articles.mercola.com, rempah-rempah selain dapat meningkatkan mutu rasa makanan, nyatanya dapat memberikan manfaat kesehatan karena kandungan antioksidan, mineral, vitamin, dan properti pengobatan unik lainnya.

Faktanya, rempah-rempah memang adalah bahan paling pas untuk diet Anda. Contohnya kandungan fenol 30% pada kayu manis dan cengkeh yang bekerja lebih baik daripada blueberry yang memiliki fenol sekitar 5% untuk mengurangi berat badan.

Sebagai contoh lainnya, Pot Marjoram atau Bungan Oregan memiliki aktifitas antioksidan 42 kali lebih banyak dibanding apel dan 30 kali dibanding kentang, 12 kali dibanding jeruk, dan 4 kali dibanding blueberry! Sesendok tanaman yang banyak tumbuh di Mediterania ini mengandung aktifitas antioksidan yang setara dengan 1 apel ukuran medium. [sumber]

Berikut 5 macam rempah-rempah yang bisa dijadikan obat mujarab, seperti dilansir Huffingtonpost:

Kunyit. Foto: radarvision.blogspot.com

1. Kunyit

Kunyit digunakan secara luas untuk memberikan warna kuning pada setiap hidangan. Bahan aktif curcurmin dalam kunyit telah banyak diuji dan diteliti memiliki antioksidan kuat dan agen anti-inflamasi. Kunyit juga dikenal sebagai rempah-rempah anti-kanker, mengobati penyakit Alzheimer, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, memperbaiki pencernaan dan dapat mengurangi risiko serangan jantung. Para ilmuwan juga sedang mempelajari curcumin sebagai pengobatan untuk cystic fibrosis.

Jahe. Foto: news.okezone.com

2. Jahe

Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe efektif dalam mencegah gejala mabuk perjalanan, khususnya mabuk laut. Selain itu, juga dapat berguna dalam mengurangi mual dan muntah saat kehamilan. Jahe mengandung zat pelawan peradangan yang disebut gingerol, yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fungsi pada orang dengan arthritis.

Rosemary. Foto: bbc.co.uk

3. Rosemary

Rosemary mengandung zat yang memiliki efek anti-inflamasi, yang dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan sirkulasi, serta mengurangi keparahan serangan asma. Sering digunakan sebagai aromaterapi, juga meningkatkan memori dan kognisi.

Ketumbar. Foto: jamuborobudur.com

4. Ketumbar

Ketumbar sering digunakan dalam masakan Meksiko. Rempah-rempah ini kaya fitokimia pelindung dan merupakan sumber yang baik dari zat besi, magnesium dan mangan.

Kayu Manis. Foto: mahkotasehat.blogspot.com

5. Kayu manis

Kayu manis diketahui dapat mengurangi peradangan dan studi terbaru menunjukkan bahwa kayu manis juga sangat bermanfaat bagi orang dengan diabetes tipe 2.

Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi kurang dari 1/4 kayu manis setiap hari dapat mengurangi gula darah pada penderita diabetes sekitar 20 persen dan menurunkan trigliserida, LDL (kolesterol jahat) dan kolesterol total. Di sisi lain, permen karet kayu manis juga dapat meningkatkan perhatian dan memori. [sumber]

Saya bukan ahli dunia kesehatan. Tapi saya ada keyakinan, jika diteliti lagi dengan sampel yang lebih banyak. Melibatkan berbagai jenis rempah yang belum populer, mungkin akan ditemukan ramuan obat untuk penyakit ganas dan mematikan seperti HIV/AIDS atau Ebola sekalipun.

Jika hal ini bisa dibuktikan, Indonesia bisa benar-benar menjadi tanah surga. Tanah suburnya menumbuhkan tanaman obat yang diperlukan semua manusia di bumi.

Menarik untuk ditunggu!

 

 

ALAM

Berikan Komentar