4 Buku dan Novel Motivasi Versi Alam

Ada banyak orang bilang bahwa buku adalah jendela dunia. Kata-kata ini sering kita dengar sejak di sekolah dasar dulu. Membaca merupakan aktivitas yang sangat penting dan bagus untuk membuka wawasan dan pengetahuan kita. Bagaimana kita bisa mengetahui apa saja yang terkandung dalam kitab suci kita kalau bukan dengan membacanya.

Ayat dalam Al-Qur’an yang pertama turun adalah Iqra’ yang artinya membaca. Ini membuktikan bahwa manusia harus banyak membaca untuk bisa mempunyai pengetahuan yang luas serta memiliki intelegensi lebih dari orang biasa.

Dalam menuntut ilmu tentunya sangat buku yang dipersiapkan. Baik dari pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah yang disebar ke seluruh perpustakaan di sekolah atau di kampus. Sekarang bagaimana kita bisa memanfaatkan ketersediaan buku tersebut untuk menjadi referensi lebih buat kita dalam mempelajari ilmu tertentu.

Tidak hanya buku normatif dan adaptif saja yang harus kita baca, tetapi ada kalanya kita membaca sebuah buku di luar pelajaran untuk lebih membuka wawasan kita terlebih dapat memberikan kita motivasi dalam menjalani hari-hari kita yang penuh dengan tantangan dan perjuangan.

Terkadang motivasi dalam diri kita luntur seperti tinta di kertas yang tertetesi air, motivasi itu perlu dicari. Ada banyak cara untuk mendapatkan motivasi dalam diri kita. Mulai dari mengikuti seminar motivasi, mendengarkan musik, motivasi dari orang lain, ataupun motivasi yang datangnya dari sebuah buku yang kita baca.

Saya akan share beberapa buku yang pernah saya baca dan memberikan motivasi lebih untuk saya menjalani hidup sehari-hari. Dari sekian buku saya akan menuliskan 2 buku dan 2 novel saja, diantaranya:

1. Harus Bisa! – Ditulis oleh Dino Patti Djalal

Harus Bisa! Seni Memimpin a la SBY – Catatan harian Dr. Dino Patti Djalal. Begitulah tulisan yang ada di cover buku berwarna biru itu. Buku berisi tentang bagaimana SBY memimpin. Saya sangat menganjurkan untuk para calon pemimpin ataupun para pemimpin untuk membaca buku ini. Meski sempat menjadi kontroversi, tapi buku ini tetap merupakan salah satu buku kepemimpinan terbaik yang pernah dicetak di Indonesia.

Dalam buku ini, kita bisa belajar bagaimana seharusnya yang dilakukan pemimpin dalam memimpin sebuah komunitas ataupun organisasi. Dinamika pengambilan keputusan dalam memimpin tertulis lengkap di buku ini. Bisa juga dikatakan sebagai behind the scene perjalanan kepemimpinan SBY dalam periode 2004-2009.

 

2. 20 Wisdom & Succes – Ditulis oleh Andrie Wongso

Siapa yang tidak kenal Pak Andrie Wongso – Motivator No.1 di Indonesia. Dala m buku ini  berisi tentang 20 cerita yang dapat memotivasi kita juga mempunyai daya gerak yang luar biasa. Dalam setiap cerita mempunyai makna tersendiri yang dapat memotivasi hidup kita. Bagi anda yang sedang berada di “titik nol” atau depresi, bacalah buku ini, renungi, resapi, dan praktikkan. Saya yakin bahwa depresi akan sedikit berkurang dan semangat hidup-pun akan kembali muncul meski seperti titik api yang kecil, tapi semangat itu akan tumbuh berkembang dan merasuk ke dalam tubuh sehingga mempunyai sebuah motivasi lebih dalam menjalani hidup.

 

3. Negeri 5 Menara – Novel karya Ahmad Fuadi

Bagi penggemar Novel, mungkin novel ini adalah salah satu novel wajib yang harus dibaca. “stempel” National Best Seller tergambar jelas di bagian kiri atas cover. Novel  ini akan memberikan warna tersendiri setelah membacanya. Ditulis oleh Ahmad Fuadi dengan keindahan seta keajaiban setiap kata demi katanya. Penerjemahan keadaan disekililingnya nyaris sempurna di novel ini, sehingga pembaca seolah ikut berada di dalam cerita.

Isi dari novel ini bercerita tentang kehidupan sekawanan santri yang mondok di Pondok Gontor  – Ponorogo. Diselingin dengan humor, inspirasi, persahabatan, motivasi, dan cerita yang menegangkan membuat para pembacanya tidak bosan membaca novel setebal 424 halaman ini.

Saya anjurkan kepada para pemuda Indonesia khususnya yang masih duduk di bangku SMP ataupun SMA wajib membaca novel ini, karena isinya sangat inspiratif dan menambah motivasi belajar kita.

4. Ranah 3 Warna – Novel karya Ahmad Fuadi

Ranah 3 Warna merupakan lanjutan dari novel Negeri 5 Menara. Di novel kedua dari trilogi Negeri 5 Menara ini berisi tentang perjuangan yang tidak mudah seorang pemuda untuk meraih mimpinya. Dengan perjuangan yang sangat keras dan dengan pengambilan keputusan serta analisis yang luar biasa membuat pemuda ini berhasil menggapai mimpinya sejak kecil. Di dalam novel ini  tokoh utamanya diceritakan di tiga tempat yang berbeda, Bandung, Jordania dan Kanada.  Hal ini membuat pembaca banyak belajar hal-hal baru dari pengalaman yang ditulis.

Penulisnya sangat pandai memainkan perasaan pembacanya, sehingga para pembaca dibuat penasaran dalam membaca halaman demi halamannya. Kita bisa belajar cara menganalisis sebuah masalah untuk menyelesaikannya, belajar bagaimana memaknai hidup dan mengetahui. Sebuah novel yang sangat luar biasa yang berwarna.

Setelah saya mendapatkan dan membacanya, Saya anjurkan kepada para mahasiswa yang mempunyai mimpi tetapi justur mengalami keterpurukan dan kesulitan dalam menjalani kehidupan bisa membaca novel ini untuk membakar kembali semangat yang tertidur di dalam jiwa.

ALAM

4 thoughts on “4 Buku dan Novel Motivasi Versi Alam

Berikan Komentar